SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/05/15

Hud 1: Perang Hudaibiyyah



Cerita Islami Bersambung

Senang dan susah datang silih berganti sepanjang masa. Demikian pula yang dialami oleh nabi SAW dan para sahabatnya RA. Akhir bulan Syawal tahun 6 Hijriyah, hari berbahagia, karena nabi SAW bercerita ‘telah bermimpi melakukan umrah ke Masjidal-Haram yang dirindukan, dalam keadaan aman’.

Kepada Busr bin Sufyan dari Makkah yang baru saja masuk Islam, nabi SAW berpesan, “Jangan pulang dulu! Kita bersama-sama! Kami akan umrah ke Makkah!,” terang Al-Waqidi di dalam Al-Maghazi.

Nabi SAW dan para sahabat berjumlah 1.400 orang, bersiap akan ke Makkah. Mereka yakin sepenuhnya bahwa umrah akan berjalan lancar karena mimpi nabi SAW tersebut. Yang menggiring hadyu (الْهَدْيُ) dalam rombongan umrah tersebut: Nabi SAW, Abu Bakr, Abdur Rohman bin Auf, Utsman bin Affan, dan Thalchah bin Ubaidillah RA.

Yang diperintah agar memimpin sementara pada kaum Muslimiin di Madinah, Ibnu Umi Maktum (ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ) RA. Nabi SAW meninggalkan Madinah pada tanggal 1 Dzul-Qa’dah (ذُو الْقَعْدَةِ) tahun 6 Hijriyah, dengan berkendaraan unta bernama Qashwa (الْقَصْوَاءُ), diikuti oleh para sahabat.

Rombongan berhenti di Dzil-Culaifah (ذِي الْحُلَيْفَةِ) untuk shalat zhuhur. Unta-unta hadyu dihadapkan ke Kiblat untuk diberi tanda beberapa sandal. Nabi SAW memanggil dan perintah pada Busr agar memata-matai kaum yang memusuhi Islam. Nabi juga perintah pada 20 orang, di bawah pimpinan Abbad bin Bisyr (عَبَّاد بْن بِشْر), agar memata-matai kaum kafir.
Beberapa pasukan Abbad yang berkuda: Al-Miqdad bin Amer, Abu Ayyasy Azzuraqi (أبو عياش الزرقي), Al-Chubab bin Al-Mundzir (الْحُبَاب بْن الْمُنْذِر), Amir bin Rabiah, Said bin Zaid, Abu Qatadah, dan Muhammad bin Maslamah.
Ada yang menjelaskan, “Pimpinan mereka bernama Saed bin Zaid Al-Asyhali (سَعْد بْن زَيْد الْأَشْهَلِيّ).”

Rasulullah SAW memasuki Masjid untuk melakukan shalat dua rakaat. Lalu minta agar untanya didekatkan untuk dikendarai. Unta dihadapkan ke Ka’bah dan Rasulallah SAW berihram dan membaca talbiyah, “LabbaiK Allahumma labbaiK! LabbaiKa laa syariika laKa labbaiK! Innalhamda wannikmata laKa walmulk! Laa syariika laK!.[1]

Di antara arak-arakan panjang itu ada empat wanita:
1.     Ummu Salamah (أُمُّ سَلَمَةَ) istri Rasulillah SAW.
2.     Ummu Umarah (أُمّ عُمَارَة).
3.     Ummu Manik (أم منيع).
4.     Dan Ummu Amir Al-Asyhaliyah (أم عامر الأشهلية).
Dan 70 hingga 100 orang yang baru saja masuk Islam.

Ketika melewati daerah Rauchak (الرَّوْحَاء), rombongan bertemu keluarga besar Nahd yang sama menggiring kawanan binatang dan kambing. Nabi SAW mengajak Islam; namun mereka menolak.
Tapi mereka mengirimkan susu melalui utusan mereka, pada Rasulillah SAW. Nabi SAW bersabda, “Saya takkan menerima hadiyah (pemberian) orang musyrik.”
Agar para sahabat dan kaum yang mengirimi susu, sama-sama senang; nabi SAW perintah agar susu itu dibeli. Sejumlah sahabat nabi SAW yang tidak ihram, juga shadaqah tiga ekor dhob hidup, untuk dimasak. Sejumlah orang yang ihram diberi daging tersebut, namun menolak. Sebagaian yang lain bertanya pada Rasulallah SAW tentang kehalalan dhob tersebut.
Nabi SAW bersabda, “Makanlah! Semua buruan halal untuk kalian yang ihram. Kecuali jika kalian yang memburu, atau buruan itu diburu, untuk kalian.”
Mereka berkata, “Ya Rasulallah! Demi Allah kami tidak memburu. Yang memburu kaum pedesaan itu, untuk diri mereka sendiri. Kebetulan saja mereka bertemu kita. Mereka kaum pengembara yang berpindah-pindah, mencari tempat yang terguyur hujan.
Nabi SAW perintah agar seorang dari mereka didatangkan untuk ditanya, “Kalian akan kemana?.”

Berita tentang ‘nabi SAW dan para sahabatnya akan segera sampai ke Makkah’ segera sampai pada penduduk Makkah. Mereka berkumpul untuk bermusawarah. Sebagian mereka berkata, “Dia dan pasukanya bertujuan umrah. Yang kita khawatirkan jika kaum Arab sama tahu ‘Muhammad dan pasukannya memasuki wilayah kita’. Kita akan dikira telah dikalahkan oleh mereka. Bagaimana sebaiknya?.”
Dalam majlis itu dihadiri oleh tokoh-tokoh penting: Shafwan bin Umayah (صَفْوَانُ بْنُ أُمَيَّةَ), Suhail bin Amer (سُهَيْلُ بْنُ عَمْرٍو), Ikrimah bin Abi Jahl (عِكْرِمَةُ بْنُ أَبِي جَهْلٍ), dan lainnya.
Shafwan berkata, “Sejak dulu kita sepakat, takkan memutuskan perkara kecuali melalui musyawarah. Sebaiknya kita mengutus lelaki perkasa untuk memimpin 200 pasukan berkuda, agar pergi ke Kurak Al-Ghamim (كُرَاعَ الْغَمِيم).”
Hampir semua hadirin menyetujui, “Kau betul! Ayo segera dilaksanakan!.”

Kaum Quraisy memberangkan 200 mata-mata berkuda, di bawah pimpinan Ikrimah bin Abi Jahl atau Khalid bin Al-Walid. Mereka bergerak cepat memacu kuda menuju pegunungan.
Di bawah pimpinan Al-Chakam bin Abdi Manaf (الحكم بن عبد مناف), sepuluh orang dari rombongan tersebut bergerak mendaki pegunungan, untuk mengamati keadaan. Yang lain berhenti bersama Ikrimah atau Khalid, pimpinan mereka.

Kaum Quraisy yang lain juga terkejut ketika mendengar berita ‘nabi SAW dan rombongannya akan memasuki Makkah untuk umrah’. Mereka berkumpul di kota Baldach (بَلْدَحٌ), mendirikan tenda-tenda.
Sejumlah wanita dan anak-anak banyak sekali, juga ikut berkumpul, untuk bergabung pada mereka yang menghalang-halangi rombongan nabi SAW.

Busr memasuki Makkah untuk melihat dan mendengarkan pembicaraan kaumnya. Lalu bergegas menemui nabi SAW di daerah Ghadir (غَدِير). Begitu dia muncul; nabi SAW bertanya, “Hai Busr! Kau dikejar oleh siapa?.”
Busr menjawab, “Ya Rasulallah! Ternyata kaum baginda bernama Kaeb bin Luai (كَعْبَ بْنَ لُؤَيٍّ) dan Amir bin Luai (عَامِرِ بْنِ لُؤَيٍّ), telah tahu bahwa baginda akan masuk ke Makkah. Mereka bertekat akan menghalang-halangi baginda dari Masjidil-Haram. Mereka telah menggerakkan 200 pasukan berkuda di bawah pimpinan Khalid bin Al-Walid. Dan mereka telah bergerak sampai daerah Ghamim. Sejumlah mata-mata yang lain di atas pegunungan, juga mengamati gerak-gerik kita.”
Nabi SAW bersabda, “Bagaimana pendapat kalian mengenai kaum yang menghalang-halangi kita menuju Masjidil-Haram ini? Sebaiknya kita teruskan perjalanan, dan kita perangi kaum yang menghalang-halangi kita? Atau bagaimana?.”
Abu Bakr berdiri dan berkata, “Allah dan RasulNya yang lebih tahu mengenai langkah paling tepat. Hanya kami berpandangan, sebaiknya perjalanan ini kita lanjutkan. Orang yang menghalang-halangi kita, kita perangi.”
Abu Hurairah berkata, “Saya belum pernah melihat tokoh yang lebih sering musyawarah dengan para sahabatnya daripada Rasulillah SAW.”

Al-Miqdad bin Amer (الْمِقْدَادَ بْنَ عَمْرٍو) berkata, “Ya Rasulallah! Kami takkan berbuat seperti Bani Israil yang berkata pada Nabi Musa AS ‘baginda dan Tuhan baginda saja yang melawan mereka! Sungguh kami akan duduk di sini saja!’ Kami mempersilahkan baginda berperang! Dan kami akan mendampingi baginda! Bahkan demi Allah! Kalau baginda berjalan menuju Barkil-Ghimad (بَرْك الغِماد) pun, niscaya kami semuanya tetap mendampingi baginda hingga tujuan.”
Usaid bin Chudhair (أُسَيْدُ بْنُ حُضَيْرٍ) berkata, “Ya Rasulallah! Sebaiknya perjalanan ini kita teruskan! Kaum yang merintangi, kita perangi!.”
Rasulullah SAW bersabda, “Tujuan dalam perjalanan ini bukan untuk berperang! Tujuan kita umrah!.”

Di saat yang menegangkan itu, kaum Muslimiin sama menderita kehausan. Air sedikit yang berada di telaga telah habis terkuras. Sejumlah orang melaporkan pada nabi SAW bahwa mereka kehausan.
Nabi SAW mengambil anak-panah dari busur, untuk ditancapkan pada telaga yang telah habis airnya. Sontak airnya memancar hingga mereka mengambil, untuk diminum dan untuk keperluan yang lain.

Budail bin Warqak (بُدَيْلُ بْنُ وَرْقَاءَ) dan teman-temannya dari Khuzaah (خُزَاعَةَ) menemui, untuk berkata pada nabi SAW: “Ya Muhammad! Selain kami yang datang ini; masih ada lagi pasukan kami berjumlah banyak, di bawah pimpinan Kaeb bin Luai (كَعْبَ بْنَ لُؤَيٍّ) dan Amir bin Luai (عَامِرِ بْنِ لُؤَيٍّ). Mereka bertempat di dekat sejumlah perairan Hudaibiyah, dengan membawa unta-unta beranak yang bersusu besar-besar. Mereka akan memerangi dan menghalang-halangi kalian dari Masjidil-Haram.”
Nabi SAW bersabda, “Kami datang bukan untuk berperang! Tetapi untuk umrah! Kaum Quraisy telah terkuras tenaga dan harta mereka untuk berperang! Jika mereka setuju, saya akan mengajak berdamai pada mereka! Agar saya dan mereka bebas melakukan aktifitas. Jika nanti saya telah kokoh, mereka boleh Masuk Islam seperti selain mereka. Jika mereka bersikeras tak mau Islam; lumayan punya kesempatan beristirahat dari perang. Jika mereka bersikeras akan menghalang-halangi kami! Demi yang menggenggam diriku! Mereka akan saya lawan untuk membela agama, meskipun leher saya putus karenanya! Sungguh Allah niscaya akan mendukung AgamaNya!.”
Budail berkata, “Ucapanmu akan saya sampaikan pada mereka!.”

Budail dan rombongannya pergi menuju kaum Quraisy, untuk berkata, “Kami telah mendatangi dan mendengarkan ucapan lelaki itu. Kalau kalian tertarik, saya akan melaporkan.”
Beberapa orang menjawab, sehingga menjadi ricuh. Sebagaian mereka berkata, “Kami tidak ingin mendengarkan yang tidak pentingSebagian mereka berkata, “Katakan! Yang telah kau dengar!.”
Budail menjelaskan yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW untuk mereka.
Urwah bin Masud (عُرْوَةُ بْنُ مَسْعُودٍ) berdiri untuk berkata, “Wahai semuanya! Bukankah kalian ini sebagai senior saya?.”
Mereka menjawab, “Betul!.”
Urwah bertanya lagi, “Bukankah saya ini yunior kalian?.”
Mereka menjawab, “Betul!.”
Urwah bertanya lagi, “Apa kalian tidak percaya pada saya?.”
Mereka menjawab, “Percaya!.”
Urwah bertanya lagi, “Bukankah kalian telah tahu bahwa saya yang telah menggerakkan penduduk Ukadz (عُكَاظ) untuk bergabung pada kalian? Setelah mereka membangkang, saya membawa keluarga, anak, dan kaum yang taat saya, untuk bergabung kemari?.”
Mereka berkata, “Betul!.”
Urwah berkata, “Lelaki ini telah menawarkan aturan yang tepat! Terimalah! Dan perintahlah agar saya datang padanya!.”
Mereka berkata, “Datanglah padanya!.”
Urwah bergegas datang pada nabi SAW, untuk meminta agar nabi SAW pulang ke Madinah.
Nabi SAW bersabda pada Urwah seperti bersabda pada Budail.
Urwah berkata, “Ya Muhammad! Apa kau telah berpikir bahwa langkahmu ini justru akan membuat urusan pengikutmu menjadi runyam? Apa ada tokoh Arab sebelummu yang merusak pengikutnya sendiri? Jika peperangan ini kami menangkan, sepertinya pengikutmu akan lari meninggalkan kau.”
Abu Bakr Asshiddiq membentak Urwah, “Kulum kelentit Lata! Masyak kami akan lari meninggalkan baginda SAW?.”
Urwah bertanya, “Siapa dia?.”
Kaum Muslimiin menjawab, “Abu Bakr!.”
Pada Abu Bakr, Urwah berkata,  “Demi Allah! Kalau bukan karena jasamu yang belum saya balas, niscaya kau telah saya tindak.”
Urwah mendekat, sambil membelai jenggot nabi SAW yang diajak berdialog. Urwah terkejut karena tangannya berkali-kali dipukul dengan gagang pedang oleh lelaki berhelm perang bernama Al-Mughirah bin Syubah (الْمُغِيرَةُ بْنُ شُعْبَةَ), yang posisi berdirinya berada di atas. Agar tangannya disingkirkan, tidak membelai jenggot Rasulillah SAW.
Terdengar kalimat yang meledak dari bibir Al-Mughirah: “Singkirkan tanganmu dari jenggot Rasulillah SAW!.”
Urwah mengangkat wajah lalu bertanya, “Siapa dia?.”
Mereka menjawab, “Al-Mughirah bin Syubah.”
Urwah membentak, “Hai keparat! Bukankah kau pernah saya tolong dalam melakukan kejahatan?!.”[2]
Nabi SAW bersabda, “Mengenai Islam dia, saya terima. Sedangkan harta rampasannya saya tidak berurusan.”

Urwah terheran-heran ketika berkali-kali melihat para sahabat nabi SAW menangkap dan berebut ludah nabi SAW dengan tangan mereka. Dengan gerak cepat lelaki yang berhasil menangkap ludah itu mengusapkan pada wajah dan kulitnya. Dan semua perintah nabi SAW dilaksanakan dengan berebut oleh mereka. Mereka juga berebut sisa air bekas wudhu nabi SAW. Yang tak kalah mengagumkan, jika nabi SAW bersabda; semuanya diam untuk mendengarkan.

Urwah memacu kendaraannya untuk pulang menuju para sahabatnya.


Rujukan Cerita Islami ini, Al-Maghazi, Bukhari dan Fatchul-Bari. Penulis berdoa, “Semoga Allah memberi pahala pada kita semuanya. Dan semoga Allah memberi kemampuan saya Bisa Meneruskan tulisan ini.”


[1] (لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ).
[2] Memang di zaman Jahiliyyah, Al-Mughirah pernah berteman pada kaum. Lalu dia membunuh dan merampas harta mereka. Namun lalu datang pada nabi SAW untuk Islam.

0 komentar:

Posting Komentar