SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/02/21

PS 71: Pembebasan Syam





Hiraqla mengundang dan memberikan sejumlah harta, pada lelaki Nashrani bernama Thali’ah bin Maran. Lalu perintah, “Pergilah sekarang juga, menuju Yastrib (Madinah)! Berusahalah dengan cermat! Agar bisa membunuh Umar bin Al-Khatthab!.”
Thali’ah menjawab, “Akan hamba laksanakan, wahai Raja yang mulia.”
Dengan kudanya, Thali’ah bergegas menuju Madinah, dengan penuh semangat.

Dia bersembunyi untuk mengintai Umar RA. Hatinya senang tapi berdebar-debar, karena berhasil melihat Umar sedang mengurusi kebutuhan anak-anak yatim, khususnya kebun mereka.

Thali’ah memanjat pohon tinggi berdaun lebat, agar bisa mengamati Umar dari atas. Jantung Thali’ah makin berdebar, karena Umar yang ditunggu-tunggu muncul, mendekati pohon yang dipanjat. Matanya terbelalak saat Umar terlentang berbantalan batu, hingga tidur pulas sekali.
Dia bergerak turun, untuk membunuh Umar. Tetapi terkejut oleh binatang-binatang buas yang muncul dari semak-semak. Matanya terbelalak dan hatinya semakin berdebar-debar, karena melihat binatang-binatang buas itu ‘menjilati telapak kaki’ Umar.
Bulu kuduknya berdiri karena terkejut oleh suara, “Hai Umar! Kau telah menegakkan keadilan! Sebagai imbalannya kau dijamin selamat!.”

Saat Umar RA bangun, binatang-binatang buas pergi.

Thali’ah turun dari pohon, dan mendekat untuk mencium tangan Umar. Dan berkata, “Bi abi anta wa ummi (Kalimat penghormatan)! Kau dijaga oleh sejumlah binatang buas! Dan dikerumuni oleh malaikat! Dan terkenal di kalangan jin.”

Dia menjelaskan kejadian yang telah disaksikan. Lalu menyatakan Islam di hadapan Umar RA. [1]


In syaa Allah bersambung


Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia


[1] فتوح الشام (1/ 85)
ثم استدعى برجل من المتنصرة يقال له طليعة بن ماران وضمن له مالا وقال له: انطلق من وقتك هذا إلى يثرب وانظر كيف تقتل عمر بن الخطاب فقال له طليعة: نعم أيها الملك ثم تجهز وسار حتى ورد مدينة رسول الله صلى الله عليه وسلم وكمن حولها وإذا بعمر بن الخطاب رضي الله عنه خرج يشرف على أموال اليتامى ويفتقد حدائقهم فصعد المتنصر إلى شجرة ملتفة الأغصان فاستتر بأوراقها وإذا بعمر رضي الله عنه قد اقبل إلى أن قرب من الشجرة التي عليها المتنصر ونام على ظهره وتوسد بحجر فلما نام هم المتنصر أن ينزل إليه ليقتله وإذا بسبع أقبل من البرية فطاف حوله وأقبل يلحس قدميه وإذا بهاتف يقول: يا عمر عدلت فأمنت فلما استيقظ عمر رضي الله عنه ذهب السبع ونزل المتنصر وترامى على عمر رضي الله عنه فقبل يديه وقال بأبي أنت وأمي أفدى من الكائنات من السباع تحرسه والملائكة تصفه والجن تعرفه ثم أعلمه بما كان منه وأسلم على يديه.

0 komentar:

Posting Komentar