SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2016/05/22

Sabda Yaqub untuk Yusuf AS







Kepada Yusuf, Yaqub bersabda, “Yaa bunayya” yang artinya ‘hai anakku sayang’, agar Yusuf tahu bahwa Yaqub sayang padanya AS. Yang digunakan menyatakan, “Sayang” lafal tashghir (bunayya) tersebut.
Kepada Yusuf, Yaqub AS melarang, “Laataqshush ruyaaka ‘alaa ikhwatika” yang artinya ‘jangan kau ceritakan mimpimu atas saudara-saudaramu !’, agar sejak kecil Yusuf bisa mengendalikan lisan. Karena kalau semua yang menyenangkan diceritakan, berbahaya, bisa membuat pendengar, benci atau dengki. Berdasarkan kalimat Ayat setelahnya, “Fayakiidu laka kaidan” yang juga merupakan Sabda Yaqub AS, yang artinya ‘maka mereka akan bermakar padamu dengan benar-benar bermakar.  
Kepada Yusuf, Yaqub AS bersabda, “Innassyaithoona lil insani ‘aduwwun mubiiin” yang artinya ‘sungguh Syaitan musuh nyata bagi manusia. Agar Yusuf AS tahu bahwa di balik kenyataan yang ada ini ada Syaitan yang selalu mempengaruhi agar manusia yang dimusuhi terjerumus dan tersesat.


2 komentar: