SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/06/09

Dosa Makan Riba



Kajian Bersambung
Surat Al-Baqarah 275 – 277

Dosa Makan Riba

{الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (275) يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ (276) إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (277)} [البقرة: 275 - 277].


Artinya:
(Di hari Kiamat), para pemakan riba takkan berdiri, kecuali seperti berdirinya orang yang didorong oleh Syaitan, karena mass (kerasukan jin). Itu karena sungguh mereka telah berkata, “Hakikinya dagangan seperti riba.” Padahal perdagangan telah dihalalkan, dan riba telah diharamkan (oleh Allah). Maka barangsiapa telah kedatangan Peringatan dari Tuhannya, lalu berhenti, yang telah berlalu ‘untuk’ dia. Urusan dia terserah Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya. (275)

Allah melebur riba dan mengembangkan shodaqoh-shodaqoh. Allah tidak senang tiap-tiap kaum Kafir yang banyak dosa. (276)

Sungguh kaum yang beriman, menegakkan sholat, dan menunaikan zakat, berhak mendapatkan pahala mereka di sisi Tuhan mereka. Tiada khawatir atas mereka dan mereka tiada susah. (277)

0 komentar:

Posting Komentar