Muslim
meriwayatkan Hadits panjang tentang Riyak, sebagai pelajaran bahwa beramal ‘harus ikhlas’. Hadits ini disyarahkan oleh Muhammad Fuad Abdul-Baqi: صحيح
مسلم (3/ 1513)
152 - (1905) حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبٍ
الْحَارِثِيُّ، حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ، حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، حَدَّثَنِي
يُونُسُ بْنُ يُوسُفَ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، قَالَ: تَفَرَّقَ النَّاسُ عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ، فَقَالَ لَهُ نَاتِلُ أَهْلِ الشَّامِ: أَيُّهَا الشَّيْخُ، حَدِّثْنَا
حَدِيثًا سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: نَعَمْ،
سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " إِنَّ أَوَّلَ
النَّاسِ يُقْضَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَيْهِ رَجُلٌ اسْتُشْهِدَ، فَأُتِيَ بِهِ
فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا، قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: قَاتَلْتُ
فِيكَ حَتَّى اسْتُشْهِدْتُ، قَالَ: كَذَبْتَ، وَلَكِنَّكَ قَاتَلْتَ لِأَنْ يُقَالَ:
جَرِيءٌ، فَقَدْ قِيلَ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ
فِي النَّارِ، وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ، وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ الْقُرْآنَ، فَأُتِيَ
بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا، قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ
الْعِلْمَ، وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيكَ الْقُرْآنَ، قَالَ: كَذَبْتَ، وَلَكِنَّكَ
تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ: عَالِمٌ، وَقَرَأْتَ الْقُرْآنَ لِيُقَالَ: هُوَ
قَارِئٌ، فَقَدْ قِيلَ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ
فِي النَّارِ، وَرَجُلٌ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ، وَأَعْطَاهُ مِنْ أَصْنَافِ الْمَالِ
كُلِّهِ، فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا، قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟
قَالَ: مَا تَرَكْتُ مِنْ سَبِيلٍ تُحِبُّ أَنْ يُنْفَقَ فِيهَا إِلَّا أَنْفَقْتُ
فِيهَا لَكَ، قَالَ: كَذَبْتَ، وَلَكِنَّكَ فَعَلْتَ لِيُقَالَ: هُوَ جَوَادٌ، فَقَدْ
قِيلَ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ، ثُمَّ أُلْقِيَ فِي النَّارِ "،
__________
[شرح محمد فؤاد عبد الباقي]
[ش (ناتل
أهل الشام) وفي الرواية الأخرى فقال له ناتل الشامي وهو ناتل بن قيس الحزامي الشامي
من أهل فلسطين وهو تابعي وكان أبوه صحابيا وكان ناتل كبير قومه
(قوله صلى الله عليه وسلم في الغازي والعالم
والجواد وعقابهم على فعلهم ذلك لغير الله وإدخالهم النار - دليل على تغليظ تحريم الرياء
وشدة عقوبته وعلى الحث على وجوب الإخلاص في الأعمال كما قال الله تعالى {وما أمروا
إلا ليعبدوا الله مخلصين له الدين} وفيه أن العمومات الواردة في فضل الجهاد إنما هي
لمن أراد الله تعالى بذلك مخلصا وكذلك الثناء على العلماء وعلى المنفقين في وجوه الخيرات
كله محمول على من فعل ذلك لله تعالى مخلصا)]
Arti selain isnadnya:
(Setelah pengajian selesai), orang-orang
berpencar mininggalkan Abu Hurairah RA. Penduduk Syam bernama Natil bertanya
pada Abu Hurairah, “Ya Syaikh! Ceritakan pada kami Hadits yang pernah kau
dengar dari Rasulallah SAW.”
Dia menjawab, “Ya! Saya pernah mendengar Rasulallah SAW bersabda ‘sungguh awal orang yang akan dihukum berat:
1.
