SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

Doa Meluluhkan Hati Seseorang

Ya Allah sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan saya HambaMu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Kau. Ya Allah, tundukkanlah

Doa Agar di Beri kerjaan Bisnis

Ya Allah, Raja segala Kerajaan, Tuhan memberikan Kerajaan pada yang Tuhan kehendaki, melepas Kerajaan dari yang Tuhan kehendaki, menjayakan orang yang Tuhan kehendaki, dan merendahkan orang yang Tuhan kehendaki

Sapaan Nabi Membuat Khowat Sungkan

Rasulullah SAW keluar dari tenda dan bersabda pada saya ‘hai Ayah Abdillah, apa yang mendorong kau duduk bersama mereka ?’

Hibah Menurut Bukhori

Hibah Menurut Bukhari Ibrahim Annakhai tergolong Tabiin yang sangar alim. Beliau murid Ibrhaim Attaimi, murid Amer bin Maimun, murid Abu Abdillah Al-Jadali, murid Khuzaimah sahabat Nabi SAW.

Masuk Surga Paling Awal

Rasulullah SAW bersabda, “Jibril AS telah datang untuk memegang tanganku untuk menunjukkan saya Pintu Gerbang Surga, yang akan dimasuki oleh umatku.”

2016/01/30

Kaana dalam Bahasa Arab






Kaana dan kuntu dalam bahasa Arab, untuk menyatakan lampau. Kesulitan memahami Al-Qur’an atau Al-Hadits, terkadang kuncinya ada pada lafal “Kaana”  yang artinya telah ada, atau telah nyata, atau “Kuntu”  yang terkadang diartikan saya dulu.
Contoh dalam Hadits Muslim: صحيح مسلم (2/ 824)
كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الَّتِي فِي وَسَطِ الشَّهْرِ، فَإِذَا كَانَ مِنْ حِينِ تَمْضِي عِشْرُونَ لَيْلَةً، وَيَسْتَقْبِلُ إِحْدَى وَعِشْرِينَ يَرْجِعُ إِلَى مَسْكَنِهِ، وَرَجَعَ مَنْ كَانَ يُجَاوِرُ مَعَهُ، ثُمَّ إِنَّهُ أَقَامَ فِي شَهْرٍ، جَاوَرَ فِيهِ تِلْكَ اللَّيْلَةَ الَّتِي كَانَ يَرْجِعُ فِيهَا، فَخَطَبَ النَّاسَ، فَأَمَرَهُمْ بِمَا شَاءَ اللهُ، ثُمَّ قَالَ: «إِنِّي كُنْتُ أُجَاوِرُ هَذِهِ الْعَشْرَ، ثُمَّ بَدَا لِي أَنْ أُجَاوِرَ هَذِهِ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ، فَمَنْ كَانَ اعْتَكَفَ مَعِي فَلْيَبِتْ فِي مُعْتَكَفِهِ، وَقَدْ رَأَيْتُ هَذِهِ اللَّيْلَةَ فَأُنْسِيتُهَا، فَالْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ، فِي كُلِّ وِتْرٍ، وَقَدْ رَأَيْتُنِي أَسْجُدُ فِي مَاءٍ وَطِينٍ» قَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ: مُطِرْنَا لَيْلَةَ إِحْدَى وَعِشْرِينَ، فَوَكَفَ الْمَسْجِدُ فِي مُصَلَّى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ وَقَدِ انْصَرَفَ مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ، وَوَجْهُهُ مُبْتَلٌّ طِينًا وَمَاءً
__________
[شرح محمد فؤاد عبد الباقي]
 [ش (يجاور) أي يعتكف في المسجد (فإن كان من حين تمضي) بإعراب حين بالجار لإضافته إلى المعرب (فوكف المسجد) أي قطر ماء المطر من سقفه]. [1]

Artinya:
Tadinya (Kaana)  Rasulullah SAW i’tikaf  di 10 malam pertengahan Romadhon. Bila tanggal 20 telah berlalu; tanggal 21 telah muncul, beliau SAW kembali ke rumahnya. 
Lalu sungguh beliau (berdiri) i’tikaf  pada tanggal yang di (tahun) sebelumya pulang. Lalu berkhotbah pada manusia, yakni perintah agar mereka maa syaa Allah. Lalu bersabda, “Sungguh (kuntu) (tahun lalu) saya i’tikaf  di malam ini. Lalu ilham saya, akan i’tikaf  pada 10 (malam) akhir, menyeruak. Maka barangsiapa telah i’tikaf  bersama saya, hendaklah tetap di dalam i’tikafnya. Sungguh saya telah tahu (Lailatul Qodar) di malam ini, namun dibuat lupa. Carilah (Lailatul Qodar) di 10 malam akhir, tiap tanggal ganjil. Sungguh saya telah bermimpi, bersujud di tanah bercampur air.


Abu Said Al-Khudri berkata, “Kami telah dihujani pada malam 21. Masjid, khususnya tempat shalat Rasulillah SAW, basah oleh air hujan. Saya mengamati beliau SAW berpaling dari shalat subuh, wajahnya basah oleh tanah dan air.”



[1] Isnadnya: صحيح مسلم (2/ 824)
213 - (1167) حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا بَكْرٌ وَهُوَ ابْنُ مُضَرَ، عَنِ ابْنِ الْهَادِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ ابْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ.

2016/01/28

Rayakan Romadhon hingga Idul Fitri





Dalam Kanzul ‘Ummal, Hadits Ibnu Syahin dikutib, “Bila awal Romadhon tiba, Penyeru Allah menyeru ‘ya Ridhwan!’ pada malaikat penguasa Surga.
Ridhwan menjawab ‘labbaik wasa’daik (ya, siap!)’.
Pada Ridhwan, Dia perintah ‘hiasi Surga-Surga, untuk (menghormat) kaum Puasa yang shalat tarwih, umat Muhammad SAW! Jangan ditutup! Hingga mereka menyelesaikan ibadah Romadhon!’.
Di hari kedua, Allah memberikan Wahyu ‘tutup pintu-pintu Neraka! Untuk (menghormat) umat Muhammad SAW yang berpuasa, dan shalat tarwih! Jangan kau buka hingga mereka menyelesaikan ibadah Romadhon!’ pada malaikat penjaga Neraka.
Di hari ketiga, Allah memberikan Wahyu ‘ya Jibril! Turun ke bumi! Belenggulah syaitan-syaitan liar, dan jin-jin sombong! Agar tidak merusak puasa Hamba-HambaKu!’
Allah memiliki malaikat besar, yang kepalanya di bawah Arasy (Singgasana Allah), dua kakinya di dasar bumi ketujuh. Sayap satunya sampai Timur; sayap lainnya di Barat. Sayap satunya dari mutiara merah; yang lain dari Zabarjad hijau. Tiap malam Romadhon, dia menyerukan ‘apa ada yang mau bertobat pada Allah? Apa ada yang minta Ampun pada Allah? Apa ada yang membutuhkan pertolongan? Hai pencari kebaikan, berbahagialah! Hai pencari kejelekan, berhenti! Gunakan akalmu! Ketahuilah! Tiap malam, waktu sahur dan berbuka, Allah azza wajalla membebaskan 7.000 orang dari api Neraka! Sebetulnya mereka telah dipastikan mendapat Adzab dari Robbil Aalamiiin!’.
Di waktu Lailatul Qodar, Jibril turun bersama kumpulan malaikat. Dia membentangkan dua bulu sayap berwarna hijau. Tiap helai bulunya, mutiara dan intan Yaqut. Dua sayap ini hanya dibentangkan setahu sekali, tepat Lailatul Qodar. Itulah yang dimaksud ‘tanazzalul malaaikatu warruuhu bi Idzni Robbihim {تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ}‘.
Mereka malaikat yang di bawah Sidrotul Muntaha. Ruh, adalah ‘Jibril AS’, yang mengusap sayap lalu mengucapkan ‘Assalamu alaika ya Mukmin. Assalamu alaika ya Mukmin’  pada orang yang berpuasa, yang shalat tarwih, yang shalat di daratan, atau di lautan.
Bila fajar telah menyingsing, Jibril naik, diiringi oleh para malaikat. Di atas, mereka disambut ‘ya Jibril!’ Bagaimana Rohman azza wajalla memperlakukan kaum yang berfaham ‘laa Ilaaha illalloohu?’ Oleh penduduk beberapa langit.
Jibril AS berkata ‘baik’.
Pada mereka, sejumlah Karubiyyun (tokoh-tokoh malaikat) menyambut ‘bagaimana Rohman memperlakukan kaum yang berpuasa di bulan Romadhon?’.
Setelah menjawab ‘baik’, Jibril dan para malaikat pendampingnya, bersujud. Hingga Al-Jabbar azza wajalla berfirman ‘ya Malaikat-MalaikatKu! Angkat kepala kalian! Aku mempersaksikan pada kalian:
Sungguh Aku telah mengampuni kaum Puasa Romadhon! Kecuali yang tidak menerima Salam Jibril! Yang tidak mendapatkan Salam dari Jibril:
1.   Peminum arak.
2.   Pemeras (Penjahat).
3.   Penyihir.
4.   Penabuh kendang atau tambur (pemusik).
5.   Dan yang menentang dua orang tua!’.

Bila telah Idul Fitri, para malaikat turun, memenuhi ujung-ujung jalan. Mereka berkata ‘hai Umat Muhammad! Meruputlah menuju Tuhan Maha Mulia!’.
Bila mereka telah memenuhi tempat shalat hari raya, (hingga selesai), Al-Jabbar berfirman ‘hai Malaikat-MalaikatKu! Apa upah hamba yang telah melakukan tugas?’.
Mereka berkata ‘balasannya agar segera diberikan’.
Al-Jabbar berfirman ‘mereka Hamba-HambaKu, anak-cucu Hamba-HambaKu! Telah melaksanakan puasa, PerintahKu! Telah mentaati Aku! Telah melakukan Kewajiban yang Aku perintahkan!’.

Penyeru (Malaikat) berteriak ‘hai Umat Muhammad! Silahkan pulang sebagai kaum Benar! Sungguh Aku telah mengampuni kalian!’.” [1]




23710- إذا كان أول يوم من شهر رمضان نادى منادي الله عز وجل رضوان خازن الجنان يقول: يا رضوان فيقول: لبيك سيدي وسعديك فيقول: زين الجنان للصائمين والقائمين من أمة محمد، ولا تغلقها حتى ينقضي شهرهم، فإذا كان اليوم الثاني: أوحى الله إلى مالك خازن النار، يا مالك أغلق أبواب النيران عن الصائمين والقائمين من أمة محمد، ثم لا تفتح حتى ينقضي شهرهم، ثم إذا كان اليوم الثالث، أوحى الله إلى جبريل يا جبريل اهبط إلى الأرض فغل مردة الشياطين وعتاة الجن حتى لا يفسدوا على عبادي صومهم، وإن لله ملكا رأسه تحت العرش ورجلاه في تخوم الأرض السابعة السفلى وله جناحان أحدهما بالمشرق والآخر بالمغرب، أحدهما من ياقوتة حمراء والآخر من زبرجد أخضر ينادي في كل ليلة من شهر رمضان؛ هل من تائب يتاب عليه؟ هل من مستغفر يغفر له؟ هل من صاحب حاجة فيشفع لحاجته؟ يا طالب الخير أبشر يا طالب الشر أقصر وأبصر، ألا وإن الله عز وجل في كل ليلة عند السحر والإفطار سبعة آلاف عتيق من النار قد استوجبوا العذاب من رب العالمين، فإذا كان ليلة القدر هبط جبريل في كبكبة من الملائكة له جناحان أخضران منظومان بالدر والياقوت لا ينشرهما جبريل في كل سنة إلا ليلة واحدة وذلك قوله: {تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ} وأما الملائكة فهو تحت سدرة المنتهى، وأما الروح فهو جبريل يمسح بجناحه، فيسلم على الصائم والقائم والمصلي في البر والبحر، السلام عليك يا مؤمن السلام عليك يا مؤمن حتى إذا طلع الفجر صعد جبريل ومعه الملائكة فيتلقاه أهل السموات فيقولون له: يا جبريل ما فعل الرحمن عز وجل بأهل لا إله إلا الله؟ فيقول جبريل: خيرا، ثم يتلقاه الكروبيون فيقولون له: ما فعل الرحمن بالصائمين شهر رمضان؟ فيقول جبريل: خيرا، ثم يسجد جبريل ومن معه من الملائكة فيقول الجبار عز وجل: يا ملائكتي ارفعوا رؤوسكم أشهدكم أني قد غفرت للصائمين شهر رمضان إلا لمن أبى أن يسلم عليه جبريل، وجبريل لا يسلم تلك الليلة على مدمن خمر ولا عشار ولا ساحر ولا صاحب كوبة ولا عرطبة ولا عاق لوالديه، فإذا كان يوم الفطر نزلت الملائكة فوقفت على أفواه الطريق يقولون: يا أمة محمد اغدوا إلى رب كريم، فإذا صاروا في المصلى نادى الجبار يا ملائكتي ما جزاء الأجير إذا فرغ من عمله؟ قالوا: ربنا جزاؤه أن يوفى أجره، قال: "هؤلاء عبادي وبنو عبادي أمرتهم بالصيام فصاموا، وأطاعوني وقضوا فريضتي فينادي المنادي يا أمة محمد ارجعوا راشدين قد غفر لكم. (ابن شاهين في الترغيب.

Nabi Habibullooh Kekasih Allah






Dari jalur Ibnu Abbas AS, Tirmidzi meriwayatkan, “Sejumlah sahabat RA duduk, menunggu Rasulullah SAW hadir. Setelah hadir, Rasulullah SAW mendekati dan mendengarkan mereka berbincang-bincang.
Sebagian mereka berkata, ‘sungguh menakjubkan. Sebagian Makhluq ada yang dijadikan oleh Allah, sebagai Pilihan. Ibrahim telah dijadikan Pilihan oleh Allah’.
Yang lain berkata, ‘ini tidak lebih menakjubkan, daripada Kalam Musa AS, Musa telah berbicara panjang-lebar pada Allah’.
Ada yang menjawab, ‘Isa Kalimat dan Ruh Allah’.
Ada yang berkata, ‘Adam AS telah dijadikan Pilihan oleh Allah’.
Rasulullah SAW muncul, untuk mengucapkan salam, lalu bersabda, ‘sungguh saya telah mendengar pembicaraan dan kekaguman kalian. Sungguh Ibrahim Pilihan Allah. Dia memang demikian. Musa AS Najiyullaah (yang pernah berbisik-bisik pada Allah). Dia memang demikian. Isa AS Ruh dan Kalimat Allah. Dia memang demikian. Adam AS telah dijadikan Pilihan oleh Allah. Dia memang demikian. Ketahuilah! :
1.     Saya ini Kekasih Allah! Ini bukannya sombong!
2.     Di hari Kiamat, saya Pembawa Panji Pujian! Ini bukan sombong!
3.     Di hari Kiamat, saya awal (para Rasul) yang bersyafaat! Ini bukan sombong!
4.     Saya yang pertama menggerakkan lingkaran-lingkaran (pintu-pintu) surga. Lalu Allah membukakan (Pintu) untuk saya. Untuk memasukkan saya dan kaum Fakir yang menyertai! Ini bukan sombong! Saya lebih mulianya kaum Awal dan kaum Akhir! Ini bukanya sombong!’.” [1]

 Albani menyatakan ‘Hadits ini dhoif’. Tirmidzi menyatakan “Hadits ini ghorib. Tetapi dalam Kitab Ilal, beliau menjelaskan ‘Hadits ini boleh diamalkan (dijadikan Hujjah atau Dalil)’.”



3616 - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ نَصْرِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ المَجِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا زَمْعَةُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ وَهْرَامَ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: جَلَسَ نَاسٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْتَظِرُونَهُ قَالَ: فَخَرَجَ حَتَّى إِذَا دَنَا مِنْهُمْ سَمِعَهُمْ يَتَذَاكَرُونَ فَسَمِعَ حَدِيثَهُمْ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: عَجَبًا إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ اتَّخَذَ مِنْ خَلْقِهِ خَلِيلًا، اتَّخَذَ مِنْ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا، وَقَالَ آخَرُ: مَاذَا بِأَعْجَبَ مِنْ كَلَامِ مُوسَى كَلَّمَهُ تَكْلِيمًا، وَقَالَ آخَرُ: فَعِيسَى كَلِمَةُ اللَّهِ وَرُوحُهُ، وَقَالَ آخَرُ: آدَمُ اصْطَفَاهُ اللَّهُ. فَخَرَجَ عَلَيْهِمْ فَسَلَّمَ وَقَالَ: «قَدْ سَمِعْتُ كَلَامَكُمْ وَعَجَبَكُمْ إِنَّ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلُ اللَّهِ وَهُوَ كَذَلِكَ وَمُوسَى نَجِيُّ اللَّهِ وَهُوَ كَذَلِكَ، وَعِيسَى رُوحُهُ وَكَلِمَتُهُ وَهُوَ كَذَلِكَ وَآدَمُ اصْطَفَاهُ اللَّهُ وَهُوَ كَذَلِكَ، أَلَا وَأَنَا حَبِيبُ اللَّهِ وَلَا فَخْرَ، وَأَنَا حَامِلُ لِوَاءِ الحَمْدِ يَوْمَ القِيَامَةِ وَلَا فَخْرَ، وَأَنَا أَوَّلُ شَافِعٍ وَأَوَّلُ مُشَفَّعٍ يَوْمَ القِيَامَةِ وَلَا فَخْرَ، وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يُحَرِّكُ حِلَقَ الجَنَّةِ فَيَفْتَحُ اللَّهُ لِي فَيُدْخِلُنِيهَا وَمَعِي فُقَرَاءُ المُؤْمِنِينَ وَلَا فَخْرَ، وَأَنَا أَكْرَمُ الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ وَلَا فَخْرَ» : «هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ»
__________

[حكم الألباني] : ضعيف.

