SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/05/15

BB 6: Bedah Bukhari

BB 6: Bedah Bukhari
بَابٌ: تَقْضِي الحَائِضُ المَنَاسِكَ كُلَّهَا إِلَّا الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ


وَقَالَ إِبْرَاهِيمُ: «لاَ بَأْسَ أَنْ تَقْرَأَ الآيَةَ» ، وَلَمْ يَرَ ابْنُ عَبَّاسٍ «بِالقِرَاءَةِ لِلْجُنُبِ بَأْسًا» وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ اللَّهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ " وَقَالَتْ أُمُّ عَطِيَّةَ: «كُنَّا نُؤْمَرُ أَنْ يَخْرُجَ الحُيَّضُ فَيُكَبِّرْنَ بِتَكْبِيرِهِمْ وَيَدْعُونَ» وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ، أَخْبَرَنِي أَبُو سُفْيَانَ، أَنَّ هِرَقْلَ دَعَا بِكِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَرَأَ فَإِذَا فِيهِ: " بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ وَ {يَا أَهْلَ الكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ} [آل عمران: 64] " الآيَةَ وَقَالَ عَطَاءٌ: عَنْ جَابِرٍ، حَاضَتْ عَائِشَةُ فَنَسَكَتْ المَنَاسِكَ غَيْرَ الطَّوَافِ بِالْبَيْتِ وَلاَ تُصَلِّي وَقَالَ الحَكَمُ: " إِنِّي لَأَذْبَحُ وَأَنَا جُنُبٌ، وَقَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {وَلاَ تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ} [الأنعام: 121]
__________

[تعليق مصطفى البغا]
 [ش (كل أحيانه) في جميع أوقاته وأحواله إلا الحالات التي يمتنع فيها الذكر كقضاء الحاجة والحديث أخرجه مسلم في الحيض باب ذكر الله تعالى في حال الجنابة وغيرها رقم 373. (يخرج الحيض) أي إلى المصلى يوم العيد لحضور صلاة العيد والحيض جمع حائض]
وقال ابن عباس أخبرني أبو سفيان أن هرقل دعا بكتاب النبي صلى الله عليه وسلم فقرأه فإذا فيه (بسم الله الرحمن الرحيم و {يا أهل الكتاب تعالوا إلى كلمة} . الآية)
[ر 7]
وقال عطاء عن جابر حاضت عائشة فنسكت المناسك غير الطواف بالبيت ولا تصلي
[ر 6803]
وقال الحكم إني لأذبح وأنا جنب وقال الله {ولا تأكلوا مما لم يذكر اسم الله عليه} / الأنعام 121 /
[ش (فنسكت المناسك) قامت بأعمال الحج. (إني لأذبح. .) المراد به أن يذكر الله تعالى عند الذبح وهو جنب]
[ر 318].



Artinya:

Bab Wanita Haidh (boleh) Melakukan Semua Manasik (Haji), keculi Thawaf di Baitillah.

Ibnu Abbas memandang (makruh) tidak berdosa, pada ‘orang junub’ yang membaca Al-Qur’an. [2] Konon nabi SAW menyebut Allah dalam segala waktu (sepanjang hidupnya).
Umu Athiyah berkata, “Kami dulu, yakni para wanita yang haidh, (di hari raya) diperintah agar keluar untuk membaca takbir, mengikuti takbir mereka. Dan agar berdoa.”[3]

Ibnu Abbas RA berkata, “Abu Sufyan telah mengkhabari saya ‘sesungguhnya Raja Hiraqla telah minta surat nabi SAW untuk dibaca. Ternyata di dalamnya tertulis (Ayat Al-Qur’an) :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ وَيَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلا نَعْبُدَ إِلا اللَّهَ وَلا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ الْآيَةَ.


[1] Ibrahim bin Yazid guru Sulaiman Al-Amasy; murid Al-Qamah, murid Abdullah bin Masud RA.
[2] KH Masudi Rodhi murid kepercayaan KH Nurhasan, juga menjelaskan, “Makruh.”
Menurut Ibnu Chajar:
“Imam Maliki juga menghukumi boleh membaca (Al-Qur'an) secara mutlak, sebagaimana pernyataan Ibrahim di atas. Ibnu-Mundzir justru menjelaskan, “إِنَّ ابْن عَبَّاسٍ كَانَ يَقْرَأ وِرْده وَهُوَ جُنُب (Konon sungguh Ibnu Abbas membaca jatah bacaan Al-Qur’annya padahal dia junub).

Pernyataan Ibnu Chajar yang menarik adalah: فتح الباري لابن حجر - (ج 1 / ص 477)
وَوَجْه الدَّلَالَة مِنْهُ أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَتَبَ إِلَى الرُّوم وَهُمْ كُفَّار وَالْكَافِر جُنُب ، كَأَنَّهُ يَقُول : إِذَا جَازَ مَسّ الْكِتَاب لِلْجُنُبِ مَعَ كَوْنه مُشْتَمِلًا عَلَى آيَتَيْنِ فَكَذَلِكَ يَجُوز لَهُ قِرَاءَته ، كَذَا قَالَهُ اِبْن رَشِيد . وَتَوْجِيه الدَّلَالَة مِنْهُ إِنَّمَا هِيَ مِنْ حَيْثُ إِنَّهُ إِنَّمَا كَتَبَ إِلَيْهِمْ لِيَقْرَءُوهُ فَاسْتَلْزَمَ جَوَاز الْقِرَاءَة بِالنَّصِّ لَا بِالِاسْتِنْبَاطِ.

Artinya:
Arah dalil tersebut ‘sesunguhnya nabi SAW telah mengirimkan surat ke negeri Romawi, yang kaum Kafir. Keadaan kaum Kafir adalah junub’. Sungguh sepertinya penulis menyatakan, “Jika (Hiraqla) orang yang junub, boleh menyentuh surat yang di dalamnya jelas ada tulisan dua Ayat Al-Qur'an. Berarti membaca Al-Qur’an boleh,” terang Ibnu Rasyid.
Tujuan dalil di atas  ‘sungguh nabi SAW kirim surat pada mereka; agar mereka baca. Itu berarti membaca Al-Qur’an bagi orang junub boleh, berdasarkan nash bukan hanya hasil dari isthimbath’.

Walau begitu di hadapan ratusan ulama, Ustadz Khalil telah membacakan Attibyan karya Annawawi yang mengambil jalan wirai (hati-hati):

“Adapun orang junub dan wanita haidh diharamkan membaca Al-Qur’an, meskipun hanya satu Ayat atau kurang. Mereka berdua diperbolehkan membaca dengan hati, tidak dilafalkan. Mengamati isinya Al-Qur’an juga boleh, bagi mereka berdua, namun pembacaannya hanya dengan hati. (Attibyan halaman 69).

[3] Penyusun Hadits ini beranggapan membaca Al-Qur’an sama-dengan bertakbir. Oleh karena itu beliau mengaitkan hujahnya dengan potongan Hadits Abi Sufyan mengenai Raja Hiraqla.

[4] Maksudnya ketika menyembelih hadyu, membaca bismillah yang hukumnya samadengan membaca Al-Qur’an.

0 komentar:

Posting Komentar