SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/05/22

Kerukunan dan Kekompakan


Ajaran Allah dan Rasulillah SAW mengenai rukun dan kompak ini, bukan urusan kecil yang mudah dilaksanakan. Hanya orang yang dibimbing oleh Allah, yang mampu melaksanakannya. Abu Dawud mengeluarkan Hadits mengenai itu: سنن أبي داود - (ج 9 / ص 404)
3060 - حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَا حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ بْنِ عَمْرِو بْنِ جَرِيرٍ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ لَأُنَاسًا مَا هُمْ بِأَنْبِيَاءَ وَلَا شُهَدَاءَ يَغْبِطُهُمْ الْأَنْبِيَاءُ وَالشُّهَدَاءُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِمَكَانِهِمْ مِنْ اللَّهِ تَعَالَى قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ تُخْبِرُنَا مَنْ هُمْ قَالَ هُمْ قَوْمٌ تَحَابُّوا بِرُوحِ اللَّهِ عَلَى غَيْرِ أَرْحَامٍ بَيْنَهُمْ وَلَا أَمْوَالٍ يَتَعَاطَوْنَهَا فَوَاللَّهِ إِنَّ وُجُوهَهُمْ لَنُورٌ وَإِنَّهُمْ عَلَى نُورٍ لَا يَخَافُونَ إِذَا خَافَ النَّاسُ وَلَا يَحْزَنُونَ إِذَا حَزِنَ النَّاسُ وَقَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ { أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ }.

Arti (selain isnad)nya:
Sesungguhnya Umar bin Al-Khatthab RA pernah berkata, “Nabi SAW telah bersabda ‘sebagian dari Hamba-Hamba Allah; ada sejumlah orang yang bukan para nabi dan bukan para syuhadak. Di hari kiamat nanti para nabi AS dan suhadak akan iri pada mereka, karena tempat mereka dari Allah Taala’.
Para sahabat berkata ‘ya Rasulallah! Beri(lah) kabar kami; siapakah mereka?’.
Nabi SAW bersabda ‘mereka kaum yang saling mencintai karena Ruh Allah, bukan karena kerabat antar mereka, juga bukan karena harta yang mereka dapatkan. Demi Allah, wajah-wajah mereka niscaya bercahaya. Dan sungguh mereka atas cahaya. Mereka tidaktakut; ketika orang-orang sama takut. Dan tidak susah, ketika orang-orang sama susah’.
Dan nabi SAW membaca ini Ayatأَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ [يونس/62]’.”
Artinya:
Ingat! Sesungguhnya Kekasih-Kekasih Allah tiada khawatir atas mereka, dan mereka tidak susah.

Kesimpulan: Mempertahankan kerukunan, berpahala luar biasa. Hingga para nabi dan syuhadak akan iri pada kedudukan mereka di hari kiamat nanti. Tapi ini bukan berarti pahala dan surga para Nabi dan Syuhadak, di bawah mereka.  


Mulungan Sleman Yogyakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi

2 komentar:

  1. Tanggal 9 April 2014, bisa untuk melihat sampai dimana kerukunan dan kekompakan saudara-saudara kita....

    BalasHapus