SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/04/18

Seni Menegur


Bedah Ayat Al-Qur’an


Dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits, terdapat banyak contoh cara menegur orang salah atau mendidik, dengan cara indah. Di antaranya Teguran Allah yang dilontarkan pada pertengahan bulan Syawal tahun tiga Hijriyah, yaitu setelah Perang Uhud yang bersejarah. Teguran indah ini di alamatkan secara khusus pada Jabir bin Abdillah dan keluargnya yang terdiri dari dua golongan, yang keberanian mereka kurang:
إِذْ هَمَّتْ طَائِفَتَانِ مِنْكُمْ أَنْ تَفْشَلَا وَاللَّهُ وَلِيُّهُمَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللَّهُ بِبَدْرٍ وَأَنْتُمْ أَذِلَّةٌ فَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ [آل عمران/122، 123].
Artinya:
Ketika itu dua golongan dari kalian telah sengaja mengecut, padahal Allah kekasih dua golongan tersebut. [1] Dan hendaklah orang-orang iman ‘bertawakkal’ pada Allah! Padahal niscaya sungguh Allah telah menolong kalian di dalam Perang Badar, ketika kalian dalam keadaan hina! [2] Maka takutlah Allah! Agar kalian bersyukur!.”
Kiranya tidak ada teguran yang lebih indah daripada teguran melalui dua ayat di atas. Bagi Jabir bin Abdillah dan keluarganya ‘teguran tersebut’ pasti terukir di dinding hati mereka, dan takkan dilupakan sepanjang hidup. Bahkan teguran tersebut menjadi hiburan yang selalu diingat-ingat setiap saat.

Bukhari meriwayatkan pernyataan Jabir berkenaan ayat tersebut: صحيح البخاري - (ج 12 / ص 446)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ عَنْ ابْنِ عُيَيْنَةَ عَنْ عَمْرٍو عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ فِينَا { إِذْ هَمَّتْ طَائِفَتَانِ مِنْكُمْ أَنْ تَفْشَلَا } بَنِي سَلِمَةَ وَبَنِي حَارِثَةَ وَمَا أُحِبُّ أَنَّهَا لَمْ تَنْزِلْ وَاللَّهُ يَقُولُ { وَاللَّهُ وَلِيُّهُمَا }.
Arti (selain isnad)nya:
Dari Jabir RA, “Ayat ini (إِذْ هَمَّتْ طَائِفَتَانِ مِنْكُمْ أَنْ تَفْشَلَا / Ketika itu dua golongan dari kalian telah sengaja mengecut (dan seterusnya)), turun mengenai kami keluarga Bani Salimah dan Bani Charitsah. Namun saya justru tidak senang jika ayat tersebut tidak diturunkan. Allah (saat itu) berfirman padahal Allah kekasih dua golongan tersebut (وَاللَّهُ وَلِيُّهُمَا)’.”

Kesimpulan:
1.      Pastikan orang yang ditegur atau dididik tahu kita berniat baik, cinta atau perhatian padanya.
2.      Berilah penghargaan pada orang yang ditegur atau dididik tersebut. Pernyataan, “Saya senang berteman dengan kau. Saya merasa beruntung bisa bersalaman dengan kau,” termasuk penghargaan.
3.      Sampaikan pesan dengan bahasa indah dan singkat. Kecuali jika dia ingin penjelasan yang lebih panjang.
4.      Pesan indah terkadang tidak diterima, karena waktu dan keadaan, kurang tepat.



[1] Wa (وَ) dalam lafal wallohu (وَاللَّهُ) diartikan padahal karena haliyah.
[2] Wa (وَ) dalam huruf walaqad (وَلَقَدْ) diartikan 'padahal' karena haliyah. Wa (وَ) dalam lafal waantum (وَأَنْتُمْ) diartikan 'ketika kalian dalam keadaan', karena untuk menjelaskan keadaan saat itu (haliyah).  

0 komentar:

Posting Komentar