Haji
beberapa bulan yang dimaklumi. Maka barangsiapa menentukan diri, haji di dalamnya,
tiada porno, tiada fusuq (pelanggaran), dan tiada perdebatan. Yang
kalian lakukan berupa kebaikan, Allah mengetahui. Berbekallah! Sebaik-baik
bekal, taqwa. Dan bertaqwalah padaKu! Ya kaum yang memiliki akal-akal sehat.
[197].
Bangsa
Arab berselisih faham tentang Firman Allah, “Haji beberapa bulan yang dimaklumi(الْحَجُّ
أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ).”
Sebagian mereka berkata, “Haji dibatasi dalam beberapa bulan
yang dimaklumi. Merujuk ayat ini, diperkirakan ihram haji di bulan-bulan
tersebut, lebih sempurna daripada ihram-ihram di bulan-bulan selain itu.
Meskipun hukumnya juga sah. Hujjah mengenai Ihram Haji Sah Sepanjang Tahun,
adalah Madzhab Maliki, Abi Hanifah (Hanafi), Hambali, dan Ishaq bin Rahawaih.
Ibrahim
Annakhai, Atssauri dan Allaits bin Saed, juga berhujjah demikian.
Dasar hujah
mereka, 'Mereka bertanya kau, tentang beberapa tanggal (bulan)'.
Katakan, 'dia
batasan-batasan waktu untuk manusia, dan untuk haji ({يَسْأَلُونَكَ عَنِ الأهِلَّةِ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ
وَالْحَجِّ} [الْبَقَرَةِ: 189])'.
Mereka
juga berpandangan:
1.
Haji
Termasuk Dua Nusuk.
2.
Ihram
haji seperti umrah; bisa dilakukan sepanjang tahun, sah."
Imam
Syafi’i yang semoga disayang oleh Allah, bermadzhab (menentukan pandangan),
“Ihram haji tidak sah, kecuali di bulan-bulan haji. Kalau ihram haji dilakukan
sebelum bulan haji, maka tidak sah.”
Menurut
Syafi’i:
Ihram Haji
tidak sah diamalkan, kecuali di bulan haji, rujukannya diriwayatkan dari Ibnu
Abbas dan Jabir RA. Diikuti oleh para tabiin; Athak, Thawus, dan Mujahid, yang
semuanya semoga disayang oleh Allah. Dalil yang mereka rujuk, “Haji, beberapa
bulan yang dimaklumi (الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ).”
Imam
Syafi’i rahimahullah, meriwayatkan ajaran Ibnu Abbas Ra; “Ihram
haji tidak pantas dilakukan oleh seorang, kecuali di bulan-bulan haji.
Berdasarkan Firman Allah ‘Haji, beberapa bulan yang dimaklumi (الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ)’.”
Ibnu
Abi Hatim, juga meriwayatkan Hadits, seperti ini.
Di
dalam Tafsirnya, Ibnu Marduwaih juga meriwayatkan Hadits di atas, dari dua
jalur. Dari Ibnu Abbas RA, “Termasuk aturan (مِنَ السُّنَّةِ) adalah, tidak melakukan ihram haji, kecuali di
bulan-bulan haji.”
Di
dalam kitab Shahihnya, Ibnu Khuzaimah meriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, “Tidak
boleh ihram haji kecuali di bulan-bulan haji. Termasuk aturan haji,
Tidak Boleh Melakukan Ihram Haji, kecuali di bulan-bulan haji. Isnad Hadits ini
shahih. Dan menurut kebanyakan ulama Muhadditsiin, ‘ucapan seorang sahabat
(dalam sebuah Hadits):
‘Termasuk
aturan adalah demikian (مِنَ السُّنَّةِ كَذَا)’, hukumnya marfuk.
Selain
Ibnu Abbas RA berkata, untuk menjelaskan pengertian Al-Qur’an. Beliau memang
Penerjemah Al-Qur’an.
Sungguh
Hadits marfuk yang membahas hukum di atas, telah hadir. Riwayat dari Jabir RA
ini, disampaikan oleh Ibnu Marduwaih, “Sungguh nabi SAW bersabda ‘ihram haji
tidak pantas bagi seorang, kecauli dilakukan di bulan-bulan haji.”
