SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/12/19

Pembelaan Tuhan




Awal bulan Rajab tahun 2 Hijriyah, terjadi 'Pembunuhan' yang menggegerkan kaum Makkah. Intinya mereka menyalahkan kaum Muslimiin di Madinah, karena tokoh mereka, Amer bin Al-Hadhrami, tewas oleh Waqid yang Muslim.
Cemoohan kaum bergelimang dosa yang makin lama makin menyakitkan perasaan, dibantah oleh Allah pembela kaum Muslimiin:
Mereka bertanya kau tentang bulan Haram
(Bolehkah) berperang di dalamnya?
Katakan, “Berperang di dalamnya ‘dosa besar’
Namun:
·        Menghalang-halangi dari Jalan Allah dan mengkufuri Allah
·        (Menghalang-halangi dari) Masjidil-Haram
·        Mengusir penduduk Masjidil-Haram dari Masjidil-Haram
·        Menurut Allah ‘lebih besar’
·        Dan fitnah (syirik) lebih besar (dosanya) daripada membunuh.” [1]

Allah juga menjelaskan mengenai ‘tekat’ kaum (atau agama) kafir yang harus diketahui:
Dan mereka takkan berhenti memerangi, hingga memurtadkan kalian dari agama kalian, jika mampu. Padahal barangsiapa dari kalian, murtad dari agamanya, lalu mati dalam keadaan kafir, maka amalan-amalan mereka di dunia dan akhirat, lebur. Mereka penghuni neraka yang kekal di dalamnya. [2]

Allah juga menjelaskan mengenai 'rombongan Waqid, di bawah pimpinan Abdullah bin Jahsy', yang membunuh Amer bin Al-Hadhrami:
Sungguh kaum yang telah beriman, telah hijrah, telah berjihad di Jalan Allah, mereka mengharapkan Rahmat Allah. Dan Allah Maha pengampun Maha penyayang. [3]


[1] {يَسْأَلُونَكَ عَنِ الشَّهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيهِ قُلْ قِتَالٌ فِيهِ كَبِيرٌ وَصَدٌّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَكُفْرٌ بِهِ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَإِخْرَاجُ أَهْلِهِ مِنْهُ أَكْبَرُ عِنْدَ اللَّهِ وَالْفِتْنَةُ أَكْبَرُ مِنَ الْقَتْلِ} [البقرة: 217].
[2] {وَلَا يَزَالُونَ يُقَاتِلُونَكُمْ حَتَّى يَرُدُّوكُمْ عَنْ دِينِكُمْ إِنِ اسْتَطَاعُوا وَمَنْ يَرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ} [البقرة: 217].
[3] { إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ } [البقرة: 218].

0 komentar:

Posting Komentar