SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/11/20

Pengalaman Menarik Murid Azzuhri



Muhammad bin Ukasyah seorang alim dalam bidang Hadits. Murid Kirmani murid Azzuhri ini, memiliki pengalaman unik. Penulis mengartikan Kisah Unik beliau, sekedar agar pembaca tahu, sebagai perlengkapan khazanah ilmu: التنبيه والرد على أهل الأهواء والبدع (ص: 15)
قَالَ مُحَمَّد بن عكاشة رَحمَه الله أَخْبرنِي مُعَاوِيَة بن حَمَّاد الْكرْمَانِي عَن الزُّهْرِيّ قَالَ من اغْتسل لَيْلَة الْجُمُعَة وَصلى رَكْعَتَيْنِ يقْرَأ فيهمَا {قل هُوَ الله أحد} ألف مرّة رأى النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي مَنَامه قَالَ مُحَمَّد بن عكاشة قدمت عَلَيْهِ كل لَيْلَة جُمُعَة أصلى الرَّكْعَتَيْنِ أَقرَأ فيهمَا {قل هُوَ الله أحد} ألف مرّة طَمَعا أَن ارى النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي مَنَامِي فَأَعْرض عَلَيْهِ هَذِه الْأُصُول فَأَتَت على لَيْلَة بَارِدَة فاغتسلت وَصليت رَكْعَتَيْنِ ثمَّ اخذت مضجعي فَأَصَابَنِي حلم فَقُمْت ثَانِيَة فاغتسلت وَصليت رَكْعَتَيْنِ وفرغت مِنْهُمَا قَرِيبا من الْفجْر فاستندت إِلَى الْحَائِط ووجهي إِلَى الْقبْلَة إِذْ دخل على النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم وَوَجهه كَالْقَمَرِ لَيْلَة الْبَدْر وعنقه كإبريق فضَّة فِيهِ قضبان الذَّهَب على النَّعْت وَالصّفة وَعَلِيهِ بردتان من هَذِه البرود اليمانية قد اتزر بِوَاحِدَة وارتدى بِأُخْرَى فجَاء واستوفز على رجله الْيُمْنَى وَأقَام الْيُسْرَى فَأَرَدْت أَن أَقُول حياك الله فبادرني وَقَالَ حياك الله وَكنت أحب أَن أرى رباعيته الْمَكْسُورَة فَتَبَسَّمَ فَنَظَرت إِلَى رباعيته فَقلت يَا رَسُول الله إِن الْفُقَهَاء وَالْعُلَمَاء قد اخْتلفُوا على وَعِنْدِي أصُول من السّنة اعرضها عَلَيْك فَقَالَ نعم فَقلت
الرِّضَا بِقَضَاء الله وَالتَّسْلِيم لأمر الله وَالصَّبْر على حكم الله وَالْأَخْذ بِمَا أَمر الله وَالنَّهْي عَمَّا نهى الله عَنهُ وَالْإِخْلَاص بِالْعَمَلِ لله وَالْإِيمَان بِالْقدرِ خَيره وشره من الله وَترك المراء والجدال والخصومات فِي الدّين وَالْمسح على الْخُفَّيْنِ وَالْجهَاد مَعَ أهل الْقبْلَة وَالصَّلَاة على من مَاتَ من أهل الْقبْلَة سنة وَالْإِيمَان يزِيد وَينْقص قَول وَعمل وَالْقُرْآن كَلَام الله وَالصَّبْر تَحت لِوَاء السُّلْطَان على مَا كَانَ فِيهِ من جور وَعدل وَلَا يخرج على الامراء بِالسَّيْفِ وَإِن جاروا وَلَا ينزل أحد من أهل التَّوْحِيد جنَّة وَلَا نَارا وَلَا يكفر أحد من أهل التَّوْحِيد بذنب وان عمِلُوا الْكَبَائِر والكف عَن أَصْحَاب مُحَمَّد صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فَلَمَّا أتيت والكف عَن أَصْحَاب مُحَمَّد صلى الله عَلَيْهِ وَسلم بَكَى حَتَّى علا صَوته وَأفضل النَّاس بعد رَسُول صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَبُو بكر ثمَّ عمر ثمَّ عُثْمَان ثمَّ عَليّ قَالَ مُحَمَّد بن عكاشة فَقلت فِي نَفسِي فِي عَليّ ابْن عَمه وَخَتنه فَتَبَسَّمَ عَلَيْهِ السَّلَام كَأَنَّهُ قد علم مَا فِي نَفسِي قَالَ مُحَمَّد فدمت ثَلَاث لَيَال مُتَوَالِيَات أعرض عَلَيْهِ هَذِه الْأُصُول كل ذَلِك أَقف عِنْد عُثْمَان وَعلي فَيَقُول لي عَلَيْهِ السَّلَام ثمَّ عُثْمَان ثمَّ عَليّ ثمَّ عُثْمَان ثمَّ عَليّ ثَلَاث مَرَّات قَالَ وَكنت أعرض عَلَيْهِ هَذِه الْأُصُول وَعَيناهُ تهملان بالدموع قَالَ فَوجدت حلاوة فِي قلبِي وفمي فَمَكثت ثَمَانِيَة أَيَّام لَا آكل طَعَاما وَلَا أشْرب شرابًا حَتَّى ضعفت عَن صَلَاة الْفَرِيضَة فَلَمَّا أكلت ذهبت تِلْكَ الْحَلَاوَة واللذة وَالله شَاهد على وَكفى بِاللَّه شَهِيدا.

Artinya:
Semoga Muhammad bin Ukasyah disayang oleh Allah. Beliau berkata ‘Muawiyah bin Hammad Al-Kirmani murid Azzuhri’, pernah mengkhabarkan pada saya, “Azzuhri pernah berkata:
‘Barangsiapa mandi di hari Jumah, dan shalat dua rakaat’. Dalam dua rakaat tersebut membaca ‘Qul Huwallahu Ahad’ seribu kali; maka di dalam tidurnya, dia melihat Nabi SAW.”
Saya datang ke rumah beliau pada tiap malam Jumat. Untuk melakukan shalat dua rakaat. Dalam dua rakaat itu saya membaca ‘Qul Huwallahu Ahad’ seribu kali. Dengan harapan di waktu tidur, saya melihat nabi SAW. Rencana saya akan konsultasi mengenai ‘Usul Sunnah’ (yang saya susun).
Malam yang dingin datang; saya mandi dan shalat dua rakaat. Setelah tidur, saya bermimpi. Saya bangun lagi untuk mandi dan shalat dua rakaat. Hampir fajar, shalat dua rakaat baru selesai. Saya bersandar dinding, wajah saya menghadap qiblat. Tiba-tiba nabi SAW masuk ke ruangan saya. Wajahnya tampan bagai bulan purnama. Berleher indah bagaikan ibriq (leher teko), (dan seterusnya). Dua kain made in Yaman, dikenakan sebagai sarung dan sebagai selendang. Berdiri dengan kaki kiri; kaki kanannya diangkat.
Ketika saya akan mengucapkan, “Semoga Allah menghormat Baginda”; beliau mendahului bersabda, “Semoga Allah menghormat kau.”
Saya ingin menyaksikan gigi serinya SAW yang patah; tiba-tiba beliau tersenyum, hingga saya melihat gigi seri yang patah.
Saya berkata, “Ya Rasulallah! Sungguh para fuqaha dan ulama telah berselisih faham pada saya. Saya membuat catatan Usul Sunnah yang akan saya tunjukkan pada Baginda.”
Beliau bersabda, “Silahkan!.”
Saya berkata, “Susunan kitab saya terdiri:
·        Ridho pada ketentuan Allah.
·        Menyerah pada Perkara Allah.
·        Bersabar pada Hukum Allah.
·        Mengamalkan Perintah Allah.
·        Menjauhi Larangan Allah.
·        Beramal dengan ikhlas (untuk Allah).
·        Iman pada qodar baik dan qodar jelek.
·        Mengapus keraguan dalam agama.
·        Menghindari perdebatan agama.
·        Menghindari pertikaian karena agama.
·        Mengusap dua muzah dalam wudhu.
·        Jihad bersama yang qiblatnya sefaham.
·        Shalat jenazah.
·        Bertambah dan berkurangnya iman.
·        Mengucapkan dan mengamalkan iman.
·        Al-Qur’an Kalamullah.
·        Bersabar dibawah bendera Sultan bengkok dan adil.
·        Tidak boleh memerangi umara dengan pedang.
·        Jangan memastika sorga atau neraka, pada seorang.
·        Ahli tauhid yang berdosa, jangan dikatakan ‘kafir’.
·        Jangan menggunjing para sahabat Muhammad SAW. [1]
·        Lebih utama manusia setelah Rasulillah; Abu Bakr, Umar, Utsman, Ali RA’.”

Ketika saya menyebut Ali putra paman dan menantunya; beliau SAW tersenyum. Sepertinya tahu isi perasaan saya. 
Saya mengamalkan amalan ini selama tiga malam berturut-turut. Selama itu saya menunjukkan kitab Usul Sunnah susunan saya. Tiap saya terlambat mengucapkan ‘Utsman dan ‘Ali; beliau bersabda ‘Lalu ‘Utsman lalu ‘Ali’ 3X.
Di saat saya menunjukkan kitab Usul ini; dua mata beliau berlinang. Perasaan dan mulut saya merasakan manis. Hingga tiga hari saya tidak makan dan tidak minum. Hingga ketika saya melakukan shalat wajib, terasa lemah. Setelah makan, rasa manis dan nikmat tersebut hilang. Saksi dari kejadian ini, Allah. Cukuplah Allah sebagai Saksi.


[1] Ketika dia membaca ‘Jangan menggunjing para sahabat Muhammad SAW’ nabi menangis dengan suara keras.

0 komentar:

Posting Komentar