2016/01/27

Kalimat ‘Aroja





Mengenai Nabi SAW Naik ke Langit, melalui Mi’roj, Bukhari hanya meriwayatkan, “Hattaa ‘aroja bii ilassamaaits tsaaniyah (حَتَّى عَرَجَ بِي إِلَى السَّمَاءِ الثَّانِيَةِ).” Artinya “Lalu Jibril AS membawa sayanaik ke langit kedua.”
Di halaman ini, Bukhari tidak menyebutkan Mi’roj. Tetapi di dalam kitabnya, Ibnu Hajar menjelaskan:
“Maksudnya (Nabi SAW) naik. Firman Allah Dzil-Ma’aarij’. Kepadanya, para malaikat naik. Ada yang berkilah Al-Mi’roj adalah tangga yang dipergunakan naik, oleh para malaikat, ruh-ruh, dan amalan-amalan’.
Ada yang berkilah ‘dia termasuk lebih indahnya sesuatu. Ruh yang melihat, takkan tahan menahan diri (hingga) keluar padanya. Mata orang yang akan meninggal, terbelalak melihat, karena indahnya’.
Ibnu Abbas juga berkata Al-Ma’aarij adalah tangga’.” [1]




قَوْله عرج بِي إِلَى السَّمَاء أَي صعد قَوْله ذِي المعارج قَالَ تعرج الْمَلَائِكَة إِلَيْهِ وَقيل الْمِعْرَاج سلم تصعد فِيهِ الْمَلَائِكَة والأرواح والأعمال وَقيل هُوَ من أحسن شَيْء لَا تتمالك النَّفس إِذا رَأَتْهُ أَن تخرج إِلَيْهِ واليه يشخص بصر المحتضر من حسنه وَقَالَ بن عَبَّاس المعارج درج.

Berharap Digunting





Tirmidzi meriwayatkan, “Rasulullah SAW bersabda ‘Ketika melihat kaum Penderita Cobaan diberi pahala’ di hari Kiamat, kaum Sentausa berharap:
 Sungguh (betapa bahagia) seandainya di dunia dulu, kulit mereka digunting dengan beberapa gunting.” [1]


Ponpes Mulya Abadi Mulungan 

Semoga Allah membereskan urusan kita semuanya


2402 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِيُّ، وَيُوسُفُ بْنُ مُوسَى القَطَّانُ البَغْدَادِيُّ، قَالَا: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَغْرَاءَ أَبُو زُهَيْرٍ، عَنْ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَوَدُّ أَهْلُ العَافِيَةِ يَوْمَ القِيَامَةِ حِينَ يُعْطَى أَهْلُ البَلَاءِ الثَّوَابَ لَوْ أَنَّ جُلُودَهُمْ كَانَتْ قُرِضَتْ فِي الدُّنْيَا بِالمَقَارِيضِ» وَهَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ بِهَذَا الإِسْنَادِ إِلَّا مِنْ هَذَا الوَجْهِ " وَقَدْ رَوَى بَعْضُهُمْ هَذَا الحَدِيثَ عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ طَلْحَةَ بْنِ مُصَرِّفٍ، عَنْ مَسْرُوقٍ، قَوْلَهُ شَيْئًا مِنْ هَذَا
__________

[حكم الألباني] : حسن.

2016/01/26

Ali Imran 50 - 52





{وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَلِأُحِلَّ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي حُرِّمَ عَلَيْكُمْ وَجِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ (50) إِنَّ اللَّهَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ هَذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ (51) فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ (52) } [آل عمران: 50 - 52].

Artinya:
Dan mencocoki yang di depan saya, yaitu Taurat. Dan agar saya halalkan untuk kalian, sebagian yang telah diharamkan atas kalian. Saya datang pada kalian dengan membawa Mukjiat dari Tuhan kalian. Maka takutlah Allah! Dan taatlah saya! [50].

Ibnu Katsir menulis, “Wamushoddiqon limaa baina yadayya min Attauraati” Maksudnya ‘mencocoki dan mengukuhkan’. Kalimat ‘wali uhailla lakum ba’dholladzii hurrima ‘alaikum’, Firman yang di dalamnya tersimpul pengeritan ‘sungguh Isa bin Maryam AS menyalin sebagian syariat Taurat. Ini pendapat lebih shahih daripada dua pendapat.
Sebagian Ulama berkata ‘Isa tidak menyalin sedikitpun dari Taurat. Hakikinya yang dia AS halalkan, sebagian kesalahan yang mereka perselisihkan. Beliau membuka tentang itu, sebagaimana Firman dalam Ayat lain: {وَلأبَيِّنَ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي تَخْتَلِفُونَ فِيهِ} [الزُّخْرُفِ: 63]. Walloohu a’lam.”  [1]
Sungguh Allah Tuhan saya dan Tuhan kalian, maka sembahlah Dia! Ini Jalan yang Lurus. [51].

Maka ketika telah menyadari kekufuran dari mereka, (Isa bin Maryam AS) bersabda, “Siapa Penolong-Penolong saya menuju Allah?” kaum Hawari berkata, “Kami Penolong-Penolong Allah. Kami telah beriman pada Allah, dan saksikan! Bahwa sungguh kami Muslim.” [52].

In syaa Allah bersambung.




وَقَوْلُهُ: {وَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِي بُيُوتِكُمْ} أَيْ: أُخْبِرُكُمْ بِمَا أَكَلَ أَحَدُكُمُ الْآنَ، وَمَا هُوَ مُدَّخِرٌ [لَهُ] فِي بَيْتِهِ لِغَدِهِ {إِنَّ فِي ذَلِكَ} أَيْ: فِي ذَلِكَ كُلِّهِ {لآيَةً لَكُمْ} أَيْ: عَلَى صدْقي فِيمَا جِئْتُكُمْ بِهِ. {إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ}.
{وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ} أَيْ: مُقَرِّرٌ لَهُمْ ومُثَبّت {وَلأحِلَّ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي حُرِّمَ عَلَيْكُمْ} فِيهِ دَلَالَةٌ عَلَى أَنَّ عِيسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، نسَخ بَعْضَ شَرِيعَةِ التَّوْرَاةِ، وَهُوَ الصَّحِيحُ مِنَ الْقَوْلَيْنِ، وَمِنَ الْعُلَمَاءِ مَنْ قَالَ: لَمْ يَنْسَخْ مِنْهَا شَيْئًا، وَإِنَّمَا أحَلّ لَهُمْ بَعْضَ مَا كَانُوا يَتَنَازَعُونَ فِيهِ فأخطؤوا، فَكَشَفَ لَهُمْ عَنِ الْمُغَطَّى فِي ذَلِكَ، كَمَا قَالَ فِي الْآيَةِ الْأُخْرَى: {وَلأبَيِّنَ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي تَخْتَلِفُونَ فِيهِ} [الزُّخْرُفِ: 63] وَاللَّهُ أَعْلَمُ.

