SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/03/03

Perang Salib dan Jesus dan Al-Qur'an

Perang Salib ialah beberapa seri perang yang muncul karena isu keagamaan dan politik sekitar kurun ke-11 hingga ke-13 Masihi. Asal misi tentera Salib adalah merebut Baitulmaqdis dan kawasan sekitarnya dari umat Islam dan merebut Kota Constantinople (yang berjaya semasa Perang Salib Keempat).
Perang Salib bertitik tolak dari pembangunan pesat di Eropah Barat semasazaman Pertengahan; serta kemerosotan Kerajaan Byzantine di Timur. Perpecahan Kerajaan Carolingian setelah abad ke-9 dan kestabilan Eropah selepas pengkristenan kaum VikingSlav, dan Magyar membuahkan keributan satria yang pekerjaannya hanya bertikai sesama saudara sendiri dan melancarkan keganasan terhadap para petani. Pihak Gereja berusaha membendung keganasan ini melalui beberapa gerakan gencatan senjata yang disebut Peace and Truce of God yang hampir berhasil baik. Terdapat segelintir satria terlatih yang masih mau meluapkan keganasan mereka - kecuali yang berlaku semasa Reconquista di Sepanyol dan negeri Portugal, di mana tentra Kristen sibuk memerangi bangsa Moor beragama Islam di Eropah.
Pada tahun 1009 M, Khalifah FatimiyyahAl-Hakim bin-Amr Allah telah menggeledah hospis pilgrim di Baitulmuqaddis dan merusak Gereja Makam Suci. Padahal tadinya dibangun-ulang oleh maharaja Bizantine (sekitar tahun 300 M). Peristiwa memalukan ini senantiasa berada dalam ingatan bangsa Eropah dan mendorong menyemarakkan lagi Perang Salib.
Pada tahun 1063 M, Paus Alexander II memberi restu pada rakyat Kristen di Iberia untuk melancarkan perang terhadap orang Islam, memberi papal standard (yang dipanggil vexillum sancti Petri) dan pengampunanindulgence bagi mereka yang terbunuh dalam Perang-Salib yang dimaksud. Rayuan dari beberapa Maharaja Byzantium yang diancam oleh tentara Seljuk, bermula pada 1074 dari Maharaja Michael VII kepada Paus Gregory VII, kepada Maharaja Alexius I Comnenus kepada Paus Urban II pada 1095, akhirnya mendapat perhatian Paus Alexander II.
Perang Salib dilaksanakan untuk menunjukkan ketaatan kuat kepada agama yang bangkit pada abad ke-11 di kalangan orang awam. Salah satu sebabnya adalah Kontroversi Istiadat Pengaruniaan (di mana satria kristen menerima penghargaan dari pihak gereja) yang bermula lebih kurang pada tahun 1075M dan masih berlangsung sepanjang Perang Salib Pertama. Perkara ini telah memberi kesan yang sangat mendalam pada seluruh penganut Kristen sehingga mereka berlomba-lomba untuk menarik sokongan umum, menyebabkan pengalaman keagamaan yang dramatik. Hasilnya adalah kesadaran spiritual Kristen dan timbulnya minat awam yang kuat terhadap agama. Ini diperkuat dengan propaganda keagamaan, dan sokongan untukPerang Yang Adil untuk merampas Tanah Suci termasuk Baitul-Maqdis (di mana berlakunya wafat, kebangkitan, dan naiknya Nabi Isa ke syurga,menurut keyakinan mereka[1]) dan Antioch atau Antoqiyyah (bandar raya Nasrani yang pertama) daripada orang Islam. Semua ini akhirnya dinyatakan dalam sokongan populer massa untuk Perang Salib Pertama sewaktu abad ke-12.
Kehadiran Islam di Tanah Suci kristen (menurut keyakinan mereka) telah bermula sejak penaklukan Palestin oleh tentera Islam Arab dalam abad ke-7. Walaupun begitu, orang Islam tidak banyak campur tangan dalam urusanamaliyyah jemaah Kristen di tempat-tempat suci ataupun menganggu keselamatan Biara-Biara dan masyarakat Kristen di Tanah Suci. Orang-orang Eropah di Barat saat itu juga tidak begitu peduli dengan kehilangan Baitul-Maqdis yang jauh kerena mereka sendiri berhadapan dengan pencerobohan oleh orang Islam bukan Kristen lain seperti Viking dan Magyar. Yang pasti, kejayaan demi kejayaan tentara Islam telah memberi tekanan yang hebat kepada Kristen Ortodoks Timur yang berpusat di Kerajaan Bizantine.
Perubahan sikap Barat terhadap Timur berlaku pada tahun 1009 M ketika Khalifah Fatimiyyah dari Kaherah yaitu Al-Hakim bin-Amr Allah yang berbuat berbuat ceroboh serta merusakkan Gereja Makam Suci di Baitul-Maqdis. Pengganti Al-Hakim membenarkan kerajaan Bizantine untuk membina gereja semula tetapi dengan syarat yang ketat, dan jemaah Kristen telah dibenarkan melakukan kunjungan-suci. Terdapat juga khabar mengenai kekejaman Muslim terhadap jemaah Kristen. Cerita-cerita ini akhirnya mengobarkan Perang Salib pada abad-abad seterusnya.

