SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/12/14

Ali Imran 30 – 32





{يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُحْضَرًا وَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ أَمَدًا بَعِيدًا وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ (30) قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (31) قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ (32)} [آل عمران: 30 - 32].

Artinya:
Di hari semua jiwa menjumpai yang diamalkan berupa kebaikan, ‘hadir’. Begitu pula yang diamalkan berupa kejelekan. (Mereka) berharap ‘sungguh seandainya ada jarak jauh, di antara amalan (jelek tersebut) dan mereka’. Allah menyuruh kalian waspada pada DiriNya. Allah Maha Pengasih pada para hamba. [30].

Tentang Ayat ini, Ibnu Katsir menjelaskan, “Yang Maha Barokah dan Maha Tinggi mengkhabarkan pada para HambaNya bahwa, sungguh Dia tahu yang:
1.     ‘Samar-samar.
2.     Sama tersembunyi.
3.     Sama tampak'.
Tiada barang yang samar untukNya. Bahkan IlmuNya meliputi mereka dalam segala keadaan, mengenai semua yang digolongkan perempuan, dalam segala titik fokus, segala waktu, semua yang di beberapa langit dan bumi. BagiNya tidak ada yang lepas dari PengawasanNya meskipun hanya seberat semut, atau lebih kecil lagi. Di seluruh kawasan bumi, lautan, dan pegunungan. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Artinya KekuasaanNya menembus semua itu.”  [1]

Katakan, “Jika kalian cinta Allah! Maka ikuti saya! Allah akan cinta kalian, dan mengampuni dosa-dosa kalian. Allah Maha Pengampun Maha Pengasih.” [31].


Katakan, “Taatlah Allah dan Rasul! Jika kalian berpaling, maka sungguh Allah tidak cinta kaum Kafir.” [32].




يُخْبِرُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عِبَادَهُ أَنَّهُ يَعْلَمُ السَّرَائِرَ وَالضَّمَائِرَ وَالظَّوَاهِرَ، وَأَنَّهُ لَا يَخْفَى عَلَيْهِ مِنْهُمْ خَافِيَةٌ، بَلْ علمه محيط بهم في سائر الأحوال والآناث واللحظات وجميع الأوقات، وبجميع ما في السموات وَالْأَرْضِ، لَا يَغِيبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ، وَلَا أَصْغَرُ مِنْ ذَلِكَ فِي جَمِيعِ أَقْطَارِ الْأَرْضِ وَالْبِحَارِ وَالْجِبَالِ، وَهُوَ {عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ} أَيْ: قُدْرَتُهُ نَافِذَةٌ فِي جَمِيعِ ذَلِكَ.

0 komentar:

Posting Komentar