SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/09/20

Perceraian


Ada lelaki yang tertekan hidupnya karna istri suka menolak diajak bermesraan. Ada lagi suami yang tertekan oleh dampratan dan amukan istri yang sering melanda hingga berakibat infoten. Ada yang berkata, "Sebetulnya obat paling dahsyat untuk menyembuhkan infoten juga wanita, penyebab infoten terdahsyat juga wanita." Meskipun ada yang menganggap lagu di bawah ini jorok, tetapi sebetulya itu sebuah kejujuran dan pelajaran:

Empu tempalah kerisku agar halus keluk-keluknya
Tajamkanlah ujungnya
Kokohkanlah ototnya agar sakti mandara-guna
Tempalah tengah bawah kiri kanan lalu depan
Agar semakin tampan
Tusukkan dan tusukkan tuk menguji kesaktian
Tuk melumpuhkan lawan
Kerisku sakti mandra-guna
Apa lagi empunya
Apa lagi yang Maha Kuasa
Disembah alam semesta
Laa Ilaaha illaa Allah
Muhammadun Rasulullah

Disadari atau tidak, semua pasangan suami istri pasti digoda oleh syaitan agar bercerai. Suaminya digoda agar menceraikan istri, istri digoda agar minta cerai, atau berulah
Muslim meriwayatkan: صحيح مسلم - (ج 13 / ص 426)

5032 - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَاللَّفْظُ لِأَبِي كُرَيْبٍ قَالَا أَخْبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ إِبْلِيسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ فَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً يَجِيءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا فَيَقُولُ مَا صَنَعْتَ شَيْئًا قَالَ ثُمَّ يَجِيءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ قَالَ فَيُدْنِيهِ مِنْهُ وَيَقُولُ نِعْمَ أَنْتَ قَالَ الْأَعْمَشُ أُرَاهُ قَالَ فَيَلْتَزِمُهُ
Arti (selain isnad)nya: Jabir RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda ‘sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air. Lalu dia mengutus pasukan-pasukannya (agar menggoda manusia). Mereka yang paling dekat dia, yang paling besar membuat kerusakan (atas manusia). 
Seorang pasukan melaporkan ‘saya telah melakukan begini dan begini’. 
Iblis menjawab ‘kau belum berjasa sedikitpun’. 
Lalu seorang mereka berkata ‘saya (menggoda dia terus menerus) tidak berhenti, hingga saya membuat cerai dia dan istrinya loh’. 
Sontak Iblis mendekatkan dia darinya, sambil berkata ‘kau hebat’.”

A'masy (الْأَعْمَشُ) berkata, “Saya berpendapat nabi bersabda ‘lalu Iblis memeluk dia’.”

Hadits yang mulia ini mengajarkan bahwa, "Tentara Iblis sangat telaten di dalam menggoda suami istri agar bercerai dan berzina. Dalam Hadits di atas lafal, “Maa shana’ta (مَا صَنَعْتَ),” diartikan ‘kau belum berjasa’, karena shana’a dan shana’ta dalam lughah Arab adalah, pekerjaan yang baik atau dilakukan dengan baik, lain dengan fa’ala dan fa’alta.
Ada yang salah bertanya, “Mestinya yang benar Hadits itu ‘jika ada yang berjasa menggoda manusia hingga berzina’, Iblis mendekatkan dia darinya sambil berkata ‘kau hebat’.”
Ana menjawab, “Hadits shahih ini benar. Al-Qur’an dan Al-Hadits adalah kitab yang harus dikaji dengan akal. Kalau mengajinya hanya apa adanya, tidak akan menemukan hikmah kebenaran yang lebih banyak. Maksud ana, 'kalau syaitan hanya berhasil membuat suami istri bercerai saja sudah diperlakukan dengan istimewa oleh Iblis, apalagi bagi syaitan yang bisa menjerumuskan hingga seorang berzina.”   



Mulungan Sleman Yogyakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi

0 komentar:

Posting Komentar