[1] Shabirun menulis:

Firman Allah “فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ وَكُفْرِهِمْ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَقَتْلِهِمُ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَقَوْلِهِمْ قُلُوبُنَا غُلْفٌ بَلْ طَبَعَ اللَّهُ عَلَيْهَا بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُونَ إِلَّا قَلِيلًا (155) وَبِكُفْرِهِمْ وَقَوْلِهِمْ عَلَى مَرْيَمَ بُهْتَانًا عَظِيمًا (156) وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا (157) بَلْ رَفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا (158) وَإِنْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِ قَبْلَ مَوْتِهِ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا (159),” adalah berita yang sangat unik.
Arti Firman tersebut “Karena mereka telah:
  1. merusak sumpah mereka[1],
  2. mengkufuri ayat-ayat Allah,
  3. membunuh para Nabi as dengan tidak benar,
  4. berkata ‘hati kami tertutup’; justru Allah yang telah menutupnya karena kekufuran mereka hingga akhirnya mereka tidak beriman kecuali sangat sedikit,
  5. dan karena kekufuran maupun ucapan mereka atas Maryam sebagai fitnah yang sangat besar,
  6. dan karena ucapan mereka ‘sungguh kami telah membunuh Al-Masih ‘Isa bin Maryam Utusan Allah’; padahal[1] mereka belum membunuh dan belum menyalibnya, tetapi ‘Isa as telah dibuat serupa untuk mereka. Dan sungguh orang-orang yang telah berselisih mengenai dia as niscaya di dalam ragu-ragu tentang hal itu. Mereka tidak memiliki ilmu sedikitpun mengenai hal itu, kecuali hanya mengikuti persangakaan, dan meeka belum membunuhnya secara yakin. Yang benar[1] Allah telah mengangkat dia pada-Nya, dan sejak dulu[1]Allah Maha dahsyat Maha Hakim. Dan tak seorang-pun[1] dari ahli kitab kecuali pasti sungguh akan beriman padanya sebelum wafatnya. Dan di hari kiamat nanti dia akan menjadi saksi atas mereka.” [Qs An-Nisa’].

