SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/10/24

Kajian Surat Al-Baqarah 151 – 153



{كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ () فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ () يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ () } [البقرة: 151 - 153].
Artinya:
Sebagaimana Kami telah mengutus rasul dari kalian di kalangan kalian, yang membacakan ayat-ayat Kami atas kalian, mensucikan dan mengajarkan kitab dan hikmah, pada kalian, dan mengajar pada kalian, yang belum kalian ketahui. [151].
Maka ingatlah Aku! Aku akan ingat kalian! Dan bersukurlah padaKu! Jangan kufur padaKu! [152].
Hai khususnya orang-orang yang telah beriman! Mintalah tolong dengan sabar dan shalat! Sungguh Allah menyertai orang-orang sabar. [153].

Ibnu Katsir menjelaskan: تفسير ابن كثير (1/ 465)
قَالَ مُجَاهِدٌ فِي قَوْلِهِ: {كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولا مِنْكُمْ} يَقُولُ: كَمَا فَعَلْتُ فَاذْكُرُونِي قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ: أَنَّ مُوسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، قَالَ: يَا رَبِّ، كَيْفَ أَشْكُرُكَ؟ قَالَ لَهُ رَبُّهُ: تذكرُني وَلَا تَنْسَانِي، فَإِذَا ذَكَرْتَنِي فَقَدْ شَكَرْتَنِي، وَإِذَا نَسِيتَنِي فَقَدْ كَفَرْتَنِي.
Artinya:
Mujahid mengulas mengenai FirmanNya, “Sebagaimana Kami telah mengutus utusan di kalangan kalian dari kalian, (dan seterusnya).”
Allah berfirman ‘sebagaimana Kami telah berjasa, maka ingatlah padaKu!’.
Abdullah bin Wahb (mendapat pelajaran) dari Hisyam bin Said, dari Zaid bin Aslam;
Sungguh Musa AS pernah berdoa ‘ya Tuhan! Bagaimana saya bersukur padaMu?’. Tuhan dia menjawab ‘kau ingat Aku; tidak lupa padaKu! Jika kau ingat Aku; berarti sungguh telah bersukur padaKu! Namun jika kau lupa Aku; berarti telah kufur padaKu!’.”

0 komentar:

Posting Komentar