SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/07/02

Dampingi Nabi SAW Musafir



Kali ini Ponpes Mulya Abadi memaparkan Pengalaman Sahabat Nabi SAW, bernama Ghailan bin Salamah.
Ghailan yang pada zaman Jahiliah, memiliki 10 istri. Lalu mencerai mereka kecuali yang empat, karena perintah nabi SAW. Beliau memiliki pengalaman mendampingi nabi SAW di dalam perjalanan. Kitab yang membahas ini Kanzul-‘Ummal:

Kami pernah mendampingi nabi SAW dalam perjalanan, dan menyaksikan keajaiban beliau. Kami melewati jalan yang di pinggirnya, terdapat beberapa tunas kurma berpencar pada beberapa tempat.
Nabi bersabda ‘hai Ghailan ! Datanglah pada dua tunas ini ! Yang satu perintahlah, agar bergabung pada lainnya ! Akan saya pergunakan sebagai tutup, untuk berwudhu’.
Saya segera berjalan ke pertengahan dua tunas. Dan berkata ‘sungguh Nabi Allah perintah satunya kalian, agar bergabung pada lainnya !’.
Tiba-tiba sebatang tunas keluar dari tanah, dan berjalan menuju lainnya, untuk bergabung.
Nabi SAW turun ke belakang dua tunas yang bergabung, untuk berwudhu. Setelah nabi SAW pergi dengan kendaraan, akar tunas kurma keluar lagi, dan berjalan menuju tempatnya semula.
Setelah kami istirahat, seorang wanita datang dengan membawa anak kecilnya yang sangat mirip uang dinar. Wanita berkata ‘ya Rasulallah, telah lama di desa kami, tidak ada anak yang lebih saya cintai daripada anak saya ini. Namun  dia terserang Mautah (kerasukan syaitan yang berdampak lemas seperti mayat). Saya tidak ingin anak saya meninggal dunia. Berdoalah untuk kesembuhannya, ya Nabi Allah’.
Di waktu istirahat kami berikutnya, nabi SAW dijumpai oleh lelaki yang laporan ‘ya Nabi Allah, saya telah lama memiliki kebun yang di dalamnya ada penghidupan saya dan keluarga. Di dalam sana ada dua unta Nadhih milik saya yang mengamuk. Menghalang-halangi saya dan harta saya yang berada di dalamnya. Tidak ada orang yang berani mendekat’.
Nabi SAW mengajak para sahabat, hingga datang ke kebun. Pada sahabatnya, nabi perintah ‘buka pintunya !’.
Dia menjawab ‘ya Nabi Allah, sulit sekali’.
Nabi SAW perintah lagi ‘buka !’.
Setelah pintu dibuka dengan kuncinya, dua unta Nadhih tampak. Suara injakan kakinya mantap, bagai angin besar menyambar. Setelah keluar dari pintu, dan melihat nabi SAW, dua unta mendekam lalu bersujud.
Dua kepala unta dipegang oleh nabi SAW, untuk diserahkan pada pemiliknya. Dan berpesan ‘ajaklah bekerja ! Namun diberi makanan yang baik !’.
Kaum yang hadir berkata ‘ya Nabi Allah, baginda disujudi oleh binatang? Anugerah Allah untuk kita lebih  baik daripada ini. Baginda telah menyelamatkan kami dari kesesatan, dan menyelamatkan dari dari kerusakan. Bolehkah kami bersujud pada baginda ?’.
Nabi bertanya ‘bagaimana kalian memperlakukan saudara kalian yang telah meninggal dunia ? Apa kalian bersujud pada dia yang di dalam kubur ?’.
Mereka menjawab ‘kami akan melaksanakan petunjuk baginda’.
Nabi SAW bersabda ‘bersujud hanya pada yang Maha Hidup, yang takkan wafat. Kalau ada yang saya perintahkan agar disujudi, niscaya istri saya perintah agar bersujud pada suaminya’.
Dalam perjalanan pulang, si wanita muncul dan berkata ‘ya Nabi Allah, anak saya tidak pernah kesurupan lagi’. Dan menghidangkan minyak samin, susu, dan beberapa potong daging unta panggang.
Namun nabi SAW menolak minyak samin dan beberapa potong daging unta panggang. Yang diterima untuk diberikan pada para sahabatnya SAW, air susu.”
(HR Ibnu Asakir) [1]

Semoga Makalah berikutnya dibuat “bermanfaat” oleh Allah. Allaahumma aamiiiin.