Ibnu Katsir menulis: كان من خبر اليهود -عليهم لعائن الله وسخطه وغضبه وعقابه-أنه لما بعث الله عيسى ابن مريم بالبينات والهدى، حسدوه على ما آتاه الله من النبوة والمعجزات الباهرات، التي كان يبرئ بها الأكمه والأبرص ويحيي الموتى بإذن الله، ويصور من الطين طائرًا ثم ينفخ فيه فيكون طائرًا يشاهَدُ طيرانه بإذن الله، عز وجل، إلى غير ذلك من المعجزات التي أكرمه الله بها وأجراها على يديه، ومع هذا كذبوه وخالفوه، وسَعَوْا في أذاه بكل ما أمكنهم، حتى جعل نبي الله عيسى، عليه السلام، لا يساكنهم في بلدة، بل يكثر السياحة هو وأمه، عليهما السلام، ثم لم يقنعهم ذلك حتى سعوا إلى ملك دمشق في ذلك الزمان -وكان رجلا مشركًا من عبدة الكواكب، وكان يقال لأهل ملته: اليونان-وأنهوا إليه: أن ببيت المقدس رجلا يفتن الناس ويضلهم ويفسد على الملك رعاياه. فغضب  الملك من هذا، وكتب إلى نائبه بالقدس أن يحتاط على هذا المذكور، وأن يصلبه ويضع الشوك على رأسه، ويكف أذاه على الناس. فلما وصل الكتاب امتثل مُتَولِّي بيت المقدس  ذلك، وذهب هو وطائفة من اليهود إلى المنزل الذي فيه عيسى، عليه السلام، وهو في جماعة من أصحابه، اثنا عشر أو ثلاثة عشر -وقيل: سبعة عشر نفرًا-وكان ذلك يوم الجمعة بعد العصر ليلة السبت، فحصروه هنالك. فلما أحس بهم وأنه لا محالة من دخولهم عليه، أو خروجه عليهم قال لأصحابه: أيكم يُلْقَى عليه شبهي، وهو رفيقي في الجنة؟ فانتَدَب لذلك شاب منهم، فكأنه استصغره عن ذلك، فأعادها ثانية وثالثة وكل ذلك لا يَنْتَدبُ إلا ذلك الشاب -فقال: أنت هو-وألقى اللهُ عليه شبه عيسى، حتى كأنه هو، وفُتحَت رَوْزَنَة من سقف البيت، وأخذت عيسى عليه السلام سِنةٌ من النوم، فرفع إلى السماء وهو كذلك، كما قال [الله] (1) تعالى: { إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ [وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا]  } الآية [آل عمران: 55]. فلما رفع خرج أولئك النفر فلما رأى أولئك ذلك الشاب ظنوا أنه عيسى، فأخذوه في الليل وصلبوه، ووضعوا الشوك على رأسه، فأظهر اليهود أنهم سعوا في صلبه وتبجحوا بذلك، وسلم لهم طوائف من النصارى ذلك لجهلهم وقلة عقلهم، ما عدا من كان في البيت مع المسيح، فإنهم شاهدوا رفعه، وأما الباقون فإنهم ظنوا كما ظن اليهود أن المصلوب هو المسيح  ابن مريم، حتى ذكروا أن مريم جلست تحت ذلك المصلوب وبكت، ويقال: إنه خاطبها، والله أعلم.

