Iqtibas artinya ‘mengambil
penerangan’ dari sumber api, namun tidak mengurangi. Sumber api (sinar) di sini,
maksudnya Al-Qur’an.
Kalau isnad KH Nurhasan dirunut hingga Muslim, maka ada tokoh Muhadditsiin bernama Assayuthi, yang menulis:
“Iqtibas ialah mengambil sebagian Ayat Al-Qur’an untuk
syair atau untuk makalah. Bukan dari kalimat Al-Qur’an sepenuhnya. Pelaku bertujuan
agar tidak ada yang berkata ‘ini Firman Allah’ atau sepadan itu. Karena bila
semuanya diambil dari kalimat Al-Qur’an, namanya bukan lagi Iqtibas.
Sungguh ‘pengharaman dan pengingkaran’ atas pelaku Iqtibas, telah
masyhur, di kalangan kaum bermadzhab Maliki. Namun bagi yang bermadzhab
seperti kami, Iqtibas tidak ditentang oleh ulama awal maupun akhir. Bahkan
di zaman mereka, Iqtibas dilakukan di mana-mana. Para penyair kuno dan
baru juga melakukan Iqtibas. Ada sekelompok ulama akhir yang menentang Iqtibas.
Hingga Syaikh Izuddiin ibnu AbdisSalam yang ditanya tentang itu, ‘memperbolehkan’.
Beliau menunjukkan dalilnya:
1.
‘Di
dalam sholat, Nabi SAW berdoa {إِنِّي
وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا
مِنَ الْمُشْرِكِينَ} [الأنعام: 79]’ dan seterusnya. Iqtibas dari Ayat dari Surat
Al-An’am.
2. ‘Nabi pernah berdoa اللَّهُمَّ فَالِقَ الْإِصْبَاحِ وَجَاعِلَ اللَّيْلِ سَكَنًا وَالشَّمْسَ
وَالْقَمَرَ حُسْبَانَا اقْضِ عَنِّي الدَّيْنَ وَأَغْنِنِي مِنَ الْفَقْرِ’
Iqtibas dari Surat Al-An’am Ayat 96.
3.
‘Abu Bakr
pernah berkhotbah dengan menyisipkan kalimat وَسَيَعْلَمُ الَّذِينَ ظَلَمُوا أَيَّ مُنْقَلَبٍ
يَنْقَلِبُونَ. Iqtibas dari Surat Assyuara Ayat 227.
[1]
فَصْلٌ فِي
الِاقْتِبَاسِ وَمَا جَرَى مَجْرَاهُ
الِاقْتِبَاسُ
تَضْمِينُ الشِّعْرِ أَوِ النَّثْرِ بَعْضَ الْقُرْآنِ لَا عَلَى أَنَّهُ مِنْهُ
بِأَلَّا يُقَالَ فِيهِ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى وَنَحْوُهُ فَإِنَّ ذَلِكَ حِينَئِذٍ
لَا يَكُونُ اقْتِبَاسًا. وَقَدِ اشْتُهِرَ عَنِ الْمَالِكِيَّةِ تَحْرِيمُهُ
وَتَشْدِيدُ النَّكِيرِ عَلَى فَاعِلِهِ وَأَمَّا أَهْلُ مَذْهَبِنَا فَلَمْ
يَتَعَرَّضْ لَهُ الْمُتَقَدِّمُونَ وَلَا أَكْثَرُ الْمُتَأَخِّرِينَ مَعَ
شُيُوعِ الِاقْتِبَاسِ فِي أَعْصَارِهِمْ وَاسْتِعْمَالِ الشُّعَرَاءِ لَهُ
قَدِيمًا وَحَدِيثًا. وَقَدْ تَعَرَّضَ لَهُ جَمَاعَةٌ مِنَ الْمُتَأَخِّرِينَ
فَسُئِلَ عَنْهُ الشَّيْخُ عِزُّ الدِّينِ ابن عَبْدِ السَّلَامِ فَأَجَازَهُ
وَاسْتَدَلَّ لَهُ بِمَا وَرَدَ عَنْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ
قَوْلِهِ فِي الصَّلَاةِ وَغَيْرِهَا: "وَجَّهْتُ وَجْهِيَ: "إِلَى
آخِرِهِ وَقَوْلِهِ: "اللَّهُمَّ فَالِقَ الْإِصْبَاحِ وَجَاعِلَ اللَّيْلِ
سَكَنًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ حُسْبَانَا اقْضِ عَنِّي الدَّيْنَ وَأَغْنِنِي
مِنَ الْفَقْرِ ".
وَفِي سِيَاقِ
كَلَامٍ لِأَبِي بَكْرٍ: {وَسَيَعْلَمُ الَّذِينَ ظَلَمُوا أَيَّ مُنْقَلَبٍ
يَنْقَلِبُونَ} .
0 komentar:
Posting Komentar