SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/09/17

Pikirkan Anak Turun



“Walyakhsyalladziina lau tarokuu min kholfihim dzurriyyatan dhi’aafan khoofuu ‘alaihim wal yattaqullooha wal yaquuluu qoulan sadiidan.” [1]

Dan orang-orang yang kalau meninggalkan di belakang mereka anak-cucu lemah, hendaklah khawatir! Khawatir atas mereka. Maka hendaklah takut Allah! Dan hendaklah mengatakan perkataan yang benar!. [Qs Annisa 9].

Secara nyata Allah perintah agar kita memikirkan masa depan anak-cucu. Jangan sampai mereka nantinya menjadi kaum Lemah. Oleh karena itu agar berbicara yang benar dalam urusan wasiat atau perkataan sehari-hari.

Kurang Peduli Anak

Di antara kita ada yang kurang perhatian padak anak, hingga mereka menjadi korban keganasan para syaitan. Hingga mereka melakukan perbuatan memalukan. Jika dikaji Penyebabnya, “Tidak (Belum) mengamalkan Firman di atas, secara sempurna. Belum:
1.     Mengkhawatirkan (Memikirkan) anak-cucu, secara sempurna.
2.     Takut Allah, secara sempurna.
3.     Berkata benar, secara sempurna.”

Mengkhawatirkan (Memikirkan) anak-cucu termasuk amal solih utama. Apalagi takut Allah mengenai agama mereka. Sungguh ada pria yang derajatnya di surga akan ditinggikan. Hingga berkata, “Bagaimana mungkin surga saya setinggi ini?.”


Anak Istri

Secara hukum anak istri, bukan anak. Tetapi akan lebih baik, kalau anak tiri dianggap anak sendiri. Yakni perhatiandan kasih-sayang pada mereka, disamakan dengan anak sendiri.
Bagaimana jika terjadi gejolak? 
Jawabnya, “Dikumpulkan untuk diberi pengertian.”
Jika berhasil menyatukan mereka dalam ikatan kasih-sayang, “Berarti telah menjadi calon orang hebat.






Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia


[1] {وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا} [النساء: 9].

[2] سنن ابن ماجه (2/ 1207)
3660 - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «الْقِنْطَارُ اثْنَا عَشَرَ أَلْفَ أُوقِيَّةٍ، كُلُّ أُوقِيَّةٍ خَيْرٌ مِمَّا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ» وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ الرَّجُلَ لَتُرْفَعُ دَرَجَتُهُ فِي الْجَنَّةِ فَيَقُولُ: أَنَّى هَذَا؟ فَيُقَالُ: بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ "
__________

[تعليق محمد فؤاد عبد الباقي]
في الزوائد إسناده صحيح. رجاله ثقات

[شرح محمد فؤاد عبد الباقي]
 [3660 - ش - (باستغفار ولدك) أي فينبغي للولد أن يستغفر للوالدين.]

0 komentar:

Posting Komentar