Allah berfirman { مَا اتَّخَذَ اللَّهُ مِنْ وَلَدٍ وَمَا كَانَ مَعَهُ مِنْ إِلَهٍ إِذًا لَذَهَبَ كُلُّ إِلَهٍ بِمَا خَلَقَ وَلَعَلا بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يَصِفُونَ } [ المؤمنون:91]
مَا اتَّخَذَ[1] اللَّهُ[2] مِنْ وَلَدٍ[3] وَمَا كَانَ[4] مَعَهُ[5] مِنْ إِلَهٍ[6] إِذًا[7] لَذَهَبَ[8] كُلُّ إِلَهٍ[9] بِمَا[10] خَلَقَ[11]وَلَعَلا[12] بَعْضُهُمْ[13] عَلَى بَعْضٍ[14] سُبْحَانَ اللَّهِ[15]عَمَّا[16] يَصِفُونَ[17
Artinya:
Allah tak mengambil Putra dan tak ada satu Tuhan pun yang telah menyertai-Nya. Jika betul begitu niscaya setiap Tuhan telah menangani yang telah Dia cipta, dan niscaya sebagian mereka telah menaklukkan atas sebagian. Maha Suci Allah jauh dari yang mereka jelaskan.” Maksudnya: “Sejak dulu Allah belum pernah:
Artinya:
Allah tak mengambil Putra dan tak ada satu Tuhan pun yang telah menyertai-Nya. Jika betul begitu niscaya setiap Tuhan telah menangani yang telah Dia cipta, dan niscaya sebagian mereka telah menaklukkan atas sebagian. Maha Suci Allah jauh dari yang mereka jelaskan.” Maksudnya: “Sejak dulu Allah belum pernah:
1. mengangkat seorang Putra-pun atau berputra seorang-pun,
2. dan sejak dulu belum pernah ada satu Tuhan-pun yang menyertai Allah.
Jika dua tuduhan tersebut benar pasti Tuhan-Tuhan tersebut telah menangani yang telah mereka cipta, dan niscaya sebagian mereka telah menaklukkan atas sebagian. Maha Suci Allah jauh dari yang mereka jelaskan.
[1] Tidak telah mengambil.
[2] Allah.
[3] Satu Putra pun. Min-nya diartikan pun karena tab’idhiyyah, yakni untuk menyatakan meskipun hanya satu atau sedikit.
[4] Dan tiada.
[5] Menyertainya.
[6] Satu Tuhan pun. Min-nya diartikan pun karena tab’idhiyyah, yakni untuk menyatakan meskipun hanya satu atau sedikit.
[7] Jika betul begitu. Idzan adalah hafrul-jawab wal-jaza’u: huruf untuk menyatakan membantah dan membalas pernyataan.
[8] Niscaya telah pergi; tapi di sini lebih tepat diartikan niscaya telah menanganikarena kontek yang ada.
[9] Setiap Tuhan.
[10] Pada apa.
[11] Dia telah mencipta.
[12] Dan niscaya telah menaklukkan.
[13] Sebagian mereka.
[14] Atas sebagian.
[15] Maha Suci Allah.
[16] Jauh dari apa.
[17] Mereka jelaskan.
0 komentar:
Posting Komentar