SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/02/19

PS 69: Pembebasan Syam





Dalam kebahagiaan itulah, Khalid menulis surat untuk Abu Bakr As-Shiddiq RA. Dia tidak tahu bahwa sebetulnya Abu Bakr telah wafat. Abu Ubaidah sengaja tidak memberitakan bahwa ‘Abu Bakr telah wafat’. Khalid minta tinta dan lembaran (saat itu belum ditemukan kertas. Justru istilah kertas diambil dari lafal Al-Qur’an: (qirthos قِرْطَاسٍ).


بسم الله الرحمن الرحيم
Untuk Hamba Allah Khalifah Rasulillah SAW, dari bawahannya yang di kota Syam: Khalid bin Al-Walid
سلام عليك
Sungguh saya memuji Allah satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Saya juga membaca sholawat untuk Nabi-Nya; Muhammad SAW. Selain itu, kami telah bersiasat untuk menaklukkan kaum Damaskus (Dimasqa دمشق), hingga akhirnya Allah menurunkan Pertolongan, membinasakan Musuh-Nya, dan menaklukkan negeri itu melalui pintu gerbang timur, dengan lantaran pedang. Abu Ubaidah juga menyerang kota itu dari pintu gerbang Jabiyah, namun akhirnya dirayu oleh kaum Romawi untuk berdamai. Dia menghalang-halangi saya ‘menangkap dan membunuh kaum Romawi’. Pasukan saya dan pasukan dia bertemu di dekat Gereja Maryam. Saat itu, di depan dia, ada seorang alim Nashrani dan sejumlah rahib, yang membawa surat perjanjian damai. Setelah menyerahkan kota pada Abu Ubaidah, Tuma dan Harbis meninggalkan kota, membawa harta kekayaan dan perbekalan yang banyak sekali.
Saya mencari bersama pasukan, di mana mereka berada. Setelah terjadi pertempuran sengit, mereka kalah dan harta mereka kami ambil. Saya juga telah membunuh dua orang laknat itu, bahkan putri Raja Hiraqla saya tawan. Namun lalu saya kembalikan pada raja. Saya telah kembali lagi ke Damaskus dalam keadaan selamat. Perintah selanjutnya saya tunggu.

والسلام عليك وصلى الله على سيدنا محمد وعلى إله وصحبه وسلم



Khalid melipat lalu mengecap surat itu, lalu menyerahkan pada Abdullah bin Qurth (عبد الله بن قرط), agar dikirimkan ke Madinah.

Abdullah datang ke Madinah, untuk menyampaikan surat Khalid pada Abu Bakr. [1]

Ternyata Khlifah telah digantikan oleh Umar bin Al-Khatthab RA
Umar menerima surat berjudul: Dari Khalid untuk Khalifah Rasulillah SAW.
Dengan terkejut, Abdullah menjawab, “Tidak tahu, wahai Amiral mu’miniin.”
Umar berkata, “Sebetulnya saya telah memberi tahu Abu Ubaidah mengenai hal itu. Dia telah saya perintah agar memimpin kaum Muslimiin di sana, dan saya telah melepas jabatan Khalid. Saya tau pasti ‘Abu Ubaidah memang bukan orang’ yang berambisi menjadi pemimpin.”

Umar diam sejenak lalu membaca surat itu.
Umar yang dibai’at sebagai Khalifah dalam usia 52 tahun, di Masjid Nabawi itu, sangat berwibawa. Pembai’atan berlangsung dengan sangat agung, karena kaum Muslimiin yang menghadiri melaut.

A’isyah RA menyatakan, “Umar RA menjadi Khalifah, namun kehidupannya sangat sederhana. Dia RA benar-benar meninggalkan sifat mewah dan takabbur  (sombong).” 




In syaa Allah bersambung





Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia



[1] فتوح الشام (1/ 83)
قال الواقدي: ولقد بلغني أن خالدا رضي الله عنه لما رجع من غزوته ومسيره غانما ظن أن الخليفة أبا بكر الصديق رضي الله عنه حي لم يقبض فهم أن يكتب له كتابا بالفتح والبشارة وما غنم من الروم وابو عبيدة لا يخبره بذلك ولا يعلمه أن الخليفة عمر بن الخطاب رضي الله عنه فدعا خالد بدواة وبياض وكتب بسم الله الرحمن الرحيم لعبد الله خليفة رسول الله صلى الله عليه وسلم من عامله على الشام خالد بن الوليد اما بعد سلام عليك فاني أحمد الله الذي لا إله إلا هو واصلي على نبيه محمد صلى الله عليه وسلم ثم أنا لم نزل في مكايدة العدو على حرب دمشق حتى انزل الله علينا نصره وقهر عدوه وفتحت دمشق عنوة بالسيف من باب شرقي وكان أبو عبيدة على باب الجابية فخدعته الروم فصالحوه على الباب الأخر ومنعني أن اسبي واقتل ولقيناه على كنيسة يقال لها كنيسة مريم وامامه القسس والرهبان ومعهم كتاب الصلح وأن صهر الملك توما واخر يقال له هربيس: خرجا من المدينة بمال عظيم واحمال جسيمة فسرت خلفها في عساكر الزحف وانتزعت الغنيمة من ايديهما وقتلت الملعونين واسرت ابنة الملك هرقل ثم اهديتها إليه ورجعت سالما وأنا منتظر امرك والسلام عليك وصلى الله على سيدنا محمد وعلى إله وصحبه وسلم وطوى الكتاب وختمه بخاتمه ودعا برجل من العرب يقال له عبد الله بن قرط: فدفع إليه الكتاب وسار إلى مدينة رسول الله صلى الله عليه وسلم.

0 komentar:

Posting Komentar