Lelaki yang
dibunuh dalam keadaan syahid. Dia didatangkan untuk diberi tahu tentang Nikmat-Nikmat Allah yang mestinya dia terima. Allah berfirman, 'apa
yang kau amalkan di dunia?'. Dia menjawab, 'hamba telah berperang untuk Kau
hingga saya gugur sebagai syahid'. Allah berfirman, 'kau bohong! Tapi sungguh
kau telah berperang agar dikatakan ‘pemberani!’ Sungguh (kau) telah dikatakan
demikian. Lalu diperintahkan agar dia ditarik atas wajahnya, hingga akhirnya
dimasukkan ke neraka.
2.
Lelaki yang
telah mengkaji dan mengajarkan ilmu. Dan telah membaca Al-Qur’an. Dia
didatangkan untuk diberi tahu tentang Nikmat-Nikmat yang mestinya
diberikan pada dia. Hingga dia mengetahui semua itu. Allah berfiman, 'apa yang
telah kau amalkan di dunia?'. Dia menjawab, 'hamba dulu telah mengaji dan telah
mengajarkan. Dan telah membaca Al-Qur’an karena Kau'. Allah berfirman, 'kau
bohong!' Tapi sungguh kau dulu belajar agar dikatakan ‘alim’. Kau dulu membaca
Al-Qur’an agar dikatakan ‘dia qorik’. Sungguh (kau) telah dikatakan demikian. Lau diperintahkan agar dia ditarik atas wajahnya, hingga akhirnya dilemparkan
ke neraka.
3.
Lelaki yang
oleh Allah diberi kelapangan rizqi. Dan diberi bermacam-macam harta kekayaan. Dia didatangkan untuk diberi tahu tentang Nikmat-Nikmat yang
mestinya diberikan pada dia. Hingga dia mengetahui semua itu. Allah berfirman, 'apa yang telah kau amalkan di dunia?'. Dia menjawab, 'tak satupun jalan yang
Kau senangi agar ‘diinfaqi’, kecuali pasti hamba telah infak di sana, karena
Kau. Allah menjawab, 'kau telah bohong. Tetapi sungguh kau dulu melakukan
dengan tujuan agar dikatakan ‘dermawan’. Sungguh (kau) telah dikatakan
demikian.” Lau diperintahkan agar dia ditarik atas wajahnya, hingga akhirnya
dilemparkan ke neraka'.
Syarah Muhammad Fuad Abdul-Baqi (tentang Hadits di atas):
Natil penduduk Syam. Di dalam
riwayat lain dijelaskan ‘Natil Assyami berkata padanya’ (dan seterusnya). Dia yang bernama lengkap Natil bin Qais Al-Chizami, Assyami, tinggal di
Palestin. Ayah seorang tabik ini termasuk sahabat nabi SAW. Natil tokoh besar
kaumnya. Sabda nabi SAW mengenai:
1.
Orang yang
berjihad.
2.
Orang alim.
3.
Orang
dermawan.
4.
Dan siksaan
mereka. Karena amalan mereka tidak diniati ‘karena Allah’.
Ini semua merupakan dalil
bahwa:
·
Pengharaman
riya dengan tegas.
·
Beratnya
siksaan mereka yang riyak.
·
Anjuran wajib
agar beramal dengan ikhlas. Sebagaimana Allah berfirman, “Dan mereka dulu tidak
diperintah kecuali agar menyembah Allah dengan memurnikan agama ‘untuk Allah’.”
Dalam
Hadits ini juga terkandung hikmah bahwa umumnya ‘keutamaan berjihad’, adalah khusus
bagi orang yang menginginkan (Perhatian) Allah ‘dengan ikhlas’. Demikian pula
sanjungan untuk ulama dan kaum yang dermawan dalam segala kebaikan. Penjelasan ini
semua untuk orang yang beramal ‘dengan karena Allah’.
thanks for your kinds
BalasHapusOkay, CLC Suni
Hapus