SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/03/03

Hakikinya Dunia





Bu MD bertanya, “Carikan dalil tentang hakikinya dunia.”
Di dalam kitab Chilyah yang terkenal, terutama di kalangan kaum Sufi, Abu Nu’aim orang alim dalam bidang Hadits, meriwayatkan: حلية الأولياء وطبقات الأصفياء (2/ 243)

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، قَالَ: ثنا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ: ثنا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ، قَالَ: ثنا أَبِي قَالَ: سَمِعْتُ حُمَيْدَ بْنَ هِلَالٍ يُحَدِّثُ عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ زِيَادٍ، قَالَ: " رَأَيْتُ النَّاسَ فِي النَّوْمِ يَتَّبِعُونَ شَيْئًا فَتَبِعْتُهُ فَإِذَا عَجُوزٌ كَبِيرَةٌ هَتْمَاءُ عَوْرَاءُ عَلَيْهَا مِنْ كُلِّ حِلْيَةٍ وَزِينَةٍ فَقُلْتُ: مَا أَنْتِ؟ قَالَتْ: أَنَا الدُّنْيَا، قُلْتُ: أَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى أَنْ يُبَغِّضَكِ إِلَيَّ، قَالَتْ: نَعَمْ، إِنْ أَبْغَضْتَ الدَّرَاهِمَ "
Artinya:
Dari Al-’Ala’ bin Ziyad: “Di dalam tidur, saya (bermimpi) melihat orang-orang mengikuti sesuatu. Sontak saya juga mengikuti dia. Setelah kudekati ternyata dia perempuan tua renta, bergigi ompong, bermata buta sebelah. Mengenakan segala macam perhiasan.
Saya bertanya padanya ‘siapa kau?’.
Saya berdoa ‘hamba mohon agar Allah Ta’ala membuat kau benci padaku’.
Dia menjawab ’ya, kalau kau benci dirham-dirham’,” yakni uang.

Maksud Hadits ini: “Jangan ragu-ragu kalau akan shadaqah atau infaq. Dalam riwayat lain, Nabi Isa AS pernah melihat dunia dalam bentuk yang sama di atas. Hanya di sana diterangkan, matanya telah memutih, dan menyatakan suaminya banyak sekali, dan menjawab, “Semua suamiku tidak hanya kutalaq, bahkan kubunuh,” setelah ditanya, “Kau yang ditalaq atau yang mentalaq mereka?.” 

Al-’Ala’ bin Ziyad tergolong Tabi’iin yang tinggal di Bashrah, dan termasuk Tabi'iin paling awal wafat, yaitu tahun 94 Hijriah. Bukhari menulis  nama dia satu kali, di dalam kitab Shahihnya.”


0 komentar:

Posting Komentar