Israk wa Mikraj
Dunia indah menawan, bagi yang berkehidupan mapan, oleh Arrohman, seperti Firaun dan yang sepadan. Jika memilih dunia
meninggalkan akhirat, tertipu.
Allah berfirman, “Dunia telah
dihias-hiaskan untuk kaum yang telah kafir. Mereka menghina
sebagian kaum yang telah beriman. Padahal di hari kiamat nanti, kaum yang telah bertaqwa, (jauh) di atas mereka. Allah memberi rizqi orang yang Dia
kehendaki dengan tanpa hisab (perhitungan).” [1]
Ibnu Jarir Atthabari (الطبري) (ilmuan besar dalam bidang Tafsir), pernah
menyampaikan Cerita Islami, “Ketika Israk, sebelum Mikraj, Nabi SAW dijumpai oleh seorang wanita (jelita).” Yang
mengenakan segala macam perhiasan indah menawan:
Abu Said Al-Khudri berkata, “Maha Suci yang telah membuat HambaNya 'berjalan' dari
Masjidil-Haram menuju Masjidil-Aqsha. Mengenai Ketika Diisrakkan, Nabi SAW pernah bercerita pada saya, ‘Saya diberi kendaraan yang lebih miripnya
binatang adalah keledai (bagal). Kendaraan bertelinga panjang menjuntai itu
bernama Buraq, yang pernah dikendarai oleh nabi-nabi sebelumku AS. Dia saya kendarai untuk israk (dibawa
dalam perjalanan malam, oleh Allah). Langkah kaki depannya mencapai ujung pandanganya’.
Tiba-tiba saya mendengar seruan dari
kanan saya ‘ya Muhammad! Berhenti! Saya akan bertanya!’ Namun saya
berjalan terus, tidak berhenti.
Saya mendengar seruan dari kiri saya
‘ya Muhammad! Berhenti! Saya akan bertanya!’ Namun saya
berjalan terus, tidak berhenti.
Saya berpapasan wanita (jelita) di
jalan, yang mengenakan segala perhiasan dunia. Dia mengangkat tangan sambil
menyeru ‘ya Muhammad! Berhenti! Saya akan bertanya!’ Namun saya
berjalan terus, tidak berhenti.
Saya datang ke Baitul-Maqdis
atau Masjidil-Aqsha. Saya turun untuk menambatkan kendaraan, pada lingkaran-pegangan pintu, yang pernah
dipergunakan menambatkan kendaraan, oleh nabi-nabi AS (sebelum
saya).
Saya memasuki Masjid, untuk melakukan shalat di dalamnya.
Jibril AS
berkata pada saya ‘apa yang telah kau saksikan dalam perjalanan?’.
Saya
menjawab ‘saya telah mendengar seruan’ dari sebelah kanan: ‘Ya Muhammad, berhenti! Saya akan bertanya!’ Namun saya berjalan terus, tidak
berhenti. Jibril berkata ‘itu dai (pendakwah) Yahudi! Ingat! Kalau kau tadi berhenti! Niscaya umatmu
beragama Yahudi’.
Saya berkata
‘saya mendengar seruan dari sebelah kiri saya: ‘Ya Muhammad! Berhenti! Saya
akan bertanya!’ Namun saya berjalan terus, tidak berhenti.
Jibril menjawab
‘itu dai Nashrani! Ingat! Kalau kau tadi berhenti! Niscaya umatmu
beragama Nashrani’.
Saya berkata
‘lalu saya berpapasan wanita (menawan) mengenakan segala perhiasan dunia,
sambil mengangkat tangan dan berkata: ‘Ya Muhammad! Berhenti! Saya akan
bertanya!’ Namun saya berjalan terus, tidak berhenti.
Jibril menjawab ‘itu dunia yang bersolek untukmu! Ingat! Kalau kau tadi
berhenti, niscaya umatmu memilih dunia mengalahkan akhirat’.
Saya diberi dua wadah; yang satu
berisi susu; yang lain berisi arak. Ada yang mempersilahkan padaku ‘minumlah
terserah kau’. Namun saya mengambil susu
untuk saya minum. Jibril berkata ‘kau telah meraih fitrah’
atau ‘kau talah mengambil fitrah
(agama yang sesuai dengan kebutuhan
manusia)’.” [2]
Kesimpulan: Dalam beragama ini, kita ini dipengaruhi oleh syaitan melaui tiga arah:
1. Kaum Yahudi.
2. Kaum Nashrani.
3. Dan kehidupan duniawi.
Semoga Cerita Islami berikutnya lebih bermanfaat.
Alloohumma aamiiiin.
[1] زُيِّنَ
لِلَّذِينَ كَفَرُوا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَيَسْخَرُونَ مِنَ الَّذِينَ آَمَنُوا
وَالَّذِينَ اتَّقَوْا فَوْقَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَنْ
يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ [البقرة/212].