Isnad
Hadits di atas tidak cacat. Tetapi Assyafi’i dan Baihaqi, meriwayatkan dari
beberapa jalur yang berbeda, dengan matan yang berbeda:
Sungguh
Abuzzubair telah mendengar Jabir RA ditanya, “Bolehkan ihlal haji
dilakukan sebelum bulan-bulan haji?.
Jabir
menjawab ‘tidak boleh!’.”
Hadits
mauquf ini, lebih shahih dan lebih tsambit
(akurat) daripada Hadits marfuk di atas. Di waktu itu, madzhab sahabat
menjadi ketetapan yang menguat, karena merujuk ucapan Ibnu Abbas RA, “Termasuk
aturan adalah, tidak melakukan ihram haji, kecauli di bulan-bulan haji (مِنَ السُّنَّةِ أَنْ لَا يُحْرِمَ
بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِهِ).” Wallahu a’lam.
Bukhari
meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Bulan-bulan haji, Syawal, Dzul-Qa’dah,
Dzul-Hijjah.”
Tiada
dosa atas kalian, jika kalian mencari keutamaan dari Tuhan kalian. Ketika
kalian tolak dari Arafat, maka ingatlah Allah di sisi Masyaril-Haram! Dan
sebutlah Dia! Sebagaimana Dia telah membimbing kalian! Sungguh kalian sebelum
Itu, tergolong kaum sesat. [198].
Lalu
tolaklah dari mana orang-orang bertolak! Dan istighfarlah pada Allah! Sungguh
Allah Maha pengampun Maha penyayang. [199].
اخْتَلَفَ أَهْلُ الْعَرَبِيَّةِ فِي
قَوْلِهِ: {الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ} فَقَالَ بَعْضُهُمْ: [تَقْدِيرُهُ]
الْحَجُّ حَجُّ أَشْهَرٍ مَعْلُومَاتٍ، فَعَلَى هَذَا التَّقْدِيرِ يَكُونُ
الْإِحْرَامُ بِالْحَجِّ فِيهَا أَكْمَلُ مِنَ الْإِحْرَامِ بِهِ فِيمَا عَدَاهَا،
وَإِنْ كَانَ ذَاكَ صَحِيحًا، وَالْقَوْلُ بِصِحَّةِ الْإِحْرَامِ بِالْحَجِّ فِي
جَمِيعِ السّنَةِ مذهبُ مالك، وأبي حنيفة، وأحمد بن حنبل، وإسحاق بن رَاهويه، وَبِهِ يَقُولُ إِبْرَاهِيمُ النخَعي، وَالثَّوْرِيُّ، وَاللَّيْثُ بْنُ
سَعْدٍ. واحْتَجّ لَهُمْ بِقَوْلِهِ تَعَالَى: {يَسْأَلُونَكَ عَنِ الأهِلَّةِ
قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ} [الْبَقَرَةِ: 189] وَبِأَنَّهُ
أَحَدُ النُّسُكَيْنِ. فَصَحَّ الْإِحْرَامُ بِهِ فِي جَمِيعِ السَّنَةِ
كَالْعُمْرَةِ. وَذَهَبَ الشَّافِعِيُّ، رَحِمَهُ اللَّهُ، إِلَى أَنَّهُ لَا
يَصِحُّ الْإِحْرَامُ بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِهِ فَلَوْ أَحْرَمَ بِهِ
قَبْلَهَا لَمْ يَنْعَقِدْ إِحْرَامُهُ بِهِ، وَهَلْ يَنْعَقِدُ عُمْرة؟ فِيهِ
قَوْلَانِ عَنْهُ. وَالْقَوْلُ بِأَنَّهُ لَا يَصِحُّ الْإِحْرَامُ بِالْحَجِّ
إِلَّا فِي أَشْهُرِهِ مَرْويّ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَجَابِرٍ، وَبِهِ يَقُولُ
عَطَاءٌ، وَطَاوُسٌ، وَمُجَاهِدٌ، رَحِمَهُمُ اللَّهُ، وَالدَّلِيلُ عَلَيْهِ
قَوْلُهُ تَعَالَى: {الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ} وَظَاهِرُهُ التَّقْدِيرُ
الْآخَرُ الذِي ذَهَبَ إِلَيْهِ النُّحَاةُ، وَهُوَ أَنَّ: وَقْتَ الْحَجِّ