2016/01/23

Penentu Arti Lughot




Yang menentukan arti lughot ada tiga, 1) nahwu, 2) shorof, 3) dan Kitab lughot, atau Kamus lughot. Walaupun ahli nahwu dan ahli shorof, kalau tidak membuka Kitab lughot, maka dipastikan meleset, ketika memaknai Kitab yang sulit. Contoh penentuan arti “Ashab (أَصْحَابِ)” dan “Ilmitthobiiah (عِلْمِ الطَّبِيعَةِ)” dalam Kitab Ibnu Katsir: تفسير ابن كثير (2/ 45)
قَالَ كَثِيرٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ: بَعَثَ اللَّهُ كُلَّ نَبِيٍّ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ بِمُعْجِزَةٍ تُنَاسِبُ أَهْلَ زَمَانِهِ، فَكَانَ الْغَالِبُ عَلَى زَمَانِ مُوسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، السِّحْرُ وَتَعْظِيمُ السَّحَرَةِ. فَبَعَثَهُ اللَّهُ بِمُعْجِزَةٍ بَهَرَت الْأَبْصَارَ وَحَيَّرَتْ كُلَّ سَحَّارٍ، فَلَمَّا اسْتَيْقَنُوا أَنَّهَا مِنْ عِنْدِ الْعَظِيمِ الْجَبَّارِ انْقَادُوا لِلْإِسْلَامِ، وَصَارُوا مِنَ الْأَبْرَارِ. وَأَمَّا عِيسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، فبُعث فِي زَمَنِ الْأَطِبَّاءِ وَأَصْحَابِ عِلْمِ الطَّبِيعَةِ، فَجَاءَهُمْ مِنَ الْآيَاتِ بِمَا لَا سَبِيلَ لِأَحَدٍ إِلَيْهِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ مُؤَيَّدًا مِنَ الَّذِي شَرَعَ الشَّرِيعَةَ. فَمِنْ أَيْنَ لِلطَّبِيبِ قُدْرَةٌ عَلَى إِحْيَاءِ الْجَمَادِ، أَوْ عَلَى مُدَاوَاةِ الْأَكْمَهِ، وَالْأَبْرَصِ، وَبَعْثِ مَنْ هُوَ فِي قَبْرِهِ رَهِينٌ إِلَى يَوْمِ التَّنَادِ؟ وَكَذَلِكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَهُ [اللَّهُ] فِي زَمَنِ الْفُصَحَاءِ وَالْبُلَغَاءِ وَنَحَارِيرِ الشُّعَرَاءِ، فَأَتَاهُمْ بِكِتَابٍ مِنَ اللَّهِ، عَزَّ وَجَلَّ، لَوِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَى أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِهِ، أَوْ بِعَشْرِ سُوَرٍ مِنْ مِثْلِهِ، أَوْ بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ لَمْ يَسْتَطِيعُوا أَبَدًا، وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا، وَمَا ذَاكَ إِلَّا لِأَنَّ كَلَامَ الرَّبِّ لَا يُشْبِهُهُ كَلَامَ الْخَلْقِ أَبَدًا.
Lafal Ashab (أَصْحَابِ)” di atas diartikan para ahli; lafal “Ilmitthobiiah (عِلْمِ الطَّبِيعَةِ)” diartikan ilmu fisika. Karena merujuk Kitab lughot.
Arti lengkapnya:
Sangat banyak Ulama yang mengatakan, “Semua Nabi AS diutus oleh Allah, sesuai keadaan manusia yang hidup pada zaman mereka. Zaman Musa AS, yang menonjol ilmu sihir, dan mengagungkan ahli sihir. Maka Allah memberi Musa AS Mukjizat, yang membuat mata terbelalak, dan membuat semua penyihir, terheran-heran. Ketika telah yakin sepenuhnya, bahwa Mukjizat tersebut dari sisi yang Maha Agung, Maha Perkasa, maka mereka mengikuti ajaran Islam, dan menjadi golongan kaum Baik (Abror).
Adapun Isa AS diutus pada zaman Tabib dan Fisika. Maka dia datang pada mereka membawa Mukjizat yang tak bisa dilakukan kecuali oleh orang Kepercayaan Pembuat Syariat. Tidak ada tabib yang mampu menghidupkan benda-benda mati, atau mengobati penyakit asal atau belang, atau menghidupkan orang yang telah dikubur. Sampai hari Kiamat, takkan mungkin ada yang mampu melakukan demikian.
Demikian pula Muhammad SAW, diutus oleh Allah pada zaman orang-orang berkata dengan bahasa fasih, jelas, dan zaman para penyair cerdik. Maka belau datang pada mereka dengan membawa Kitab dari sisi Allah azza wajalla. Kalau manusia dan jin berkumpul untuk mendatangkan:
1.     Kitab yang sebanding Kitabnya.
2.     Atau hanya sepuluh judul, yang sama.
3.     Atau hanya satu judul yang sama. Hingga kapanpun takkan mampu, walaupun sebagian mereka telah menolong sebagian. Karena hingga kapanpun, Kalam Tuhan takkan sama dengan kalam makhluq.”

2016/01/22

Ali Imran 46 - 49



{وَيُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا وَمِنَ الصَّالِحِينَ (46) قَالَتْ رَبِّ أَنَّى يَكُونُ لِي وَلَدٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ قَالَ كَذَلِكِ اللَّهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ إِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ (47) وَيُعَلِّمُهُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ (48) وَرَسُولًا إِلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ أَنِّي أَخْلُقُ لَكُمْ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ فَأَنْفُخُ فِيهِ فَيَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِ اللَّهِ وَأُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ وَأُحْيِ الْمَوْتَى بِإِذْنِ اللَّهِ وَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِي بُيُوتِكُمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ (49)} [آل عمران: 46 - 49]
Artinya:
Di dalam buaian dan di umur matang, dia berbicara pada manusia. Dan tergolong kaum Shalih. [46].
Maryam berdoa, “Tuhanku, bagaimana mungkin saya akan memiliki anak? Padahal belum pernah disentuh oleh manusia?” Allah berfirman, “Seperti itulah Allah, mencipta yang Dia kehendaki. Apabila menghendaki perkara, sungguh hanya berfirman ‘jadi! Maka jadi’. [47].
(Allah) mengajar dia, Kitab, Hikmah, Taurat, dan Injil. [48].
Dan sebagai Utusan pada bani Israil (yang menjelaskan): ‘sungguh saya bisa:
1.     Membuat untuk kalian, seperti burung dari tanah. Kepadanya, saya meniup, maka menjadi burung, karena Idzin Allah.
2.     Menyembuhkan sakit asal dan belang.
3.     Menghidupkan makhluq-makhluq mati, karena Idzin Allah.
4.     Menceritakan pada kalian, yang kalian makan, dan yang kalian simpan di rumah-rumah kalian. Sungguh mengenai itu, merupakan Mukjizat untuk kalian, jika kalian telah beriman’.” [49].
Ulama banyak yang mengatakan, “Semua Nabi AS diutus oleh Allah, sesuai keadaan manusia yang hidup pada zaman mereka. Zaman Musa AS, yang menonjol ilmu sihir, dan mengagungkan ahli sihir. Maka Allah memberi Musa, Mukjizat yang membuat mata terbelalak, dan membuat semua penyihir, terheran-heran. Ketika telah yakin sepenuhnya, bahwa Mukjizat tersebut dari sisi yang Maha Agung, Maha Perkasa, maka mereka mengikuti ajaran Islam, dan menjadi golongan kaum Baik (Abror).
Adapun Isa AS diutus pada zaman Tabib dan Fisika. Maka dia datang pada mereka membawa Mukjizat yang tak bisa dilakukan kecuali oleh orang yang dipercaya oleh Pembuat Syariat. Tidak ada tabib yang mampu menghidupkan benda-benda mati, atau mengobati penyakit asal atau belang, atau menghidupkan orang yang telah dikubur. Sampai hari Kiamat, takkan mungkin ada yang mampu melakukan demikian.
Demikian pula Muhammad SAW, diutus oleh Allah pada zaman orang-orang berkata dengan bahasa fasih, jelas, dan zaman penyair-penyair cerdik. Maka beliau datang pada mereka dengan membawa Kitab dari sisi Allah azza wajalla. Kalau manusia dan jin berkumpul untuk mendatangkan:
1.     Kitab yang sebanding dengan Kitabnya.
2.     Atau hanya sepuluh judul, yang sama.
3.     Atau hanya satu judul yang sama. Hingga kapanpun mereka takkan mampu. Walaupun sebagian mereka telah menolong sebagian. Karena hingga kapanpun, Kalam Tuhan takkan sama dengan kalam makhluq.” [1]

In syaa Allah bersambung.


قَالَ كَثِيرٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ: بَعَثَ اللَّهُ كُلَّ نَبِيٍّ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ بِمُعْجِزَةٍ تُنَاسِبُ أَهْلَ زَمَانِهِ، فَكَانَ الْغَالِبُ عَلَى زَمَانِ مُوسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، السِّحْرُ وَتَعْظِيمُ السَّحَرَةِ. فَبَعَثَهُ اللَّهُ بِمُعْجِزَةٍ بَهَرَت الْأَبْصَارَ وَحَيَّرَتْ كُلَّ سَحَّارٍ، فَلَمَّا اسْتَيْقَنُوا أَنَّهَا مِنْ عِنْدِ الْعَظِيمِ الْجَبَّارِ انْقَادُوا لِلْإِسْلَامِ، وَصَارُوا مِنَ الْأَبْرَارِ. وَأَمَّا عِيسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، فبُعث فِي زَمَنِ الْأَطِبَّاءِ وَأَصْحَابِ عِلْمِ الطَّبِيعَةِ، فَجَاءَهُمْ مِنَ الْآيَاتِ بِمَا لَا سَبِيلَ لِأَحَدٍ إِلَيْهِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ مُؤَيَّدًا مِنَ الَّذِي شَرَعَ الشَّرِيعَةَ. فَمِنْ أَيْنَ لِلطَّبِيبِ قُدْرَةٌ عَلَى إِحْيَاءِ الْجَمَادِ، أَوْ عَلَى مُدَاوَاةِ الْأَكْمَهِ، وَالْأَبْرَصِ، وَبَعْثِ مَنْ هُوَ فِي قَبْرِهِ رَهِينٌ إِلَى يَوْمِ التَّنَادِ؟ وَكَذَلِكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَهُ [اللَّهُ] فِي زَمَنِ الْفُصَحَاءِ وَالْبُلَغَاءِ وَنَحَارِيرِ الشُّعَرَاءِ، فَأَتَاهُمْ بِكِتَابٍ مِنَ اللَّهِ، عَزَّ وَجَلَّ، لَوِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَى أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِهِ، أَوْ بِعَشْرِ سُوَرٍ مِنْ مِثْلِهِ، أَوْ بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ لَمْ يَسْتَطِيعُوا أَبَدًا، وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا، وَمَا ذَاكَ إِلَّا لِأَنَّ كَلَامَ الرَّبِّ لَا يُشْبِهُهُ كَلَامَ الْخَلْقِ أَبَدًا.