SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/12/09

Berita untuk Mendidik


Berita untuk Mendidik


Sampaikan Berita Sehat
Firman Allah Berita Paling Sehat
Sabda Rasulillah SAW berita memikat

Berita para sahabat RA nabi SAW berhikmat

Dulu di Madain (kota megah di Persia), Hudzaifah pernah menjelaskan beberapa hal yang pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW, yang sedang murka pada para sahabat RA. 
Beberapa orang yang mendengar penjelasan Hudzaifah, pergi mendatangi Salman RA. Melaporkan penjelasan Hudzaifah. Dan dijawab, “Hudzaifah lebih tahu yang dia katakan.”

Mereka mendatangi Hudzaifah untuk mengatakan, “Kami telah melaporkan perkataan anda pada Salman, ternyata beliau tidak membenarkan dan tidak mendustakan perkataan anda.”

Hudzaifah segera datang pada Salman yang sedang di kebun sayurnya. Lalu berkata, “Ya Salman! Apa yang menghalang-halangi kau? Membenarkan Kajian yang telah saya dengar dari Rasulullah SAW?.”
Salman menjawab, “Dulu ketika marah dan ridhoRasulullah SAW bersabda pada para sahabatnya (apa adanya). Apa kau tak mau menghentikan perbuatanmu? Karena kalau kau (memberitakan semua berita dari nabi SAW), samadengan mewariskan :
1.     Rasa cinta para Sahabat Nabi SAW.
2.     Rasa benci pada sejumlah Sahabat Nabi SAW (yang lain).

Dengan ini, berarti kau meletakkan peselisihan dan perpecahan? Padahal sungguh saya pernah tahu, sungguh Rasulullah SAW pernah berkhotbah:
‘Mana seorang umat yang saya umpat sekali atau saya laknat sekali, di dalam kemarahan saya, hakikinya saya cucu Adam yang bisa marah seperti mereka. Hakikinya Allah mengutus saya sebagai Rohmat untuk seluruh alam. Maka jadikanlah umpatan dan laknat tersebut, sebagai Sholawat di hari Kiamat’.
Demi Allah kau harus mengehentikan kelakuanmu! Atau saya laporkan melalui surat pada Umar RA.” [1]


Kesimpulan : Kalau semua berita diberitakan, justru bisa membuat manusia rusak. Yang benar agar berita disusun, agar indah dan bermanfaat.

Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia


4659 - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا زَائِدَةُ بْنُ قُدَامَةَ الثَّقَفِيُّ، حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ قَيْسٍ الْمَاصِرُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِي قُرَّةَ، قَالَ: كَانَ حُذَيْفَةُ بِالْمَدَائِنِ فَكَانَ يَذْكُرُ أَشْيَاءَ قَالَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لِأُنَاسٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فِي الْغَضَبِ، فَيَنْطَلِقُ نَاسٌ مِمَّنْ سَمِعَ ذَلِكَ مِنْ حُذَيْفَةَ فَيَأْتُونَ سَلْمَانَ فَيَذْكُرُونَ لَهُ قَوْلَ حُذَيْفَةَ، فَيَقُولُ سَلْمَانُ: حُذَيْفَةُ أَعْلَمُ بِمَا يَقُولُ، فَيَرْجِعُونَ إِلَى حُذَيْفَةَ فَيَقُولُونَ لَهُ قَدْ ذَكَرْنَا قَوْلَكَ لِسَلْمَانَ فَمَا صَدَّقَكَ وَلَا كَذَّبَكَ، فَأَتَى حُذَيْفَةُ سَلْمَانَ وَهُوَ فِي مَبْقَلَةٍ فَقَالَ: يَا سَلْمَانُ، مَا يَمْنَعُكَ أَنْ تُصَدِّقَنِي بِمَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ فَقَالَ سَلْمَانُ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْضَبُ فَيَقُولُ فِي الْغَضَبِ لِنَاسٍ مِنْ أَصْحَابِهِ، وَيَرْضَى فَيَقُولُ فِي الرِّضَا لِنَاسٍ مِنْ أَصْحَابِهِ، أَمَا تَنْتَهِي حَتَّى تُوَرِّثَ رِجَالًا حُبَّ رِجَالٍ وَرِجَالًا بُغْضَ رِجَالٍ، وَحَتَّى تُوقِعَ اخْتِلَافًا وَفُرْقَةً؟ وَلَقَدْ عَلِمْتَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَ فَقَالَ: «أَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي سَبَبْتُهُ سَبَّةً، أَوْ لَعَنْتُهُ لَعْنَةً فِي غَضَبِي، فَإِنَّمَا أَنَا مِنْ وَلَدِ آدَمَ أَغْضَبُ كَمَا يَغْضَبُونَ، وَإِنَّمَا بَعَثَنِي رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ، فَاجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ صَلَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ» وَاللَّهِ لَتَنْتَهِيَنَّ أَوْ لَأَكْتُبَنَّ إِلَى عُمَرَ
__________

[حكم الألباني] : صحيح

2 komentar:

  1. سبحان الله، ..وفوق كل ذي علم عليم

    BalasHapus
  2. سبحان الله، ..وفوق كل ذي علم عليم

    BalasHapus