SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/12/15

KW 163: Dakwah ke Negri Anthakiyah



(Bagian ke-163 dari seri tulisan Khalid bin Walid)


Tujuan bathriq berbicara panjang-lebar di depan Raja Hiraqla, menghina Rifaah dan teman-temannya yang hina di mata mereka, dan untuk pamer pengetahuan pada Jabalah bin Aiham yang berada di situ bersama putranya. Memang hubungan antara sang bathriq dan Jabalah, kurang baik. Karena pernah terjadi perselisihan.
Sang bathriq pernah membangun perkampungan besar untuk mengundang rakyat dalam perayaan tiap tahun. Tiba-tiba tempat itu diberikan oleh Hiraqla pada Jabalah, dan dikuasai oleh Jabalah.

Rifaah mendengarkan ucapan sang bathriq dengan tersenyum, lalu berkata, “Hai bathriq! Kau telah menyanjung kaum yang tidak hebat. Mereka bukan orang yang mentauhidkan Allah yang Maha Agung, yang tiada Bandingan-Nya. Yang memiliki kefadhalan adalah: 
1.     Nabi Ismail AS penguasai Baitullah, Zamzam, Maqam Ibrahim AS, dan Masyaril-Charam. Yang menurunkan raja-raja Tababiah (التبابعة), yang pernah menguasai dunia. 
2.     Yang menonjol dari raja-raja kami, Assha’bu Al-Iskandar (الصعب الإسكندر), yang pernah menguasai dua tanduk dunia, yang pernah memasuki beberapa kegelapan. Yang ditaati orang sedunia, yang pernah sampai pada tempat terbit dan terbenamnya matahari. Yang menaklukkan raja-raja bumi, dan disebut ‘Dzul-Qarnain’ oleh Allah. 
3.     Tokoh hebat selain itu Saba bin Yarib (سبأ بن يعرب).
4.     Syadad bin Ad (شداد ين عاد). 
5.     Syadid bin Ad (شديد بن عاد) dua raja zaman Nabi Hud AS.
6.     Amer Dzul-Adzqan.
7.     Hudhud bin Ad.
8.     Luqman bin Ad (لقمان بن عاد).
9.     Syuban bin Ukaisir (شعبان بن أكسير).
10. Abbad bin Raqim (عباد بن رقيم).
11. Hadil bin Itban (هاديل بن عتبان). 
12. Dari bangsa kami juga ada nabi bernama Chandlalah bin Shafwan (حنظلة بن صفوان) AS, yang bertempat tinggal di Arras (الرس). 
13. Kami memiliki tokoh yang mampu bertahan hidup selama 500 tahun, bernama Nufail bin Abdil-Madan (نفيل بن عبد المدان), cucu Nabi Hud AS yang punya keahlian mengeluarkan kekayaan di dalam bumi, dan ahli berperang. 
14. Yang paling menonjol dari tokoh-tokoh kami, Muhammad SAW. Karena barakah beliau, kami telah dan akan menjadi penguasa. Sementara kalian akan menjadi bawahan kami.”

Rifaah sangat Alim dalam bidang informasi dan nasab (silsilah kaum) Arab. Dia telah mempelajari kitab Nabi Hud, Nabi Shalih dan Nabi Chandlalah AS. Oleh sang bathriq, dia diberondong pertanyaan, “Coba jawab! Apa yang membuat hati bisa menyelami akal rohani? Hingga mencapai Kerajaan Tuhan? Apa yang membuat akal bisa melayang jauh dari pandangan mata? Hingga menemukan mutiara akal suci nan indah?.”
Rifaah menjawab, “Pertanyaanmu salah hai bathriq!.” 
Bathriq bertanya, “Kenapa salah?.” 
Rifaah menjawab, “Bagaimana mungkin hati bisa menyelami akal rohani hingga mencapai Kerajaan Tuhan? Padahal ada yang berusaha menutupi kebenaran? Dan bagaimana mungkin kekufuran bisa menemukan mutiara hikmah? Bagaimana mungkin pikiran bisa menemukan rahasia kebenaran? Padahal pikiran justru sering tertipu? Hai bathriq! Yang kau katakan itu, ungkapan kaum Arab! Kenapa kau berkata ‘asal hikmah (filsafat) bukan dari Arab?’. Raja dari Yaman ada yang bernama Saif bin Dzu Yazan (سيف بن ذو يزن), yang pernah mengkhabarkan kenabian Muhammad SAW, nabi kami. Dia ahli hikmah. Ucapannya diabadikan oleh penyair kami yang fasih bernama Quss bin Saidah (قُسُّ بنُ ساعِدَةَ):
Ketahuilah bahwa sungguh kita
Tergolong Kaum yang mendapatkan Al-Cusna [1]
Maka maafkanlah kebodohan manusia [2]


Pada Rifaah, Abdullah bin Rabiah (عبد الله بن ربيعة) bertanya, “Ya Paman! Kenapa si bathriq memahami ucapan Paman? Dan Paman memahami ucapannya?.” 
Rifaah menjawab, “Nak, setahu saya justru orang laknat itu sangat fasih berbahasa Arab. Saya bertanya pada Yuqana tentang ‘kenapa dia pandai berbahasa Arab?’ Yuqana menjawab ‘apa kau tak tahu bahwa kekuasan raja-raja dan bathriq-bathriq Romawi, takkan sempurna, kecuali jika telah menguasai bahasa Arab?.” 

Penjelasan Rifaah mengenai perdebatannya dengan sang bathriq dicatat oleh kaum Muslimiin yang mendengarkan.


[1] Al-Chusna: kebaikan mengagumkan.

[2] Syairnya panjang dan berbahasa Arab, maka dipotong.

0 komentar:

Posting Komentar