SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/09/11

Ali Imran 1 - 4



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ



{الم () اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ () نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنْزَلَ التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ () مِنْ قَبْلُ هُدًى لِلنَّاسِ وَأَنْزَلَ الْفُرْقَانَ إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ اللَّهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَاللَّهُ عَزِيزٌ ذُو انْتِقَامٍ ()} [آل عمران: 1 - 4].

Artinya:
Alif Laam Miim. (Hanya Allah yang tahu arti dan maksudnya). [1].

Ibnu Katsir berkata:
Surat ini Madaniyah (diturunkan di Madinah), karena Ayat awal hingga 83, turun untuk menjelaskan Tamu Utusan Najran. Mereka datang tahun 9 Hijriah, sebagaimana penjelasan yang akan datang, in syaa Allah Taala, di sisi tafsir Ayat Mubahalah (Tsumma nabtahil / {ثُمَّ نَبْتَهِلْ} [آل عمران: 61]). Mengenai keutamaan Surat ini, telah kami jelaskan bersama Surat Al-Baqarah, di awal tafsir Surat Al-Baqarah.” [1]

Allah tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Dia, Maha Hidup, Maha Merumat. [2]. (Dia) telah menurunkan Kitab atasmu dengan hak, mencocoki pada yang di depannya. Telah menurunkan Taurat dan Injil [3] sebelumnya, sebagai petunjuk untuk manusia. Dan telah menurunkan Al-Furqan. Sungguh orang-orang yang telah mengkufuri Ayat-Ayat Allah, mereka berhak mendapatkan siksa sangat dahsyat. Sedangkan Allah Maha Dahsyat Penyiksa. [4].

Bersambung.

Ponpes Mulya Abadi Mulungan


هِيَ مَدَنِيَّةٌ؛ لِأَنَّ صَدْرَهَا  إِلَى ثَلَاثٍ وَثَمَانِينَ آيَةً مِنْهَا نَزَلَتْ فِي وَفْدِ نَجْرَانَ، وَكَانَ قُدُومُهُمْ فِي سَنَةِ تِسْعٍ مِنَ الْهِجْرَةِ، كَمَا سَيَأْتِي بَيَانُ ذَلِكَ، إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى عِنْدَ تَفْسِيرِ آيَةِ الْمُبَاهَلَةِ مِنْهَا، وَقَدْ ذَكَرْنَا مَا وَرَدَ فِي فَضْلِهَا مَعَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي أَوَّلِ تَفْسِيرِ [سُورَةِ] الْبَقَرَةِ.

0 komentar:

Posting Komentar