Artinya:
Konon sebagian berita Yahudi yang mendapat laknat-laknat, kemurkaan dan kebencian Allah: Sungguh ketika Allah mengutus Isa bin Maryam agar menyampaikan penjelasan dan petunjuk; mereka justru dengki atas anugrah yang telah Allah berikan padanya berbentuk kenabiyan dan mukjizat yang nyata: bisa menyembuhkan orang buta, orang belang, menghidupkan orang-orang mati dengan idzin Allah. Dia juga bisa membuat burung dari tanah yang setelah ditiup maka bisa terbang dengan disaksikan (orang banyak) dengan idzin Allah azza wajalla.
Akhirnya mereka juga menyaksikan mukjizat berjumlah banyak sebagai karamah Allah padanya yang dialirkan melalui dua tangannya. Karena itulah mereka mendustakan dan menyelisihi dan mengganggu dia di semua wilayah yang mereka tempati. Hingga akhirnya Nabiyyullah ‘Isa AS tidak mau bertempat tinggal bersama mereka di dalam satu kota. Bahkan ‘Isa dan ibunya AS sering-kali mengembara.
Walau begitu mereka belum juga puas, hingga akhirnya mereka bergegas menuju raja Dimasyqa (Damaskus) yang hidup di zaman itu. Dialah lelaki musyrik penyembah bintang-bintang; saat itu pemeluk agama dia disebut “Al-Yunan,” yakni beragama (model) Yunani.
Mereka melaporkan “Sungguh di Baitil-Maqdis ada lelaki yang suka membuat kerusakan dan menyesatkan di pertengahan masyarakat; sejumlah pejabat kerajaan juga dibuat resah."
Sontak sang raja marah karena laporan tersebut, dia perintah bawahannya yang berada di Al-Quds, agar mengepung dan menyalib, lalu memberi duri di atas kepala lelaki tersebut, agar tidak mengganggu lagi pada masyarakat.
Setelah surat perintah sampai ke tangan wali tersebut, dia segera melaksanakannya. Dia dan sekelompok Yahudi mendatangi rumah yang ditempati ‘Isa AS; saat itu ‘Isa AS bersama para sahabatnya berjumlah 12 atau 13. “Tujuhbelas,” kata sebuah sumber.
Saat itu hari Jumat sore badal-ashr malam Sabtu. Di sanalah mereka mengepung beliau.
Ketika telah menyadari mereka mengepung, dan pasti akan segera memasuki rumah tersebut, atau dia harus keluar menghadapi mereka, ‘Isa AS bersabda “Mana di antara kalian yang sanggup dibuat serupa diriku sementara pahalanya menjadi orang yang sederajat diriku di dalam surga?.”
Seorang pemuda di antara mereka bergegas menyanggupinya; namun sepertinya ‘Isa AS sungguh-sungguh menganggap dia terlalu kecil. ‘Isa mengulangi tawarannya dua atau tiga kali; namun yang menyanggupinya dari mereka juga hanya lelaki muda tersebut.
Tak lama kemudian dia bersabda “Engkaulah yang terpilih,”; Allah-pun meletakkan kemiripan-‘Isa padanya, hingga dia sungguh-sungguh mirip dengan ‘Isa AS. (رَوْزَنَة) Lobang di bawah atap di sisi atas rumah dibuka; rasa mengantuk menyerang ‘Isa AS, selanjutnya dia AS diangkat ke langit dalam keadaan demikian itu, sebagaimana Allah Ta’ala telah berfirman “{ إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ [وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا] } الآية [آل عمران: 55].”
Ketika dia AS telah diangkat ke langit; jamaah yang berada di dalam rumah keluar.
Mereka menyangka pemuda tersebut adalah ‘Isa AS. Sontak mereka menangkap dan menyalib dia di malam itu juga, selanjutnya mereka meletakkan duri di atas kepalanya.
Akhirnya kaum Yahudi menyatakan dengan bangga bahwa merekalah yang benar-benar telah bergegas menyalibnya. Beberapa golongan Nashrani juga menerima pernyataan tersebut karena bodoh dan sedikitnya akal mereka. Kecuali mereka yang berada di dalam rumah bersam ‘Isa AS, karena mereka menyaksikan pengangkatan tersebut. Adapun yang lainnya berprasangka seperti kaum Yahudi ‘yang disalib adalah Isa bin Maryam AS, bahkan hingga akhirnya mereka menjelaskan ‘sungguh Maryam telah duduk dan menangis di bawah orang yang disalib tersebut’. Bahkan ada yang berkata “Yang disalib tersebut berkata  pada Maryam,”; sementara Allah yang lebih tahu.

Mengenai ucapan Qatadah menurut Al-Khazin: قال قتادة إن أعداء الله اليهود زعموا انهم قتلوا عيسى وأصلبوه وذكر لنا أن نبي الله عيسى بن مريم عليه السلام قال لأصحابه أيكم يقذف عليه شبهي وله الجنة فانه مقتول فقال وجل منهم حبسوا عيسى في بيت وجعلوا عليه رقيباً يحفظه فألقى الله شبه عيسى على ذلك للرقيب فأخذ فقتل وصلب فرفع الله عز وجل عيسى في ذلك الوقت

Artinya:
Qatadah berkata “Sungguh Yahudi musuh-musuh Allah telah menyangka bahwa mereka telah membunuh dan menyalib ‘Isa AS.” Dijelaskan pada kami “Sungguh Nabiyyullah ‘Isa AS bersabda pada sahabat-sahabatnya ‘mana di antara kalian yang sanggup dibuat serupa diriku; sementara imbalannya surga; namun sungguh dia akan dibunuh’.”
Seorang lelaki dari mereka memberitakan “Mereka menahan ‘Isa di dalam rumah dan menugaskan seorang yang menjaganya. Namun Allah meletakkan kemiripan-‘Isa AS pada penjaga tersebut. Akhirnya dia ditangkap dan disalib; sementara Allah azza wajalla saat itu mengangkat 'Isa AS.”

0 komentar:

Posting Komentar