SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/09/18

Kajian Surat Al-Baqarah 139 - 141



{قُلْ أَتُحَاجُّونَنَا فِي اللَّهِ وَهُوَ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ وَلَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُخْلِصُونَ () أَمْ تَقُولُونَ إِنَّ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطَ كَانُوا هُودًا أَوْ نَصَارَى قُلْ أَأَنْتُمْ أَعْلَمُ أَمِ اللَّهُ وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَتَمَ شَهَادَةً عِنْدَهُ مِنَ اللَّهِ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ () تِلْكَ أُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُمْ مَا كَسَبْتُمْ وَلَا تُسْأَلُونَ عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ () } [البقرة: 139 - 141].


Artinya :
Apakah kalian mengatakan, “Sungguh Ibrahim, Ismail, Ishaq, Yaqub, dan Asbath, mereka dulu kaum Yahudi atau Nashrani?” 
Katakan, “Masyak kalian lebih tahu atau Allah? Siapa yang lebih aniaya daripada orang yang menyembunyikan Persaksian dari Allah di sisinya? Lagian Allah tidak lupa mengenai yang kalian amalkan!.” [140]. [1]
Itu umat yang sungguh telah berlalu. Untuk mereka yang telah mereka lakukan; untuk kalian yang telah kalian lakukan. Kalian takkan ditanya tentang yang telah mereka amalkan. [141].

وَقَوْلُهُ: {وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَتَمَ شَهَادَةً عِنْدَهُ مِنَ اللَّهِ} قَالَ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ: كَانُوا يَقْرَؤُونَ فِي كِتَابِ اللَّهِ الذِي أَتَاهُمْ: إِنَّ الدِّينَ [عِنْدَ اللَّهِ] الإسلامُ، وَإِنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِنَّ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطَ كَانُوا بُرَآءَ مِنَ الْيَهُودِيَّةِ وَالنَّصْرَانِيَّةِ، فشهِد اللَّهُ بِذَلِكَ، وَأَقَرُّوا بِهِ عَلَى أَنْفُسِهِمْ لِلَّهِ، فَكَتَمُوا شَهَادَةَ الله عندهم من ذلك.

Artinya:
Firman Dia, “Siapa yang lebih aniaya daripada orang yang menyembunyikan Persaksian dari Allah, di sisinya.” (Dan seterusnya).
Chasan Al-Bashri (tabik sohor) berkata, “Dulu mereka membaca di dalam Kitab Allah yang diberikan pada mereka;
1.     Sungguh agama yang di sisi Allah, Islam.
2.     Sungguh Ibrahim, Ismail, Ishaq, Yaqub, Asbath, lepas dari agama Yahudi dan Nashrani.
3.     Allah telah menyampaikan persaksian demikian itu.
4.     Mereka dulu telah mengikrarkan demikian itu.
Namun mereka menyembunyikan Persaksian Allah tentang itu, yang di sisi mereka.”

0 komentar:

Posting Komentar