Mushthalah ialah ilmu mengenai hal-ihwal Hadits
secara rinci. Sekitar 13 tahun yang lalu, penulis sering mendengar KH Su’udi
Ridhwan, membahas ‘ilmu ini’ bersama KH Kasmudi dan lainnya, di Daengan
Yogyakarta.
Muhadditsin salaf yang jago mengenai ‘mushthalah’
banyak. Paling menonjol adalah Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan banyak lagi.
Kelebihan kitab Abu Dawud, dalam ‘mushthalahnya’.
Penulis menunjukkan contoh bahasan ‘mushthalah’ Abu Dawud: سنن أبي داود (3/ 233)
Kelebihan kitab Abu Dawud, dalam ‘mushthalahnya’.
Penulis menunjukkan contoh bahasan ‘mushthalah’ Abu Dawud: سنن أبي داود (3/ 233)
3292
- حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرْوَزِيُّ،
حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي أُوَيْسٍ، عَنْ
سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي عَتيِقٍ، وَمُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنِ
ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ أَرْقَمَ، أَنَّ يَحْيَى بْنَ أَبِي كَثِيرٍ،
أَخْبَرَهُ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا نَذْرَ فِي مَعْصِيَةٍ،
وَكَفَّارَتُهُ كَفَّارَةُ يَمِينٍ» ، قَالَ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرْوَزِيُّ،
إِنَّمَا الْحَدِيثُ حَدِيثُ عَلِيِّ بْنِ الْمُبَارَكِ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ،
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَادَ أَنَّ سُلَيْمَانَ بْنَ أَرْقَمَ
وَهِمَ فِيهِ وَحَمَلَهُ عَنْهُ الزُّهْرِيُّ، وَأَرْسَلَهُ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ
عَائِشَةَ رَحِمَهَا اللَّهُ، قَالَ أَبُو دَاوُدَ: رَوَى بَقِيَّةُ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ،
عَنْ يَحْيَى، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الزُّبَيْرِ، بِإِسْنَادِ عَلِيِّ بْنِ الْمُبَارَكِ،
مِثْلَهُ
__________
[حكم
الألباني] : صحيح لغيره.
Arti
(selain isnad)nya:
Rasulullah
SAW bersabda, “Tiada nadzar untuk maksiat. Kafarahnya; kafarah sumpah.”
Ahmad
bin Muhammad Al-Marwazi berkata, “Sungguh yang benar, ini Hadits Ali bin
Al-Mubarak, dari Yahya bin Abi Katsir, dari Muhammad bin Azzubair, dari
ayahnya, dari Imran bin Chushain RA, dari nabi SAW.
Maksud
Ahmad bin Muhammad Al-Marwazi, “Sungguh Sulaiman bin Arqam ‘telah salah’ dalam (penyampaian)
Hadits tersebut. Namun Azzuhri membawa Hadits dari Sulaiman bin Arqam tersebut.
Azzuhri telah memursalkan Hadits ini ‘dari Abi Salamah, dari Aisyah RA’.”
Abu
Dawud berkata, “Baqiyah telah meriwayatkan dari Al-Auza’i, dari Yahya, dari
Muhammad bin Azzubair, dengan isnad Ali bin Al-Mubarak; semisal Hadits Ayub bin
Sulaiman.”
Albani menghukumi Hadits ini ‘shahih lighoirih’.
0 komentar:
Posting Komentar