SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/06/15

Abu Dzarr Berguru pada Nabi SAW





Apa yang membuat nama Abu Dzarr masyhur, di kalangan para malaikat di langit? Jawabannya, karena doanya yang masyhur itu. Walloohu a'lam. Tetapi banyak orang bertanya, “Mungkinkah dia pernah mendapat Pelajaran Khusus yang sangat berbobot dari Nabi SAW?.”
- عن أبي ذر قال: دخلت المسجد فإذا رسول الله صلى الله عليه وسلم جالس وحده فجلست إليه فقال: يا أبا ذر! إن للمسجد تحية، وتحيته ركعتان فقم فاركعهما، قال: فقمت فركعتهما، ثم قلت؛ يا رسول الله! إنك أمرتني بالصلاة، فما الصلاة؟ قال: خير موضوع، فمن شاء أقل ومن شاء أكثر، قلت: يا رسول الله! أي الأعمال أحب إلى الله عز وجل؟ قال: إيمان بالله وجهاد في سبيله، قلت: فأي المؤمنين أكملهم إيمانا؟ قال: أحسنهم خلقا، قلت: فأي المسلمين أسلم، قال: من سلم الناس من لسانه ويده، قلت: فأي الهجرة أفضل؟ قال: من هجر السيئات، قلت: فأي الليل أفضل؟ قال: جوف الليل الغابر، قلت: فأي الصلاة أفضل؟ قال: طول القنوت، قلت: فما الصيام؟ قال : فرض مجزيء وعند الله أضعاف كثيرة، قلت: فأي الجهاد أفضل؟ قال: من عقر جواده وأهريق دمه، قلت: فأي الرقاب أفضل؟ قال: أغلاها ثمنا وأنفسها عند أهلها، قلت: فأي الصدقة أفضل؟ قال: جهد من مقل تسر إلى فقير، قلت: فأي آية ما أنزل الله عليك أفضل؟ قال: آية الكرسي؛ ثم قال: يا أبا ذر! ما السماوات السبع مع الكرسي إلا كحلقة ملقاة بأرض فلاة، وفضل العرش على الكرسي كفضل الفلاة على الحلقة، قلت: يا رسول الله! كم الأنبياء؟ قال: مائة ألف وعشرون ألفا، قلت: كم الرسل من ذلك؟ قال: ثلاثمائة وثلاثة عشر جما غفيرا، قلت: من كان أولهم؟ قال: آدم ، قلت: أنبي مرسل؟ قال: نعم، خلقه الله بيديه ونفخ فيه من روحه ثم سواه وكلمه قبلا، ثم قال: يا أبا ذر! أربعة سريانيون : آدم وشيث وخنوخ - وهو إدريس وهو أول من خط بالقلم - ونوح، وأربعة من العرب: هود وصالح وشعيب ونبيك؛ يا أبا ذر! وأول الأنبياء آدم وآخرهم محمد، وأول نبي من أنبياء بني إسرائيل موسى وآخرهم عيسى، وبينهما ألف نبي، قلت: يا رسول الله! كم كتاب أنزل الله؟ قال: مائة كتاب وأربعة كتب، أنزل على شيث خمسون صحيفة وأنزل على خنوخ ثلاثون صحيفة، وأنزل على إبراهيم عشر صحائف، وأنزل على موسى قبل التوراة عشر صحائف، وأنزل التوراة والإنجيل والزبور والفرقان، قلت: فما كانت صحف إبراهيم؟ قال: كانت أمثالا كلها: أيها الملك المسلط المغرور المبتلى! إني لم أبعثك لتجمع الدنيا بعضها على بعض، ولكني بعثتك لترد على دعوة المظلوم فإني لا أردها ولو كانت من كافر، وكان فيها أمثال: على العاقل ما لم يكن مغلوبا على عقله أن يكون له ثلاث ساعات: ساعة يناجي فيها ربه، وساعة يحاسب فيها نفسه، وساعة يتفكر فيها صنع الله، وساعة يخلو فيها لحاجته من المطعم والمشرب؛ وعلى العاقل أن لا يكون ظاعنا إلا لثلاث: تزود لمعاد ومرمة لمعاش، أو لذة في غير محرم، وعلى العاقل أن يكون بصيرا بزمانه، مقبلا على شأنه، حافظا للسانه، ومن حسب كلامه من عمله قل كلامه إلا فيما يعنيه؛ قلت: فما كان في صحف موسى؟ قال: كانت عبرا كلها: عجبت لمن أيقن بالموت ثم هو يفرح، عجبت لمن أيقن بالنار: ثم هو يضحك، عجبت لمن أيقن بالقدر ثم هو ينصب، عجبت لمن رأى الدنيا وتقلبها لأهلها ثم اطمأن إليها، عجبت لمن أيقن بالحساب غدا ثم لا يعمل، قلت: يا رسول الله! هل فيما أنزل عليك شيء مما كان في صحف إبراهيم وموسى؟ قال: يا أبا ذر! تقرأ {قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى - إلى قوله: صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى} ، قلت: يا رسول الله! أوصني، قال: أوصيك بتقوى الله فإنه رأس الأمر كله، قلت: زدني، قال: عليك بتلاوة القرآن وذكر الله، فإنه نور لك في الأرض وذكر لك في السماء، قلت: زدني، قال: إياك وكثرة الضحك! فإنه يميت القلب ويذهب بنور الوجه، قلت: زدني، قال عليك بالصمت إلا من خير، فإنه مطردة للشيطان عنك وعون لك على أمر دينك، قلت: زدني، قال: عليك بالجهاد، فإنه رهبانية أمتي، قلت: زدني، قال: أحب المساكين وجالسهم، قلت: زدني، قال: انظر إلى من تحتك ولا تنظر إلى من فوقك، فإنه أجدر أن لا تزدري نعمة الله عندك، قلت: زدني، قال: لا تخف في الله لومة لائم، قلت: زدني، قال: قل الحق وإن كان مرا، قلت: زدني، قال: ليردك عن الناس ما تعرف من نفسك، ولا تجد عليهم فيما يأتي، وكفى بك عيبا أن تعرف من الناس ما تجهل من نفسك أو تجد عليهم فيما تأتي، يا أبا ذر! لاعقل كالتدبير، ولا ورع كالكف؛ ولا حسب كحسن الخلق.



Artinya:
Saya pernah masuk ke Masjid yang ternyata, di situ ada Rasulallah SAW, sedang duduk sendirian. Saya segera duduk di sampingnya SAW. 
Beliau mengingatkan, “Hai Aba Dzarr, Masjid berhak dihomat dengan shalat dua rakaat. Shalatlah dua rakaat!.”
“Saya segera berdiri untuk shalat dua rakaat" Jelas Abu Dzarr, “Lalu saya bertanya ‘baginda telah perintah agar saya shalat, bagaimanakah kedudukan shalat itu?’.
Rasulullah bersabda, “Sebaik-baiknya amalan yang dipersembahkan pada (Tuhan). Yang mau, biarlah mengamalkan sedikit (amalan itu). Dan yang mau, biarlah memperbanyak (amalan itu).”
Saya bertanya, “Ya Rasulallahmana amalan yang lebih menyenangkan Allah?. 
Beliau bersabda ‘iman pada Allah dan berjihad di Jalan-Nya’.
Saya bertanya, “Mana kaum Iman yang iman mereka lebih sempurna?.
Beliau bersabda ‘yang lebih sempurna akhlaq mereka’.”
Saya bertanya, “Mana kaum Muslimiin yang lebih hebat Islamnya?.
Beliu bersabda ‘
orang yang kejahatan lisan dan perbuatannya tidak mengenai kaum Muslimiin’.”
Saya bertanya, “Hijrah mana yang lebih utama?.
Beliu bersabda ‘menjauhi kejelekan-kejelekan’.
Saya bertanya, “Mana amalan yang yang lebih utama (untuk shalat dan berdoa)?.
Beliu bersabda ‘pertengahan akhir’.”
Saya bertanya, “Mana shalat yang lebih utama?. 
Beliau bersabda ‘yang panjang kunutnya’.”
Saya bertanya, “Apakah puasa (Ramadhan) itu?. 
Beliau besabda ‘kewajiban yang pasti dibalas pahala. Di sisi Allah, pahala puasa dilipatkan banyak sekali’.”
Saya bertanya, “Jihad mana yang lebih utama?. 
Beliau bersabda ‘yang kudanya dibunuh dan darahnya dialirkan’.”
Saya bertanya, “Budak mana yang lebih utama untuk dimerdekakan?. 
Beliau bersabda ‘yang lebih mahal harganya dan lebih dipilih di kalangan majikannya’.”
Saya bertanya, “Shodaqah mana yang lebih utama?. 
Beliau SAW bersabda ‘yang dari hasil mempersungguh orang tak mampu, yang menyenangkan orang faqir’.”
Saya bertanya, “Ayat mana yang diturunkan oleh Allah pada baginda yang ‘lebih agung?’.
Beliau bersabda ‘ayat Kursi’, lalu bersabda lagi ‘ya Aba Dzarr, langit tujuh jika dibanding dengan Kursi (milik Allah), tiada lain kecuali hanya seperti lingkaran diletakkan di tanah lapang. Keunggulan Arasy (Singgasana Allah), dibanding dengan Kursi itu, seperti lingkaran diletakkan di tanah lapang’.”
Saya bertanya, “Ya Rasulallah berapa jumlah para nabi?. 
Beliau bersabda ‘seratus duapuluh ribu’.”
Saya bertanya, “Dari mereka yang menjadi rasul berapa?. 
Beliau bersabda ‘semua berjumlah tigaratus tigabelas’.”
Saya bertanya, “Mereka yang paling awal siapa?. 
Beliau bersada ‘Adam AS’.”
Saya bertanya, “Betulkah dia Nabi yang juga Utusan (Rasul)?. 
Beliau bersabda ‘betul. Allah mencipta dia dengan dua Tangan-Nya, dan meniupkan sebagian Ruh-Nya, padanya. Lalu menyempurnakan dia sebagai manusia. Dan berfirman padanya secara langsung’. 
Beliau SAW menambahkan ‘ya Aba Dzarr, ada empat nabi dari Suryani:
1.     Adam.
2.     Syits.
3.     Khanukh (إدريس/Idris), awal orang yang menulis dengan pena.
4.     Nuh AS.  [1]
