SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/01/27

PS 3: Pembebasan Syam



Cerbung (Cerita Bersambung)
PS 3: Pembebasan Syam


Sakhnah kota megah dekat Arakah, berdinding tebal nan tinggi. Penguasa kota ini bernama Bathriq Kaukab. Di waktu yang mendebarkan itu 
dia mengumpulkan rakyat, untuk berkata, “Ada berita yang sampai pada saya ‘kaum Arab telah merebut kota Arakah dan Sakhnah. Banyak orang berbicara mengenai keadilan dan kebaikan kaum Arab. Mereka tidak suka membuat kerusakan’. Namun, kita memiliki benteng perlindungan yang tebal nan tinggi, yang takkan bisa ditembus oleh siapapun. Yang kita khawatirkan hanya kalau kebun kurma dan gandum kita dirampas oleh mereka. Sebaiknya kita berdamai dengan mereka. Jika kaum kita menang dalam peperangan yang akan berlangsung, kita merusak perjanjian damai dengan mereka. Jika mereka yang menang, kita berlindung pada mereka, agar kita selamat.”      

Rakyat menyetujui rencana penguasa mereka. Di hari yang mendebarkan itu, rakyat mempersiapkan rumput dan pakan binatang. Sebagian yang lain, sibuk mempersiapkan jamuan istimewa. Untuk Khalid dan pasukannya yang tak lama lagi, akan segera tiba.

Khalid dan pasukannya berdatangan, disambut dengan penuh hormat dan dipersilahkan, menikmati hidangan yang telah dipersiapkan. 
Dalam pertemuan agung itu, mereka mengajukan permohonan damai dengan kesanggupan menyerahkan, emas 300 auqiyah untuk kaum Arab. Surat Perjanjian Damai ditulis, untuk mereka. 

Khalid dan pasukannya bergerak meninggalkan tempat, menuju kota Chauran.

0 komentar:

Posting Komentar