SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/02/26

PS 79: Pembebasan Syam





Abu Ubaidah terkejut oleh datangnya seorang bathriq, membawa barang-barang berharga, berjumlah banyak. Bathriq mengajukan ‘permohonan damai’ untuk dirinya dan kaumnya, selama setahun penuh, agar tidak diserang.
Bathriq berkata, “Kalau kalian mampu menduduki kota Ba’labak, kami akan bergabung pada kalian, bahkan segala keinginan kalian akan kami laksanakan.”
Abu Ubaidah mengabulkan permohonan dengan syarat, bathriq menyerahkan uang 4.000 dirham, dan 50 kain sutra Dibaj.

Setelah urusan selesai, Abu Ubaidah membawa pasukan menuju Ba’labak (Balbek). Hanya, sebelum dia meninggalkan jauh dari Labwah, tiba-tiba muncul pasukan yang ternyata Usamah bin Zaid At-To’i.
Abu Ubaidah bertnya, “Hai Usamah! Kau datang dari mana?.”
Usamah menjawab, “Dari Madinah” Sambil memberikan surat dari Umar bin Al-Khatthab. Setelah surat dibuka, di dalamnya tertulis:

لا إله إلا الله محمد رسول الله بسم الله الرحمن الرحيم
Dari Hamba Allah: Umar Amirul Mu’miniin untuk Kepercayaan Umat
سلام عليك
Sungguh saya memuji Allah satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Saya mendoakan sholawat untuk Nabi-Nya, Muhmmad. Ammaa ba’d:
Ketentuan dan Kodrat Allah, takkan dapat dihalang-halangi. Yang di Lauchil-Machfuzh  tertulis sebagai ‘orang kafir’ pasti takkan beriman. Raja Jabalah bin Al-Aiham Al-Ghassani bersama anak-anak pamannya, dan sejumlah tokoh masyarakat, telah datang padaku. Mereka telah saya beri tempat yang layak, dan saya muliakan sebagai tamu. Saya berbahagia karena ‘mereka masuk Islam’. Karena dengan mereka saya berharap, ‘Allah akan memperkuat’ Islam. Mengenai barang ghoib memang saya tidak tahu. Saya telah melakukan perjalanan menuju Makkah yang dijaga dan dimuliakan oleh Allah, untuk mengamalkan haji.
Jabalah melakukan thowaf di Baitillah. Tiba-tiba ada lelaki dari Fazaroh yang menginjak hingga kain Jabalah lepas dari pundaknya. Dia menoleh  dan marah, “Celaka kau! Membuat kainku lepas di Tanah Haram Allah Ta’ala!.”
Dia menjawab, “Demi Allah saya tidak sengaja.”
Jabalah menghantam sekeras-kerasnya pada lelaki itu. Hidung lelaki berdarah, dan empat gigi serinya lepas. Lelaki itu datang padaku untuk melaporkan tindakan Jabalah. Saya perintah agar Jabalah dihadirkan, untuk ditanya, “Apa yang mendorong kau ‘memukul dan melepaskan’ empat gigi seri saudaramu, di dalam Islam? Hidungnya juga berdarah?.”
Dengan marah, Jabalah menjawab, “Dia telah menginjak hingga kainku lepas! Demi Allah kalau tidak di Tanah Haram Allah, dia telah saya bunuh.”
Saya bertanya, “Kau setuju nggak? Jika dia memaafkan kau? Atau kau harus dikisos?.”
Dia menjawab, “Bagaimana mungkin saya dikisos? Sedangkan saya raja; dia hanya rakyat jelata?.”
Saya menjawab, “Kau dan dia sama-sama telah di dalam wadah Islam, yang membuat kau mengungguli dia, hanya kalau ‘mau memaafkan’ dia.”
Raja Jabalah berkata, “Ketentuannya besok pagi, saya akan dikisos, apa nggak.”
Saya bertanya pada lelaki yang giginya lepas, “Bagaimana kalau besok pagi saja?.”
Dia menjawab, “Ya.”
Namun ternyata di malam itu, Jabalah dan keluarganya, meninggalkan Madinah menuju Syam, menghadap kalbutthogiyah (anjing berhala). [1]
Saya berharap semoga ‘Allah memberi kau kemampuan’ menangkap Jabalah. Oleh karena itu datanglah ke Himsh (Homs)! Jika penduduknya mengajukan perdamaian, terimalah! Namun jika membandel, perangilah! Tugas selain itu, utuslah orang untuk memata-matai penguasa Anthokiah! Dan waspadalah pada kaum Nashrani.”  
والسلام عليك ورحمة الله وعلى جميع المسلمين






Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia


[1] فتوح الشام (1/ 100)
فقلت للفزاري: اتتركه إلى غد قال: نعم فلما كان الليل ركب في بني عمه وتوجه إلى الشام إلى كلب الطاغية.

0 komentar:

Posting Komentar