Ada empat nabi yang dari Arab:
1.     Hud.
2.     Shalih.
3.     Syu’aib.
4.     Nabimu SAW’.
Beliau menambah ‘ya Aba Dzarr, awalnya para nabi, Adam. Terakhir mereka, Muhammad SAW. Awal Nabi Bani Isra’il, Musa AS. Terakhir mereka, Isa AS. Di antara mereka berdua ada seribu nabi AS’.”
Saya bertanya, “Ya Rasulallah berapa kitab suci yang diturunkan oleh Allah?. 
Beliau bersabda ‘seratus empat kitab suci. Yang diturunkan pada:
1.     Nabi Syits (شيث) AS, 50 halaman.
2.     Nabi Khanukh (إدريس/Idris AS), 30 halaman.
3.     Nabi Ibrahim AS, 10 halaman.
4.     Nabi Musa AS sebelum Taurat, 10 halaman.
5.     Taurat.
6.     Injil.
7.     Zabur.
8.     Al-Qur’an (الفرقان/Al-Furqan)’.”
Saya bertanya, “Bagaimanakah Shuchuf Nabi Ibrahim AS?. 
Beliau bersabda ‘semuanya berisi tamsil (gambaran)’:
Hai raja yang diberi kekuasaan! Yang tertipu! Yang sedang diberi ujian! Sungguh Aku mengangkat kau sebagai raja, bukan untuk mengumpulkan harta kekayaan. Kau Kuperintah agar memastikan ‘tak ada orang teraniaya yang berdoa jelak!’ Karena doa dia, takkan Kutolak, walaupun dia ‘orang kafir’. 
Ada juga tamsil di sana:
Orang berakal yang tidak gila, hendaklah membagi waktu menjadi tiga:
1.     Untuk munajat (berbisik-bisik) pada Tuhannya.
2.     Untuk instropeksi.
3.     Untuk memikirkan Kemurahan Allah, untuk mencari makanan dan minuman yang layak.
Orang berakal berkewajiban:
1.     Mempersiapkan perjalanan jauh, untuk kembali (kepada Allah).
2.     Memperbaiki kehidupan, dan mempernyaman sarana kehidupan yang tidak haram.
3.     Waspada pada yang terjadi pada zaman itu.
4.     Mengupayakan kemajuan, dan menjaga lisan (ucapan). Orang yang berbicara dan beramalnya hati-hati, ucapannya sedikit, kecuali untuk yang bermanfaat’.”  
Saya bertanya, “Bagaimanakah Shuchuf Nabi Musa?. 
Beliau bersabda ‘semunya merupakan ibarat:
1.     Saya heran pada orang yang yakin pasti akan mati, namun masih juga berbahagia.
2.     Saya heran pada orang yang yakin dengan adanya neraka, namun masih juga tertawa.
3.     Saya heran pada orang yang percaya dengan adanya tulisan qodar, namun masih juga berpayah-payah mengejar harapan.
4.     Saya heran pada orang yang sadar mengenai dunia dan berbolak-baliknya terhadap penghuninya, namun masih juga merasa puas, saat mendapatkan.
5.     Saya heran pada orang yang yakin bahwa besok akan dihitung amalannya, namun masih juga tidak beramal’.”
Saya bertanya, “Ya Rasulallah apakah ada peninggalan untuk baginda, yang asalnya dari Shuchuf Nabi Ibrahim dan Nabi Musa AS ?. 
Beliau bersabda ‘ya Aba Dzarr, bacalah قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى إِنَّ هَذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَى صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى ‘.” [2]
Artinya:
Sungguh beruntung, orang yang mensucikan diri dan menyebut Nama Tuhannya, lalu shalat. Namun kalian justru memilih kehidupan dunia. Padahal akhirat lebih baik dan lebih baka. Sungguh ini niscaya di dalam Shuchuf lebih awal, Shuchuf Ibrahim dan MusaAS.

Saya bertanya, “Ya Rasulallah, berilah saya pesan. 
Beliau bersabda ‘saya berpesan agar kau bertaqwa pada Allah, karena ‘itu’ kepala segala perkara’.”
Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘bacalah Al-Qur’an dan berdzikirlah. Itulah yang menjadi cahaya untukmu di bumi, dan membuat kau disebut-sebut di langit’.”
Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘hindarilah banyak tertawa, karena akan mematikan hati dan menghilangkan sinar wajah’.”
Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘tutup mulutmu (diam), kecuali untuk kebaikan. Demikian itu akan menolak godaan syaitan untukmu, dan menolong urusan agamamu’.”
Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘sayangilah orang-orang miskin dan duduklah besama mereka’.”
Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘amatilah orang yang di bawahmu! Jangan mengamati orang yang di atasmu! Sebagai upaya agar tidak meremehkan Nikmat Allah yang di sisimu’.”
Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘katakan yang benar meskipun pait’.”

Saya bertanya, “Tambahilah. 
Beliau bersabda ‘jika diingatkan oleh seorang, jangan marah! Jangan marah karena perbuatan seorang! Cukuplah aib, jika kau tahu kesalahan orang, namun kau tak tahu kekuranganmu sendiri. Atau, kau marah pada seorang, mengenai kekuranganmu. Ya Aba Dzarr, tidak ada kepandaian sehebat berpikir secara teliti. Tidak ada wirai (hati-hati menghindari dosa), sehebat menahan diri. Dan tidak ada keagungan yang sehebat indahnya akhlaq’.”


[1] Mereka berempat berbahasa Suryani, yakni bangsa tertua. Sebagian riwayat menjelaskan, ‘berasal dari istilah sirr’ yang artinya samar.
[2] Baca: Qad aflacha man tazakkaa wadzakarasma Rabbihii fashallaa. Bal tu’tsiruunal chayaatad dunyaa wal aakhiratu khairun wa abqaa. Inna hadzaa lafis shuchufil uulaa shuchufi Ibraahiima wa Muusaa.



Mulungan Sleman Yogyakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi

0 komentar:

Posting Komentar