SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/01/30

PS 28: Pembebasan Syam








 
Al-Waqidi sejarawan Islam kuno yang masyhur, mencatat Pengakuan Rauh bin Thorif (روح بن طريف), yang pada waktu itu bergabung sebagai pasukan Khalid:

“Saya dulu ikut bergabung, ketika Khalid dan pasukannya memporak-porandakan pasukan Wardan. Kami kembali lagi menuju Pintu Gerbang Timur Damaskus. Pada waktu kami sedang santai, tiba-tiba Abad bin Saed Al-Chadhromi (عباد بن سعد الحضرمي) datang berkendaraan kuda. Dia diutus oleh pimpinan perang selain Khalid, bernama Syurachbil bin Chasanah, yang pernah bertugas ‘mencatat Wahyu Rasulillah SAW. Saat itu Syurachbil dan pasukannya berada di Bushro. Berita yang disampaikan ‘Pasukan Romawi berjumlah 90.000, telah bergerak dari kota Ajnadiin, untuk menyerang’. 
Kami terkejut.

Jantung kaum Muslimiin berdebar-debar kencang.
Khalid segera lari dengan kudanya, menuju Abu Ubaidah yang berada di dekat Pintu Gerbang Jabiyah.
Ya Kepercayaan Umat! Abad bin Saed telah diutus oleh Syurachbil, agar menyampaikan berita Thoghiyah (si keparat) Romawi yakni Hiraqla, telah mengangkat Wardan sebagai panglima perang, membawahi 90.000 pasukan. Kini mereka berada di kota Ajnadiin. Sebaiknya apa yang kita lakukan, ya sahabat Rasulillah? tanya Khalid.
Khalid dan lainnya memperhatikan Abu Ubaidah berkata, Ya Aba Sulaiman (Khalid)! Kini para sahabat Rasulillah berada di tempat yang berpisah-pisah:
1.     Syurachbil bin Chasanah berada di Bushro.
2.     Muadz bin Jabal berada di Chauron.
3.     Yazid bin Abi Sufyan berada di Balqa.
4.     Nu’man bin Al-Mughirah (النعمان بن المغيرة) sedang mengurusi kota Tadmur (Palmyra) dan Arakah.
5.     Amer bin Ash (عمرو بن العاص) berada di Palestina.
Yang paling tepat, panggillah para sahabat nabi yang telah saya sebut itu! Agar bergabung kemari! Kita berjuang bersama-sama, dengan memohon Pertolongan dan Kemenangan, pada Allah!’.

Khalid mengirimkan surat pada Amer bin Ash:

Bismillahir Rahmaanir Rahiim amma ba’d. Sungguh saudara-saudara kalian di sini, telah minta pada kalian untuk bergabung pada kami, untuk menghadapi pasukan dari kota Najdin sejumlah 90.000 orang. Mereka lah kaum yang ingin memadamkan Nur Allah. Sementara Allah justru akan menyempurnakan Nur-Nya, walaupun orang-orang kafir benci.  Jika suratku ini telah sampai padamu, segera berangkatlah kemari membawa seluruh pasukanmu! Ingat! Kita bertemu di kota Ajnadiin, in syaa Allah. Semoga Keselamatan, Rahmat, dan Barakah Allah, melimpah padamu dan pada kaum yang menyertaimu’.

Khalid juga menulis surat yang isinya sama, pada semua pimpinan perang selain Amer bin Ash, yang bertempat di beberapa kota. Khalid perintah agar seluruh pasukannya berkemas-kemas menuju kota Ajnadiin.

Pasukan segera bergerak cepat
, mengangkat tenda-tenda dan tandu-tandu. Dinaikkan di atas punggung-punggung unta. Harta rampasan dalam jumlah banyak, berbentuk aneka ragam, diangkat. 

Pasukan yang tadinya berpisah di sebelah barat dan sebelah timur itu, kini telah menjadi satu, sehingga jumlahnya menjadi banyak sekali. Namun jika dibanding lautan pasukan yang berada di Najdin, menjadi sangat sedikit.

Yang menjadi pusat perhatian arak-arakan pasukan panjang itu, dua tokoh besar, Abu Ubaidah dan Khalid. Pada Abu Ubaidah, Khalid berkata, Saya berpendapat, sebaiknya saya berada di saqah (belakang) saja, untuk melindungi rampasan perang, harta benda, anak-anak dan remaja. Silahkan engkau menempati posisi di muqoddimah (depan) bersama para sahabat Rasulillah SAW yang agung’.
Maksud Khalid, bersama Syurachbil, Muadz bin Jabal, Yazid bin Abi Sufyan, dan Nu’man bin Al-Mughirah.
Ubaidah menjawab, Justru sayalah yang seharusnya di saqah (belakang), dan kau di muqoddimah (depan), bersama pasukan penyerang. Jika Wardan dan pasukannya menyerang, kau sudah siap menghadapi, untuk melawan mereka. Agar dia tidak menawan wanita-wanita dan anak-anak yang kami jaga. Agar rombongan kami tidak menjadi tawanan mereka’.
Khalid menjawab, ‘Sejak dulu hingga kapanpun, saya takkan menyelisihi yang kau katakan’.

Khalid berteriak 'hai semuanya! Kalian benar-benar akan diajak menghadapi lautan pasukan berjumlah banyak sekali! Bangkitkan semangat kalian! Allah telah mempersiapkan kemenangan untuk kalian!’.
Khalid membacakan, ‘Kam min fiatin qaliilatin ghalabat fiatan katsiiratan biidznillaahi walloohu maasshoobiriin’. 
Artinya: Banyak golongan sangat sedikit, telah mengalahkan golongan sangat banyak, dengan Idzin Allah. Allah menyertai kaum Sabar.

Khalid membagi pasukan menjadi lima bagian. Yang berada di barisan depan, orang-orang kuat, di bawah komando Khalid.
Abu Ubaidah bersama 1.000 pasukan, di barisan belakang.

Ketika menyaksikan
pasukan Muslimiin bergerak, pasukan Damaskus menghunus pedang untuk bersiap-siap menyerang. Mereka yakin bahwa pasukan Muslimiin pasti akan lari ketakutan, karena pasukan mereka di kota Ajnadiin, sangat banyak sekali.

Di Damaskus, dalam suasana riuh menggemuruh, beberapa orang pandai berkata, Kalau kaum Arab merayap melewati jalan Balbek, berarti benar-benar ingin meraih kemenangan, untuk merenggut kota Himsh (Homs). Namun jika mereka bergerak melewati jalan Marji (Hutan) Rohith, berarti ketakutan menghadapi bala-bantuan yang berkumpul di Ajnadiin. Mereka pasti akan pulang menuju Hijaz dengan meninggalkan harta-benda yang telah mereka rampas.”



0 komentar:

Posting Komentar