SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/12/08

Masuk Surga Paling Awal




Yang masuk surga paling awal setelah Nabi Muhammad SAW, Abu Bakr RA. Berdasarkan Riwayat Abi Dawud yang artinya:
Rasulullah SAW bersabda, “Jibril AS telah datang untuk memegang tanganku untuk menunjukkan saya Pintu Gerbang Surga, yang akan dimasuki oleh umatku.”
Abu Bakr RA berkata, “Ya Rasulallah, saya telah berangan-angan ‘seandainya saat itu, saya bersama baginda, hingga bisa melihat Pintu Gerbang Surga.”
Rasulullah SAW bersabda, “Ingat! Sungguh kau ya Aba Bakr, awal orang yang masuk Surga, dari umatku.” [1]

Kesimpulan, “Berdasarkan Firman Allah ‘Derajat-Derajat untuk (mereka) semuanya, bergantung pada yang telah mereka amalkan. Tuhanmu tak lupa yang mereka amalkan’. [2]
Berarti Abu Bakr RA masuk Surga paling awal setelah nabi SAW, karena amalannya.

Memang Al-Bani menganggap Hadits ini dhoif. Tetapi ada Hadits shohih riwayat Bukhari yang memperkuat Hadits ini. Dan telah diterjemahkan."




[1] سنن أبي داود (4/ 213)
4652 - حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْمُحَارِبِيِّ، عَنْ عَبْدِ السَّلَامِ بْنِ حَرْبٍ، عَنْ أَبِي خَالِدٍ الدَّالَانِيِّ، عَنْ أَبِي خَالِدٍ، مَوْلَى آلِ جَعْدَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَتَانِي جِبْرِيلُ فَأَخَذَ بِيَدِي فَأَرَانِي بَابَ الْجَنَّةِ الَّذِي تَدْخُلُ مِنْهُ أُمَّتِي» فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَدِدْتُ أَنِّي كُنْتُ مَعَكَ حَتَّى أَنْظُرَ إِلَيْهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «أَمَا إِنَّكَ يَا أَبَا بَكْرٍ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِي»
__________

[حكم الألباني] : ضعيف


[2] {وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِمَّا عَمِلُوا وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ} [الأنعام: 132].

4 komentar:

  1. Albani bilang dhoif biar aja pakyai,imam abu dawud lebih mengerti isi hadits yang beliau tulis,والله أعلم

    BalasHapus
  2. صدقت يا اخي طالب العلم زادك الله حكما وعلما

    BalasHapus
  3. آمين ياشيخ وانت بمثل ذلك

    BalasHapus