حدثنا محمد بن
عبد الأعلى، قال: ثنا محمد بن ثور، عن معمر، عن أبي هارون العبدي، عن أبي سعيد الخدري؛
وحدثني الحسن بن يحيى، قال: أخبرنا عبد الرزاق، قال: ثنا معمر، قال: أخبرنا أبو هارون
العبدي، عن أبي سعيد الخدري، واللفظ لحديث الحسن بن يحيى، في قوله (سُبْحَانَ الَّذِي
أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى)
قال: ثنا النبيّ صلى الله عليه وسلم عن ليلة أُسري به فقال نبيّ الله: "أُتِيتُ
بِدَابَّة هي أَشْبَهُ الدَّوَاب بالبَغْلِ، لَهُ أذُنانِ مُضّطَرِبَتان وَهُوَ البُرَاقُ،
وَهُوَ الَّذِي كانَ تَرْكَبُهُ الأنَبْيِاءُ قَبْلِي، فَرَكِبْتُهُ، فانْطَلَقَ بِي
يَضَعُ يَدَهُ عِنْدَ مُنْتَهَى بَصَرِه، فَسَمِعْتُ نِدَاءً عَنْ يَمِينِي: يا مُحَمَّد
عَلى رِسْلِك أسألْكَ، فَمَضَيْتُ ولَمْ أُعَرِّجْ عَلَيْهِ؛ ثُمَّ سَمِعْتُ نِدَاءً
عَنْ شمِالي: يا مُحَمَّد عَلى رِسْلِك أسألْكَ، فَمَضَيْتُ ولَمْ أُعَرِّجْ عَلَيْهِ؛
ثُمَّ اسْتَقْبَلْتُ امْرَأةً فِي الطَّرِيقِ، فَرأيْتُ عَلَيْها مِنْ كُلّ زِينَةٍ
مِنْ زِينَةِ الدُّنْيَا رَافعَةً يَدَها، تَقُولُ: يا مُحَمَّدُ على رِسْلِكَ أسألْكَ،
فَمَضَيْتُ ولَمْ أُعَرِّجْ عَلَيْهَا، ثُمَّ أتَيْتُ بَيْتَ المَقْدِسِ، أوْ قالَ
المَسْجِدَ الأقْصَى، فَنزلْتُ عَنِ الدَّابَّةِ فَأوْثقْتُها بالحَلْقَة التي كانَت
الأنْبِياءُ تُوثِقُ بِها، ثُمَّ دَخَلْتُ المَسْجِدَ فَصَلَّيْتُ فِيهِ، فقالَ لي
جَبْرَئِيل: ماذَا رأيْتَ فِي وَجْهِكَ، فَقُلْتُ: سَمِعْتُ نِدَاءً عَنْ يَمِينِي
أنْ يا مُحَمَّدُ عَلى رِسْلِكَ أسألْكَ، فَمَضَيْتُ ولَمْ أُعَرِّجْ عَلَيْهِ، قالَ:
ذاكَ دَاعِيَ اليَهُود، أما لَو أنَّك وَقَفْتَ عليه لتهودت أُمَّتُكَ، قال: ثُمَّ
سَمِعْتُ ندَاءً عَنْ يَسارِي أنْ يا مُحَمَّدُ عَلى رِسْلِكَ أسألْكَ، فَمَضَيْتُ
وَلَمْ أُعَرِّجْ عَلَيْهِ، قالَ: ذَاكَ داعي النَّصَارَى، أمَا إِنَّكَ لَوْ وَقَفْتَ
عَلَيْهِ لَتَنَصَّرَتْ أُمَّتُكَ، قُلْتُ: ثُمَّ اسْتَقْبَلَتْنِي امْرأةٌ عَلَيْها
مِنْ كُلّ زِينَةٍ مِنْ زِينَةِ الدُّنْيَا رَافِعَةً يَدَها تَقُولُ عَلى رِسْلِكَ،
أسألْكَ، فَمَضَيْتُ ولَمْ أُعَرِّجْ عَلَيْهَا، قال: تِلْكَ الدُّنْيا تَزَيَّنَتْ
لَكَ، أمَا إنَّكَ لَوْ وَقَفْتَ عَلَيْها لاخْتارَتْ أُمَّتُكَ الدُّنْيا على الآخِرَةِ،
ثُمَّ أُتِيتُ بإناءَيْنِ أحَدُهُما فِيهِ لبَنٌ، والآخرُ فيه خَمْرٌ، فَقِيلَ لي:
اشْرَبْ أيَّهُما شِئْتَ، فَأخَذْتُ اللَّبَنَ فَشَرِبْتُهُ، قال: أصَبْتَ الفِطْرَةَ
أوْ قالَ: أخَذْتَ الفِطْرَةَ".
Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi
Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi
0 komentar:
Posting Komentar