SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/04/12

PS 105: Pembebasan Syam





Kuda pasukan Muslimiin dipacu agar berlari kencang menuju pintu-pintu gerbang kota.
Sekelompok pasukan Muslimiin lainnya menyerbu Harbis dan pasukannya yang sangat sombong. Serangan yang bertubi-tubi ganas sekali menewaskan pasukan elit pengawal Raja Harbis. Dari 5.000 pasukan Harbis yang masih hidup, hanya sekitar 100 orang. Lainnya roboh dan tewas. 

Pasukan Chimsh yang tewas bertambah terus. Korban berjatuhan paling banyak, di sekitar pintu-pintu gerbang. Yang masih hidup kabur untuk menyelamatkan diri. 

Penduduk Awashim dan lainnya yang mengungsi di kota itu, hanya berada di dalam beteng. Takut menghadapi serangan Muslimiin. Jumlah korban pasukan Chimsh yang tewas bertambah terus.

Sa’id bin Zaid (سعيد بن زيد) yang mengikuti peperangan itu berkata, “Jumlah mereka yang tewas 5.006 orang, yang luka berat dan yang ditawan, tidak dihitung.”

Sa’id mendekat untuk berkata pada Abu Ubaidah, “Yang mulia! Jumlah musuh yang tewas 5.006 orang, yang tertawan dan menderita luka, tidak dihitung.”
Abu Ubaidah berkata, “Ya Sa’id! Ini berita gembira. Apa sudah kau cek Bathriq Harbis tewas apa tidak?.”
Sa’id menjawab, “Kalaupun tewas yang membunuh saya sendiri.”
Abu Ubaidah bertanya, “Betulkah?.”
Sa’id menjawab, “Yang pasti saya telah melihat orang tinggi besar naik kuda berkulit agak merah, membawa pedang berbaju perang, dikawal oleh pasukan berjumlah banyak. Saya mendekat dan berdoa ‘ya Allah, hamba mengajukan Kemampun-Mu di depan kemampun hamba, dan KemenanganMu atas kemenangan hamba. Ya Allah! Pastikan tewas dia di tangan hamba, agar hamba mendapat pahala membunuh dia'." [1]
Abu Ubaidah bertanya, “Apa lucutan dia telah kau ambil? Hai Sa’id?.”
Sa’id menjawab, “Belum. Tetapi dia telah saya beri tanda dengan anak panah yang saya tancapkan pada jantungya. Saya juga melumpuhkan kawan-kawan orang yang loncat dari kuda. Lalu dia yang Yahudi itu, saya kejar untuk saya tebas dengan pedang. Pedang saya hanya merobek sarungnya, tetapi anak panah saya menembus dadanya.”  
Abu Ubaidah perintah, “Carilah Harbis! Semoga Allah menyayang kalian. Berikanlah lucutannya pada Sa’id ini!.”
Pasukan Muslimiin mencari jasad Harbis. Lalu memberikan lucutannya pada Sa’id.

Peperangan telah berakhir. Pasukan Muslimiin mengumpulkan lucutan, perisai, dan kuda. Semua dikumpulkan di hadapan Abu Ubaidah RA. Yang seperlima diberikan pada Baitul-Mal, sisanya dibagi untuk semua pasukan.

Di kota Chimsh, banyak sekali orang menangis histeris dan berteriak-berteriak. Kekasih dan keluarga mereka tewas dan kota mereka dikuasai oleh pasukan Muslimiin. Dengan sedih, orang-orang tua dan tokoh-tokoh kota Chimsh (حمص) berkumpul di biara. Untuk membicarakan kebijakan, bersama para ulama (qasus/القَسُوس) dan para rahib (ruhban/الرُّهْبَانُ) Nashrani. Dalam musyawarah itu diputuskan bahwa ‘kota Chimsh’ akan segera diserahkan pada pasukan Muslimiin.

Rombongan terdiri dari ulama dan pejabat tinggi Nashrani mengahadap Abu Ubaidah, untuk meyerahkan kota Chimsh, dan menyatakan sanggup menjadi Dzimi (Dzimah). Abu Ubaidah menerima kota dan penyerahan-diri penduduk Chimsh. “Tetapi saya tidak mau masuk kota ini, sehingga tahu pasti bagaimana keadaan Raja Hiraqla,” kata Abu Ubaidah.

Sejumlah pejabat Chimsh memohon diperkenankan Memuliakan Pasukan Muslimiin di dalam kota, namun Abu Ubaidah menolak permohonan. Tak ada seorang pun dari pasukan Muslimiin yang masuk kota itu, kecuali setelah Perang Yarmuk usai. Tujuannya agar hubungan baik dengan kaum Chimsh ‘berjalan’ alami, dan agar mereka tahu bahwa Islam mengajarkan keadilan, sehingga hubungan menjadi lebih indah.

An-Najar (النجار) tergolong veteran Perang Chimsh yang bergabung dalam Penaklukan Kota-Kota Syam, menjelaskan:
“Setelah raja Chims bernama Harbis tewas dan penduduknya telah menyerahkan kota pada pasukan Muslimiin, penduduk Chimsh keluar kota mencari keluarga mereka yang tewas untuk dikuburkan.
Pasukan Muslimiin kehilangan sejumlah sahabat Rasulillah SAW yang gugur sebagai Syuhada. Mereka hanya menemukan 235 mayat dari pasukan Chimyar (حمير) dan Hamdan (همدان).
Pasukan dari Makkah yang gugur 30 orang. Di antara mereka yang terpenting:
1.     Tokoh besar mereka, Ikrimah bin Abi Jahl (عكرمة بن أبي جهل).
2.     Shobir bin Jari (صابر بن جرىء).
3.     Ris bin Uqail (الريس بن عقيل).
4.     Marwan bin Amir (مروان بن عامر).
5.     Minhal bin Amir (المنهال بن عامر).
6.     Anak paman Abbas RA (ابن عم العباس).
7.     Jamch bin Qadim (جمح بن قادم).
8.     Jabir bin Khuwailid (جابر بن خويلد).
Delapan tokoh ini, yang menggerakkan 30 pasukan.
Selain mereka, pasukan dari Yaman, Hamdan, dan lain-lain.”





In syaa Allah bersambung.



[1] Dalam naskah aslinya dijelaskan ‘doa Sa’id bin Zaid’: فتوح الشام - (1 / 147)
اللهم إني اقدم قدرتك على قدرتي وغلبتك على غلبتي اللهم اجعل قتله على يدي وارزقني اجره

0 komentar:

Posting Komentar