Hadits Abu Nuaim sering disebut, “Chilyatul-Auliya,” artinya hiasan para Wali. Beberapa Riwayat dari Hadits ini sering dinukil di dalam Kanzul-Ummal. Ada sebuah Riwayat bahwa:
Allah memiliki malaikat berbentuk ayam jantan. Dua kakinya terbenam kebumi paling bawah, kepalanya sampai Arasy
(Singgasana Allah). Tiada satu malam pun, kecuali pasti Allah Al-Jabbar,
turun kelangit dunia. Untuk berfirman, “Masyak tiada orang berdoa untuk diberi?
Masyak tiada orang bertobat, agar diterima tobatnya? Masyak tiada orang
istighfar, agar diberi ampunan?.”
1.
Malaikat berbentuk
ayam, bertasbih dengan memuji Allah. Lalu berkokok keras, hingga membuat semua makhluq
yang di sekeliling Arasy, terkejut. Sontak mereka bertasbih dengan
memuji Allah.
2.
Semua makhluq
yang di langit bawahnya, juga berbuat demikian.
3.
Semua makhluq
yang di langit bawahnya, juga berbuat demikian.
4.
Semua makhluq
yang di langit bawahnya, juga berbuat demikian.
5.
Semua makhluq
yang di langit bawahnya, juga berbuat demikian.
6.
Semua makhluq
yang di langit bawahnya, juga berbuat demikian.
7.
Semua makhluq
yang di langit bawahnya, juga berbuat demikian.
Ayam-ayam jantan, makhluq bumi
yang pertama kali tahu, bahwa para malaikat di langit dunia, bertasbih hingga
menggemuruh. Mereka berkokok yang artinya, “Hai para hamba!.”
Kokokan kedua artinya, “Berdirilah! Hai kaum Bertasbih!.”
Kokokan ketiga artinya, “Berdirilah!
Hai kaum Patuh!.”
Kokokan keempat artinya, “Berdiri!
Hai kaum Suka Sholat!.”
Kokokan kelima artinya, “Berdiri!
Hai kaum Ahli Dzikir!.”
Jika telah masuk waktu subuh,
mereka berkokok, “Berdirilah! Hai kaum Lengah!.”
Barangsiapa sebelum subuh,
membaca 10 Ayat, maka tidak terdaftar sebagai kaum Lengah.
Barangsiapa sebelum subuh,
membaca 20 Ayat, maka didaftar tergolong kaum Ahli Dzikir.
Barangsiapa sebelum subuh,
membaca 50 Ayat, maka didaftar sebagai kaum Pengamal Sholat.
Barangsiapa sebelum subuh,
membaca 100 Ayat, maka didaftar sebagai kaum Patuh.
Barangsiapa sebelum
subuh, membaca 150 Ayat, maka diberi pahala satu Qinthar; 100 Rathl.
Satu Rathl; 72 Mitsqal. Satu Mitsqal; 24 Qirath. Qirath
adalah tumpukan pahala setinggi gunung Uhud. [1]
[1]
حلية الأولياء وطبقات الأصفياء (6/ 4)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ
مُحَمَّدٍ، ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سُلَيْمَانَ الْهَرَوِيُّ،
ثنا أَبُو عَامِرٍ، ثنا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنِي إِسْمَاعِيلُ بْنُ
عَيَّاشٍ، عَنْ عُتْبَةَ بْنِ أَبِي حَكِيمٍ، عَنْ أَبِي رَاشِدٍ الْحَرَّانِيِّ، عَنْ
كَعْبٍ، قَالَ: إِنَّ لِلَّهِ تَعَالَى مَلَكًا عَلَى صُورَةِ دِيكٍ رِجْلَاهُ فِي
التُّخُومِ الْأَسْفَلِ مِنَ الْأَرْضِ وَرَأْسُهُ تَحْتَ الْعَرْشِ، فَمَا مِنْ لَيْلَةٍ
إِلَّا وَالْجَبَّارُ تَعَالَى يَنْزِلُ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ سَائِلٍ فَيُعْطَى، أَلَا مِنْ تَائِبٍ فَيُتَابَ
عَلَيْهِ، أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَيُغْفَرَ لَهُ، فَيُسَبِّحُ اللهَ تَعَالَى
وَيَحْمَدُهُ، ثُمَّ يُصَوِّتُ حَتَّى يَفْزَعَ لِذَلِكَ مَنْ حَوْلَ الْعَرْشِ
فَيُسَبِّحُونَ اللهَ وَيَحْمَدُونَهُ، ثُمَّ أَهْلُ السَّمَاءِ الثَّانِيَةِ،
ثُمَّ الثَّالِثَةِ، ثُمَّ الرَّابِعَةِ، ثُمَّ الْخَامِسَةِ، ثُمَّ السَّادِسَةِ،
ثُمَّ هَذِهِ السَّمَاءُ الدُّنْيَا، فَأَوَّلُ مَنْ يَعْلَمُ بِذَلِكَ مِنْ
أَهْلِ الْأَرْضِ الدَّجَاجُ، فَأَوَّلُ مَنْ يَزْقُو الدِّيكُ فَيَقُولُ: قُومُوا
أَيُّهَا الْعَابِدُونَ، فَإِذَا زَقَا الثَّانِيَةَ قَالَ: قُومُوا أَيُّهَا الْمُسَبِّحُونَ، فَإِذَا زَقَا الثَّالِثَةَ قَالَ:
قُومُوا أَيُّهَا الْقَانِتُونَ، فَإِذَا زَقَا الرَّابِعَةَ قَالَ: قُومُوا
أَيُّهَا الْمُصَلُّونَ فَإِذَا زَقَا الْخَامِسَةَ قَالَ: قُومُوا أَيُّهَا
الذَّاكِرُونَ، فَإِذَا أَصْبَحَ ضَرَبَ بِجَنَاحَيْهِ وَقَالَ: قُومُوا أَيُّهَا
الْغَافِلُونَ. فَمَنْ قَرَأَ بِعَشْرِ آيَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ لَمْ يُكْتَبْ
مِنَ الْغَافِلِينَ، وَمَنْ قَرَأَ بِعِشْرِينَ آيَةً قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ كُتِبَ
مِنَ الذَّاكِرِينَ، وَمَنْ قَرَأَ بِخَمْسِينَ آيَةً كُتِبَ مِنَ الْمُصَلِّينَ،
وَمَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْقَانِتِينَ، وَمَنْ قَرَأَ
بِخَمْسِينَ وَمِائَةِ آيَةٍ أُعْطِيَ قِنْطَارًا مِنَ الْأَجْرِ، وَالْقِنْطَارُ مِائَةُ
رِطْلٍ وَالرِّطْلُ اثْنَانِ وَسَبْعُونَ مِثْقَالًا، وَالْمِثْقَالُ أَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ
قِيرَاطًا، وَالْقِيرَاطُ مِثْلُ أُحُدٍ.
0 komentar:
Posting Komentar