SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/07/27

BQ 1: Bedah Al-Qurthubi



Kitab tafsir yang tergolong sangat lengkap adalah Al-Qurthubi, penulisnya dari Kordoba.
Al-Qurthubi menulis sejarah yang luar biasa. Kalau di zaman kuno, Raja Hiraqla dalam perang Yarmuk, mampu menerjunkan lebih dari 1.060.000 pasukan berkuda, untuk menggempur pasukan berkuda Muslimiin yang berjumlah 41.000. Jauh tahun sebelum itu, Raja Sanhareb mampu menerjunkan pasukan berkuda (membawa 600.000 panji. Tiap panji diarak oleh 100.000 pasukan berkuda), jauh lebih banyak daripada itu. Untuk memerangi kaum Israil, di Baitul-Maqdisتفسير القرطبي - (ج 10 / ص 215)

وقال محمد بن إسحاق في خبر فيه طول: إن المهزوم سنحاريب ملك بابل، جاء ومعه ستمائة ألف راية تحت كل راية مائة ألف فارس فنزل حول بيت المقدس فهزمه الله تعالى وأمات جميعهم إلا سنحاريب وخمسة نفر من كتابه، وبعث ملك بنى إسرائيل واسمه صديقة في طلب سنحاريب فأخذ مع الخمسة، أحدهم بختنصر، فطرح في رقابهم الجوامع وطاف بهم سبعين يوما حول بيت المقدس وإيلياء ويرزقهم كل يوم خبزتين من شعير لكل رجل منهم، ثم أطلقهم فرجعوا إلى بابل، ثم مات سنحاريب بعد سبع سنين، واستخلف بختنصر وعظمت الاحداث في بنى إسرائيل، واستحلوا المحارم وقتلوا نبيهم شعيا، فجاءهم بختنصر ودخل هو وجنوده بيت المقدس وقتل بنى إسرائيل حتى أفناهم.

Artinya:
Di dalam ulasan panjang, Muhammad bin Ishaq menjelaskan,  “Al-Mahzum Sanhareb Raja Babilon, pernah datang (ke Baitil-Maqdis), dengan membawa 600.000 panji. Di belakang tiap panji, arak-arakan 100.000 pasukan berkuda. Lautan pasukan itu berhenti di sekitar Baitul-Maqdis. Namun mereka dibuat lari-ketakutan dan ditewaskan semuanya oleh Allah, kecuali Raja Sanhareb dan lima orang sekertaris (kuttab)nya. [1]
 
Allah perintah agar Raja Shidqiyah (صديقة) mengejar lima orang, Bukhtunashar (بختنصر) termasuk di antara mereka.
Leher-leher mereka dibelenggu, dan diarak mengelilingi Baitul-Maqdis. Tiap hari selama itu, jatah makan mereka hanya dua potong roti dari gandum. Setelah itu mereka berlima diperbolehkan pulang ke-Babilon. 
Tujuh tahun setelah itu Raja Sanhareb wafat, dan penggantinya, Raja Bukhtunashar. Saat itu di negeri Israil telah banyak dilakukan pembaharuan agama (bidah dan syirik). Bahkan mereka telah berani menghalalkan barang haram dan membunuh Nabi Syakya (شَعْيا) AS.

Raja Bukhtunashar dan pasukannya memasuki Baitul-Maqdis, membantai dan menghabisi kaum Israil.”



Ponpes Mulya Abadi Mulungan

[1] Mayat-mayat memenuhi lautan di dekat Baitul-Maqdis. Dalam Al-Kamil dijelaskan: الكامل في التاريخ - (ج 1 / ص 84)
انّ الله أرسل عليهم ريحاً فأهلكت جيشه وأفلت هو وكاتبه (Sungguh Allah telah mengirim angin untuk membinasakan pasukan Raja Sanhareb. Dia dan sejumlah sekertarisnya sama selamat).


3 komentar:

  1. Woow.. pasukan berkuda sebanyak 60.000.000.000 (enam puluh milyar??)
    Apa tdk salah penulisan? Jaman sekarang populasi manusia sj diperkirakan hanya skitar tujuh milyar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh diterjemahkan dengan teman2.Naskah aslinya, saya tulis di atas.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus