SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/05/10

Kajian Al-Baqarah 77 – 81


{أَوَلَا يَعْلَمُونَ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ (77) وَمِنْهُمْ أُمِّيُّونَ لَا يَعْلَمُونَ الْكِتَابَ إِلَّا أَمَانِيَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَظُنُّونَ (78) فَوَيْلٌ لِلَّذِينَ يَكْتُبُونَ الْكِتَابَ بِأَيْدِيهِمْ ثُمَّ يَقُولُونَ هَذَا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ لِيَشْتَرُوا بِهِ ثَمَنًا قَلِيلًا فَوَيْلٌ لَهُمْ مِمَّا كَتَبَتْ أَيْدِيهِمْ وَوَيْلٌ لَهُمْ مِمَّا يَكْسِبُونَ (79) وَقَالُوا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلَّا أَيَّامًا مَعْدُودَةً قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ (80) بَلَى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (81)} [البقرة: 77 - 81].


Artinya:
Apakah mereka tidak tahu bahwa ‘sungguh Allah tahu yang mereka samarkan dan yang mereka terangkan?’. (77)

Sebagian dari mereka; kaum Ummi, yang tidak tahu kitab, kecuali angan-angan. Tiada mereka kecuali menyangka. (78)

Maka celaka bagi orang-orang yang menulis kitab dengan tangan-tangan mereka, lalu berkata, “Ini dari sisi Allah” Untuk menukarkan dengan materi yang sedikit. Maka celaka bagi mereka karena tulisan tangan-tangan mereka. Celaka bagi mereka karena yang mereka lakukan. (79)

Dan mereka berkata, “Neraka takkan menyentuh pada kami, kecuali beberapa hari yang dihitung.” Katakan! “Apakah kalian telah mengambil janji di sisi Allah? Memang Allah takkan menyelisihi JanjiNya. Ataukah kalian berkata atas Allah yang tidak kalian ketahui?.” (80)

Iya saja! Siapapun yang telah melakukan kejelekan hingga kejelekannya meliputi padanya, maka mereka penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya. (81)

يَقُولُ تَعَالَى: لَيْسَ الْأَمْرُ كَمَا تَمَنَّيْتُمْ، وَلَا كَمَا تَشْتَهُونَ، بَلِ الْأَمْرُ: أَنَّهُ مَنْ عَمِلَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ، وَهُوَ مَنْ وَافَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَيْسَ لَهُ حَسَنَةٌ، بَلْ جَمِيعُ عَمَلِهِ سَيِّئَاتٌ، فَهَذَا مِنْ أَهْلِ النَّارِ، وَالَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَعَمِلُوا الصَالِحَاتِ -مِنَ الْعَمَلِ الْمُوَافِقِ لِلشَّرِيعَةِ-فَهُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ. وَهَذَا الْمَقَامُ شَبِيهٌ بِقَوْلِهِ تَعَالَى: {لَيْسَ بِأَمَانِيِّكُمْ وَلا أَمَانِيِّ أَهْلِ الْكِتَابِ مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِهِ وَلا يَجِدْ لَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلِيًّا وَلا نَصِيرًا* وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا} [النِّسَاءِ: 123، 124] .
قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي مُحَمَّدٍ، عَنْ سَعِيدٍ -أَوْ عِكْرِمَةَ-عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: {بَلَى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً} أَيْ: عَمِلَ مِثْلَ أَعْمَالِكُمْ، وَكَفَرَ بِمِثْلِ مَا كَفَرْتُمْ بِهِ، حَتَّى يُحِيطَ بِهِ كُفْرُهُ فَمَا لَهُ مِنْ حَسَنَةٍ.

Artinya:
(Pada kaum Yahudi), yang Maha Tinggi berfirman, “Perkara ini tidak seperti yang kalian angan-angan, dan tidak seperti yang kalian inginkan. Bahkan perkara ini; ‘sungguh barangsiapa mengamalkan kesalahan, dan kesalahan tersebut telah meliputi dirinya. Dan dia di hari Kiamat nanti, orang yang menetapi kesalahan; tidak memiki amalan baik, bahkan seluruh amalanya jelek, maka dia ini, tergolong penghuni neraka’. Sedangkan orang-orang yang telah beriman pada Allah dan RasulNya, dan telah beramal shalih (amalan yang mencocoki syariat), maka mereka tergolong penghuni surga."
Maqam (penjelasan) ini menyerupai Firman Dia yang Maha Tinggi, “Bukan angan-angan kalian, dan bukan angan-angan Ahli Kitab; barangsiapa melakukan kejelekan maka dibalas berdasarkan kejelekan tersebut. Dan dia takkan menjumpai kekasih maupun penolong untuknya, selain Allah. Dan barangsiapa melakukan sebagian dari kebaikan, laki-laki atau perempuan; namun dia beriman, mereka akan masuk surga. Dan takkan dianiaya sedikitpun.”

Bersambung 

Ponpes Mulya Abadi Mulungan

0 komentar:

Posting Komentar