SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2014/04/04

Bedah Nihayah



وَمِنْهُ الْحَدِيثُ «جَنَّ عَلَيْهِ اللَّيْلُ أَيْ سَتَره، وَبِهِ سُمَي الجِنُّ لاسْتِتارهم واخْتِفَائِهم عَنِ الْأَبْصَارِ، وَمِنْهُ سُمَي الجَنِينُ لاسْتِتَارِه فِي بَطْن أمِّه
 (س) وَمِنْهُ الْحَدِيثُ «وَلِيَ دَفْنَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وإِجْنَانَه عليٌّ والعبَّاسُ» أَيْ دَفْنَه وستْره. ويُقال للقَبْر الجَنَن، ويُجْمَع على أَجْنَان.

Artinya:
Di antara kalimat yang mempergunakan lafal ‘jann’ , dalam potongan Hadits; “Malam (jann) atasnya” Maksudnya ‘malam menutup dia’. Nama ‘Jinn’, berasal dari ‘jann (samar). Karena mereka ‘tertutup dan samar’ dari beberapa pandangan. Nama ‘Janin’ juga dari lafal ‘jann’. Karena tertutup di dalam perut ibunya.
Ada lafal ‘jann’ yang berubah menjadi ‘ijnan’. Yaitu dalam potongan Hadits, “Ali dan Abbas RA, telah mengurusi penguburan dan ‘ijnan’ (jenazah) Rasulillah SAW.”  
Maksudnya mereka mengubur dan menyimpan jenazah Rasulillah SAW, (di dalam kubur). Kubur juga bisa diistilahkan ‘Al-Janan’, bentuk jamaknya ‘ajnan’.  

Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar