SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/12/14

Doa Agar Cinta Allah Berkembang




Karena belum bisa menemukan jalan menuju khusuk atau cinta pada Allah, beberapa pemuda bersedih. Mereka mengikuti pengajian yang disampaikan oleh Ustadz Joko Bejo; “Ada doa agar kita rindu padaAllah! Sebaiknya doa ini kita baca:
«اللَّهُمَّ بِعِلْمِكَ الْغَيْبَ، وَقُدْرَتِكَ عَلَى الْخَلْقِ، أَحْيِنِي مَا عَلِمْتَ الْحَيَاةَ خَيْرًا لِي، وَتَوَفَّنِي إِذَا عَلِمْتَ الْوَفَاةَ خَيْرًا لِي، اللَّهُمَّ وَأَسْأَلُكَ خَشْيَتَكَ فِي الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، وَأَسْأَلُكَ كَلِمَةَ الْحَقِّ فِي الرِّضَا وَالْغَضَبِ، وَأَسْأَلُكَ الْقَصْدَ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى، وَأَسْأَلُكَ نَعِيمًا لَا يَنْفَدُ، وَأَسْأَلُكَ قُرَّةَ عَيْنٍ لَا تَنْقَطِعُ، وَأَسْأَلُكَ الرِّضَاءَ بَعْدَ الْقَضَاءِ، وَأَسْأَلُكَ بَرْدَ الْعَيْشِ بَعْدَ الْمَوْتِ، وَأَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ، وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءَ مُضِرَّةٍ، وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ، اللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِينَةِ الْإِيمَانِ، وَاجْعَلْنَا هُدَاةً مُهْتَدِينَ»

Allahumma bi’ilmiKal ghoiba waqudrotiKa ‘alal-khalqi ahyinii maa ‘alimtal-hayaata khairan lii watawaffanii idzaa ‘alimTal-wafaata khairan lii. Allahumma waasaluKa khasyataKa fil-ghaibi wassyahadah. Waasaluka kalimatal-haqqi firridha wal-ghadhab. waasaluKal-qashda fil-faqri wal-ghinaa. waasaluKa naa’iiman laa yanfad. waasaluKa qurrata ‘ainin laa tanqadhi’. waasaluKarridhaa ba’dal-qadhak. waasaluKa bardal-‘aisyi ba’dal-maut. waasaluKa ladzzatannadlari ilaa wajhiKa wassyauqa ilaa liqaaiKa fii ghairi dharraa’a mudhirratin walaa fitnatin walaa mudhillah. Allahumma zayinnaa biziinatil-iimaan. Waj’alnaa hudaatan muhtadiin.

Makna perkalimat:
2.     بِعِلْمِكَ  dengan IlmuMu
3.     الْغَيْبَ  keghaiban-keghaiban
4.     وَقُدْرَتِكَ  dan QodratMu
5.     عَلَى الْخَلْقِ  atas segala makhluq
6.     أَحْيِنِي  hidupkan saya
7.     مَا عَلِمْتَ  selama Kau tahu
8.     الْحَيَاةَ  hidup
9.     خَيْرًا  lebih baik
10. لِي  untukku
11. وَتَوَفَّنِي  dan matikan saya
12. إِذَا عَلِمْتَ  ketika Kau tahu
13. الْوَفَاةَ  mati
14. خَيْرًا لِي  lebih baik untukku
15. اللَّهُمَّ وَأَسْأَلُكَ  ya Allah dan saya mohon padaMu
16. خَشْيَتَكَ  khusyuk padaMu
17. فِي الْغَيْبِ  di tempat-tempat tidak tampak
18. وَالشَّهَادَةِ  dan nyata
19. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
20. كَلِمَةَ الْحَقِّ  kalimat benar
21. فِي الرِّضَا  di waktu ridha
22. وَالْغَضَبِ  dan marah
23. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
24. الْقَصْدَ  sedang (sederhana)
25. فِي الْفَقْرِ  di waktu faqir
26. وَالْغِنَى  dan kaya
27. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
28. نَعِيمًا  kenikmatan sempurna
29. لَا يَنْفَدُ  yang tak habis
30. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
31. قُرَّةَ عَيْنٍ  pendingin (hiburan) mata
32. لَا تَنْقَطِعُ  yang tak putus
33. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
34. الرِّضَاءَ  Ridha
35. بَعْدَ الْقَضَاءِ  setelah Keputusan(Mu)
36. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
37. بَرْدَ الْعَيْشِ  dingin (nikmat)nya hidup
38. بَعْدَ الْمَوْتِ  setelah mati
39. وَأَسْأَلُكَ  dan saya mohon padaMu
40. لَذَّةَ النَّظَرِ  Nikmat Memandang
41. إِلَى وَجْهِكَ  pada WajahMu
42. وَالشَّوْقَ  dan rindu
43. إِلَى لِقَائِكَ  pada PertemuanMu
44. فِي غَيْرِ ضَرَّاءَ  dalam tidak bahaya
45. مُضِرَّةٍ  membahayakan
46. وَلَا فِتْنَةٍ  dan tidak dalam kerusakan
47. مُضِلَّةٍ  menyesatkan
48. اللَّهُمَّ زَيِّنَّا  ya Allah hiasilah kami
49. بِزِينَةِ الْإِيمَانِ  dengan hiasan iman
50. وَاجْعَلْنَا  dan jadikan kami
51. هُدَاةً مُهْتَدِينَ  sebagai penuntun mendapat tuntunan.

Artinya:
Ya Allah, dengan IlmuMu pada barang-barang ghaib, dan dengan QodratMu atas segala makhluq, hidupkan saya, selama Kau tahu hidup lebih baik untuk saya. Matikan saya, ketika Kau tahu mati lebih baik untuk saya. Ya Allah saya juga mohon:
1.     Khusyuk padaMu di waktu-waktu tidak tampak, dan nyata.
2.     Kalimat (berbicara) benar, ketika ridha dan marah.
3.     Sederhana ketika fakir dan kaya.
Saya juga mohon padaMu, kenikmatan sempurna yang tak habis. Saya juga mohon padaMu, Pendingin (hiburan) mata yang tak putus. Saya juga mohon padaMu, Ridha setelah diqodar. Saya juga mohon padaMu, Dingin (nikmat)nya hidup setelah mati. Saya juga mohon padaMu, Nikmat Memandang pada WajahMu, dan Rindu pada PertemuanMu, dalam keadaan tidak bahaya maupun membahayakan, tidak dalam kerusakan yang menyesatkan. Ya Allah, hiasilah kami, dengan hiasan iman. Dan jadikan kami sebagai pembimbing-pembimbing yang mendapatkan bimbingan.” [1]  



1305 - أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبِ بْنِ عَرَبيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَطَاءُ بْنُ السَّائِبِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: صَلَّى بِنَا عَمَّارُ بْنُ يَاسِرٍ صَلَاةً، فَأَوْجَزَ فِيهَا، فَقَالَ لَهُ بَعْضُ الْقَوْمِ: لَقَدْ خَفَّفْتَ أَوْ أَوْجَزْتَ الصَّلَاةَ، فَقَالَ: أَمَّا عَلَى ذَلِكَ، فَقَدْ دَعَوْتُ فِيهَا بِدَعَوَاتٍ سَمِعْتُهُنَّ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا قَامَ تَبِعَهُ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ هُوَ أُبَيٌّ غَيْرَ أَنَّهُ كَنَى عَنْ نَفْسِهِ، فَسَأَلَهُ عَنِ الدُّعَاءِ، ثُمَّ جَاءَ فَأَخْبَرَ بِهِ الْقَوْمَ: «اللَّهُمَّ بِعِلْمِكَ الْغَيْبَ، وَقُدْرَتِكَ عَلَى الْخَلْقِ، أَحْيِنِي مَا عَلِمْتَ الْحَيَاةَ خَيْرًا لِي، وَتَوَفَّنِي إِذَا عَلِمْتَ الْوَفَاةَ خَيْرًا لِي، اللَّهُمَّ وَأَسْأَلُكَ خَشْيَتَكَ فِي الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، وَأَسْأَلُكَ كَلِمَةَ الْحَقِّ فِي الرِّضَا وَالْغَضَبِ، وَأَسْأَلُكَ الْقَصْدَ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى، وَأَسْأَلُكَ نَعِيمًا لَا يَنْفَدُ، وَأَسْأَلُكَ قُرَّةَ عَيْنٍ لَا تَنْقَطِعُ، وَأَسْأَلُكَ الرِّضَاءَ بَعْدَ الْقَضَاءِ، وَأَسْأَلُكَ بَرْدَ الْعَيْشِ بَعْدَ الْمَوْتِ، وَأَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ، وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءَ مُضِرَّةٍ، وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ، اللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِينَةِ الْإِيمَانِ، وَاجْعَلْنَا هُدَاةً مُهْتَدِينَ»
__________

[حكم الألباني] صحيح

2 komentar:

  1. boleh gag saya amalkan semua doa di dalam blog ini meski belum manqul ? alhamdulillah jaza kumullohu khoiron moga2 alloh paring aman selamat lancar dan barokah

    BalasHapus