أَشْهَرٌ مَعْلُومات، فَخَصَّصَهُ بِهَا مِنْ بَيْنِ سَائِرِ شُهُورِ السَّنَةِ،
فَدَلَّ عَلَى أَنَّهُ لَا يَصِحُّ قَبْلَهَا، كَمِيقَاتِ الصَّلَاةِ. قَالَ
الشَّافِعِيُّ، رَحِمَهُ اللَّهُ: أَخْبَرَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ، عَنِ ابْنِ
جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي عُمَر بْنُ عَطَاء، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ،
أَنَّهُ قَالَ: لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ أَنْ يُحْرِم بِالْحَجِّ إِلَّا فِي
شُهُورِ الْحَجِّ، مِنْ أَجْلِ قَوْلِ اللَّهِ: {الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ}
وَكَذَا رَوَاهُ ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ، عَنْ أَحْمَدَ بْنِ يَحْيَى بْنِ مَالِكٍ
السُّوسِيِّ، عَنْ حَجَّاجِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْأَعْوَرِ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ،
بِهِ. وَرَوَاهُ ابْنُ مَرْدويه فِي تَفْسِيرِهِ مِنْ طَرِيقَيْنِ، عَنْ حَجَّاجِ
بْنِ أَرْطَاةَ، عَنِ الْحَكَمِ بْنِ عُتَيبة عَنْ مِقْسَم، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ:
أَنَّهُ قَالَ: مِنَ السُّنَّة أَلَّا يُحْرِمَ [بِالْحَجِّ]إِلَّا فِي أَشْهُرِ
الْحَجِّ. وَقَالَ ابْنُ خُزَيْمَةَ فِي صَحِيحِهِ: حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْب،
حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ
مقْسَم، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: لَا يُحْرِمُ بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِ
الْحَجِّ، فَإِنَّ مِنْ سُنَّةِ الْحَجِّ أَنْ يُحْرِمَ بِالْحَجِّ فِي أَشْهُرِ
الْحَجِّ وَهَذَا إِسْنَادٌ صَحِيحٌ، وَقَوْلُ الصَّحَابِيِّ: "مِنَ
السُّنَّةِ كَذَا" فِي حَكَمِ الْمَرْفُوعِ عِنْدَ الْأَكْثَرِينَ، وَلَا
سِيَّمَا قَوْلُ ابْنِ عَبَّاسٍ تَفْسِيرًا لِلْقُرْآنِ، وَهُوَ تُرْجُمَانُهُ. وَقَدْ
وَرَدَ فِيهِ حَدِيثٌ مَرْفُوعٌ، قَالَ ابْنُ مَرْدَوَيْهِ: حَدَّثَنَا عَبْدُ
الْبَاقِي بْنُ قَانِعٍ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ المُثَنى، حَدَّثَنَا أَبُو
حُذَيْفَةَ، حدثنا سفيان، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: "لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ
أَنْ يُحْرِمَ بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِ الْحَجِّ". وَإِسْنَادُهُ لَا
بَأْسَ بِهِ. لَكِنْ رَوَاهُ الشَّافِعِيُّ، وَالْبَيْهَقِيُّ مِنْ طُرق، عَنِ
ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ
اللَّهِ يَسْأَلُ: أيُهَلّ بِالْحَجِّ قَبْلَ أَشْهُرِ الْحَجِّ؟ فَقَالَ: لَا. وَهَذَا
الْمَوْقُوفُ أَصَحُّ وَأَثْبَتُ مِنَ الْمَرْفُوعِ، وَيَبْقَى حِينَئِذٍ مَذْهَبُ
صَحَابِيٍّ، يَتَقَوَّى بِقَوْلِ ابْنِ عَبَّاسٍ: "مِنَ السُّنَّةِ أَنْ لَا
يُحْرِمَ بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِهِ". وَاللَّهُ أَعْلَمُ.