SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/09/06

Doa Nabi Yusuf AS




Doa Nabi Yusuf AS



Alim besar bernama Jalaluddin Assayuthi, penulis Tafsir Jalalain, kitab Jamiusshaghir, dan lain-lain. Beliau menulis di dalam Addurrul-Mantsur mengenai Doa Nabi Yusuf AS : الدر المنثور - (ج 5 / ص 383)

أخرج ابن مردويه عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « لما ألقي يوسف في الجب أتاه جبريل عليه السلام فقال له : يا غلام ، من ألقاك في هذا الجب؟ قال : إخوتي . قال : ولم؟ قال : لمودة أبي إياي حسدوني . قال : تريد الخروج من ههنا؟ قال : ذاك إلى إله يعقوب . قال : قل اللهم إني أسألك باسمك المخزون والمكنون ، يا بديع السموات والأرض ، يا ذا الجلال والاكرام أن تغفر لي ذنبي وترحمني ، وأن تجعل لي من أمري فرجاً ومخرجاً ، وأن ترزقني من حيث أحتسب ومن حيث لا أحتسب . فقالها ، فجعل الله له من أمره فرجاً ومخرجاً ورزقه ملك مصر من حيث لا يحتسب ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم : ألظوا بهؤلاء الكلمات ، فإنهن دعاء المصطفين الأخيار »

Artinya:
Ibnu Marduwaih mengeluarkan Hadits dari Ibnu Umar RA. Rasulullah SAW bersabda, “Ketika Nabi Yusuf AS dicampakkan ke dalam sumur, Jibril AS datang untuk berkata ‘hai Nak, siapa yang mencampakkan kau ke dalam ini sumur?’.
Dia menjawab ‘karena cinta ayah tercurah pada saya. Mereka dengki pada saya’.
Jibril bertanya ‘kau ingin keluar dari sini?’. 
Dia menjawab ‘itu (saya serahkan) pada Tuhan Yaqub’.
Jibril berkata ‘katakan:
Allaahumma innii as’aluKa bismiKal Makhzuuni wal Maknuuni yaa badii’as samaawaati wal ardhi yaa Dzal Jalaali wal Ikraami an taghfira lii dzanbii wa tarchamanii wa an taj’ala lii min amrii farajan wa makhrajaa wa an tarzuqanii min chaitsu achtasibu wa min chaitsu laa achtasib’.

Artinya:
Ya Allah, sungguh saya mohon padaMu, dengan NamaMu yang disimpan dan disembunyikan. Ya yang membuat beberapa langit dan bumi. Ya pemilik keagungan dan pemulia, agar: 1), Kau ampuni dosa saya. 2), Dan agar Kau sayangi saya. 3), Dan agar Kau jadikan jalan keluar (dari kesulitan) dan kebahagiaan untuk saya. 4), Dan agar Kau beri saya rizqi dari yang saya perhitungkan dan yang tidak saya perhitungkan.

Yusuf AS pun membacanya. Ternyata Allah azza wajalla menjadikan Jalan Keluar (dari kesulitan) dan Kebahagiaan, untuknya, dan memberi Anugrah Kerajaan Mesir dari yang tidak dia sangka.” 

Mulungan Sleman Yogyakarta Indonesia Mulya Abadi Ponpes Kutubussittah

13 komentar:

  1. الحمد لله جزا ك الله خيرا

    BalasHapus
  2. Alidzzuu (الظوا) berasal dari ladzaddza (لظظ). Arti lengkap dari, "Alidzzuu bihaaulalil kalimaati fainnahunna min duaail musthofainal akhyaar,"; lazimkanlah kamilat (doa) ini! Karena termasuk doa orang-orang pilihan, yang baik-baik!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ustadz di bawah saya beri tambahan penjelasan menurut ilmu shorof...

      Hapus
  3. اصله ...............لَظَظَ يَلْظِظ. امر: اَلْظِظْ الْظِظاَ الْظِظُوا.
    دي مضاعف/ تشديد :لَظَّ يَلِظُّ . امر: اَلِظَّ اَلِظَّا اَلِظُّوْا .ُ

    BalasHapus
  4. الى الاستاذ فتح الرحمن جزاك الله خيرا

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Pak K.H Shobirun saya pernah mendengar keterangan dari mubaligh bahwa Asma Allah itu 100 dan yg masyhur itu 99 selisih satu itu adalah dari doa nabi yusuf tsb dengan nama Allah yg dijaga dan disembunyikan, mohon pencerahan dan penjelasannya Pak Kiai, Alhamdulillahi jazakallahu khoiro

    BalasHapus
  6. WaalaikumusSalam. Aamiiiin. Bukankan Ustadz Abdul Aziz kemarin menjelaskan "Itu Asmaul Husna yang kalau dihafalkan, akan membuat penghafalnya masuk surga?" Kalau jumlah Asmaul Husna tidak ada yang tahu kecuali Allah, berdasar : فتح الباري لابن حجر (11/ 220)
    وَنقل بن بَطَّالٍ عَنِ الْقَاضِي أَبِي بَكْرِ بْنِ الطَّيِّبِ قَالَ لَيْسَ فِي الْحَدِيثِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّهُ لَيْسَ لِلَّهِ مِنَ الْأَسْمَاءِ إِلَّا هَذِهِ الْعِدَّةُ وَإِنَّمَا مَعْنَى الْحَدِيثِ أَنَّ مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَيَدُلُّ عَلَى عَدَمِ الْحَصْرِ أَنَّ أَكْثَرَهَا صِفَاتٌ وَصِفَاتُ اللَّهِ لَا تَتَنَاهَى وَقِيلَ إِنَّ الْمُرَادَ الدُّعَاءُ بِهَذِهِ الْأَسْمَاءِ لِأَنَّ الْحَدِيثَ مَبْنِيٌّ عَلَى قَوْلِهِ وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا فَذَكَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ فَيُدْعَى بِهَا وَلَا يُدْعَى بِغَيْرِهَا حَكَاهُ بن بَطَّالٍ عَنِ الْمُهَلَّبِ وَفِيهِ نَظَرٌ لِأَنَّهُ ثَبَتَ فِي أَخْبَارٍ صَحِيحَةٍ الدُّعَاءُ بِكَثِيرٍ مِنَ الْأَسْمَاءِ الَّتِي لَمْ تَرِدْ فِي الْقُرْآنِ كَمَا فِي حَدِيث بن عَبَّاسٍ فِي قِيَامِ اللَّيْلِ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَغَيْرُ ذَلِكَ

    BalasHapus
  7. Assalaamu'alaikum. Ustadz. mohon info sekalian, Nabi Yusuf yang begitu legendaris, dalam sejarah disebutkan pharoh berapa ya Syekh.

    alhamdulillah jazakallahu Khoiro

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,

    Qobiltu

    Walhamdulillaahi robbil 'alaamiin.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum saya sudah khatam kutubusittah dan belum pernah dpt manqulan hadist doa nabi Yusuf ini..

    Apakah saya boleh munawalah hadist doa nabi Yusuf ini???

    BalasHapus