Jumlah Hadits Munkar yang harus ditolak oleh
umat Islam, banyak. Di antaranya yang diriwayatkan oleh Thabarani di dalam
kitab Doanya: الدعاء للطبراني (ص: 260)
824 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ الْعَبَّاسِ الْمُؤَدِّبُ، ثنا عُبَيْدُ بْنُ إِسْحَاقَ الْعَطَّارُ، ثنا عَاصِمُ
بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ، حَدَّثَنِي
زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: بَيْنَمَا عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
يَعْرِضُ النَّاسَ إِذَا هُوَ بِرَجُلٍ مَعَهُ ابْنُهُ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: «مَا رَأَيْتُ
غُرَابًا بِغُرَابٍ أَشْبَهَ بِهَذَا مِنْكَ» قَالَ: أَمَا وَاللَّهِ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ
مَا وَلَدَتْهُ أُمُّهُ إِلَّا مَيِّتَةً، فَاسْتَوَى لَهُ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
فَقَالَ: وَيْحَكَ حَدِّثْنِي قَالَ: " خَرَجْتُ فِي غَزَاةٍ وَأُمُّهُ حَامِلٌ
بِهِ فَقَالَتْ: تَخْرُجُ وَتَدَعُنِي عَلَى هَذِهِ الْحَالَةِ حَامِلًا مُثْقِلًا،
فَقُلْتُ: أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ مَا فِي بَطْنِكِ قَالَ: فَغِبْتُ ثُمَّ قَدِمْتُ فَإِذَا
بَابِي مُغْلَقٌ، فَقُلْتُ: فُلَانَةُ، فَقَالُوا: مَاتَتْ فَذَهَبْتُ إِلَى قَبْرِهَا
فَبَكَيْتُ عِنْدَهُ، فَلَمَّا كَانَ مِنَ اللَّيْلِ قَعَدْتُ مَعَ بَنِي عَمِّي
أَتَحَدَّثُ، وَلَيْسَ يَسْتُرُنَا مِنَ الْبَقِيعِ شَيْءٌ، فَارْتَفَعَتْ لِي نَارٌ
بَيْنَ الْقُبُورِ، فَقُلْتُ: لِبَنِي عَمِّي مَا هَذِهِ النَّارُ؟ فَتَفَرَّقُوا عَنِّي،
فَأَتَيْتُ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي، فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ: نَرَى عَلَى قَبْرِ فُلَانَةَ
كُلَّ لَيْلَةٍ نَارًا، فَقُلْتُ: إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ، أَمَا
وَاللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَصَوَّامَةً قَوَّامَةً عَفِيفَةً مُسْلِمَةً، انْطَلِقْ بِنَا،
فَأَخَذْتُ الْفَأْسَ فَإِذَا الْقَبْرُ مُنْفَرِجٌ، وَهِيَ جَالِسَةٌ، وَهَذَا يَدِبُّ
حَوْلَهَا، وَنَادَى مُنَادٍ: أَلَا أَيُّهَا الْمُسْتَوْدِعُ رَبَّهُ وَدِيعَتَهُ
خُذْ وَدِيعَتَكَ، أَمَا وَاللَّهِ لَوِ اسْتَوْدَعْتَ أُمَّهُ لَوَجَدْتَهَا، فَأَخَذْتُهُ
وَعَادَ الْقَبْرُ كَمَا كَانَ فَهُوَ وَاللَّهِ هَذَا يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ ".
Arti (selain isnad)nya:
Aslam berkata, “Suatu hari Umar berada di
pertengahan manusia. Tiba-tiba beliau bertemu lelaki bersama putranya.
Umar berkata ‘saya belum pernah melihat burung
gagak yang melebihi kemiripannya pada gagak lainnya daripada kau terhadap ini’.
Dia menjawab ‘ketahuilah ya Amiral Mukminiin!
Dia tidak dilahirkan kecuali sesudah ibunya wafat’. Sontak Umar membenahi
duduknya karena dia.
Umar bertanya ‘sayang! Ceritakan (kisahnya) pada
saya!’.
Dia menjawab ‘saya telah keluar untuk berperang. Saat
itu ibu dia masih mengandung dia’. Ibu dia berkata ‘kau akan meninggalkan saya
dalam keadaan hamil berat ini?’.
Saya berkata ‘yang di dalam perutmu telah saya
serahkan pada Allah’.
Saya pergi, lalu pulang; ternyata pintu (rumah)
saya dikunci. Saya berkata ‘fulanah!’.
Mereka berkata ‘telah wafat!’.
Sontak saya datang ke kuburnya. Saya menangis di
sisi kubur. Ketika malam (telah datang); saya duduk bersama ana-anak paman saya
(dari jalur ayah). Saya sedang bercerita. Saat itu di (makam) Baqik, tidak ada
tabir yang menutup kami. Tiba-tiba ada api yang menjulang di antara kubur.
Saya berkata pada anak-anak paman ‘apa ini?’.
Mereka berpencar mininggalkan saya. Saya datang
pada yang lebih dekat, untuk bertanya. Dia menjawab ‘tiap malam kami melihat
api di atas kubur fulanah!’.
Saya berkata ‘innaa lillaahi wainnaa ilaihi
roojiuun! Demi Allah ketahuilah! Sungguh dia dulu, ahli berpuasa! Ahli shalat
malam! Sangat menjaga kehormatan! Muslimah! Ayo kita pergi!’.
Saya membawa pacul; ternyata kuburnya telah
terbongkar. Di dalamnya mayat istri saya duduk; anak saya ini merangkak di
sisinya.
Ada penyeru berteriak ‘hai yang telah menyerahkan
titipannya pada Tuhannya! Ambil titipanmu! Ingat demi Allah! Kalau kau dulu
menitipkan ibu anak ini! Niscaya kau dapati dia (juga masih hidup)!’.
Saya segera mengambil anak saya. Kubur kembali
lagi seperti semula. ‘Inilah kisahnya ya Amiral Mukminin!’.” [1]
[1] Hadits
ini digolongkan Munkar berdasarkan: فهذه القصة
مدارها على أبي عبد الرحمن عبيد بن إسحاق الضبي العطار ، وقد تلكم فيه المتقدمون
والمتأخرون من أئمة الجرح بما يوجب رد روايته :
قال البخاري في " التاريخ الصغير " (2/ 334 ) : منكر الحديث.
قال البخاري في " التاريخ الصغير " (2/ 334 ) : منكر الحديث.
Artinya:
Ini kisah
sumbernya (dari) Abi Abdir Rohman Ubaid bin Ishaq Addhobbi Al-Atthor. Sungguh ulama zaman dulu dan zaman belakangan, khususnya para imam jarach (ahli
mustholah), telah membicarakan mengenai "Wajib Menolak Riwayat" Beliau. Bukhari
berkata di dalam Tarikh Shoghir (Juz 2 halaman 334), “Dia munkar Haditsnya.”
0 komentar:
Posting Komentar