Ponpes Mulya Abadi Mulungan



35390- عن غيلان بن سلمة 1 الثقفي قال: خرجنا مع النبي صلى الله عليه وسلم فرأينا منه عجبا، مررنا بأرض فيها أشاء 2 متفرق فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم: يا غيلان! ايت هاتين الاشاءتين، فمر إحداهما تنضم إلى صاحبتها حتى أستتر بهما فأتوضأ، فانطلقت فقمت بينهما، فقلت: إن نبي الله صلى الله عليه وسلم يأمر إحداكما أن تنضم إلى صاحبتها، قال: فمادت إحداهما ثم انقلعت تخد في الأرض حتى انضمت إلى صاحبتها، فنزل نبي الله صلى الله عليه وسلم فتوضأ خلفهما ثم ركب، وعادت تخد في الأرض إلى موضعها، قال: ثم نزلنا معه منزلا فأقبلت امرأة بابن لها كأنه الدينار فقالت: يا نبي الله! ما كان في الحي غلام أحب إلي من ابني هذا فأصابته الموتة 3، فأنا أتمنى موته فادع الله له يا نبي الله! قال: فأدناه نبي الله صلى الله عليه وسلم ثم قال: "بسم الله، أنا رسول الله، أخرج عدو الله - ثلاثا،" قال: "اذهبي بابنك لن تري بأسا إن شاء الله"، ثم مضينا فنزلنا منزلا فجاء رجل فقال: يا نبي الله! إنه كان لي حائط فيه عيشي وعيش عيالي ولي فيه ناضحان فاغتلما، ومنعاني أنفسهما وحائطي وما فيه، ولا يقدر أحد على الدنو منهما، فنهض النبي صلى الله عليه وسلم بأصحابه حتى أتى الحائط فقال لصاحبه: "افتح"، فقال: يا نبي الله! أمرهما أعظم من ذلك، قال: فافتح، فلما حرك الباب بالمفتاح أقبلا، لهما جلبة كخفيف الريح، فلما أفرج الباب ونظرا إلى النبي صلى الله عليه وسلم بركا ثم سجدا، فأخذ النبي صلى الله عليه وسلم رؤسهما ثم دفعهما إلى صاحبهما فقال: " استعملهما وأحسن علفهما"، فقال القوم يا نبي الله! تسجد لك البهائم! فما لله عندنا بك أحسن من هذا، آجرتنا من الضلالة وا ستنقذتنا من الهلكة، أفلا تأذن لنا بالسجود لك؟ فقال: كيف كنتم صانعين بأخيكم إذا مات؟ أتسجدون لقبره؟ قالوا: يا نبي الله! نتبع أمرك، قال النبي صلى الله عليه وسلم: "إن السجود ليس إلا للحي الذي لا يموت، لو كنت آمر أحدا بالسجود من هذه الأمة لأمرت المرأة بالسجود لبعلها "، قال: ثم رجعنا، فجاءت المرأة أم الغلام فقالت: يا نبي الله! والذي بعثك بالحق ما زال من غلمان الحي، وجاءت بسمن ولبن وجزر، فرد عليها السمن والجزر وأمرهم بشرب اللبن. "كر".
__________
1 غيلان بن سلمة بن معتب أسلم بعد فتح الطائف وكان تحته عشر نسوة من الجاهلية فأمره رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يتخير منهن أربعة أسد الغابة 4/343. ص.
2 أشاء: الاشاء: صغار النخل، واحدتها أشاء 1/24 لسان العرب. ب.
3 الموتة: بالضم: جنس من الجنون والصرع يعترى الانسان، فإذا أفاق عاد إليه عقله كالنائم والسكران. والموتة: الغشي. والموتة: الجنون لأنه يحدث عنه سكوت كالموت. انتهى.2/92 لسان العرب. ب.

1 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

    Takhrij haditsnya bisa dilihat di sini:
    http://umar-arrahimy.blogspot.com.eg/2016/12/takhrij-hadits-nabi-muhammad-berbicara.html

    BalasHapus