SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/09/19

Tugas Para Malaikat





Apakah alim besar KH Nurhasan pernah menjelaskan tugas-tugas para malaikat? Para muridnya menjawab dengan bermacam-macam jawaban. Termasuk jawaban yang menarik, yang disampaikan oleh KH Anshor Firdaus, “Kalau mau bercerita yang menarik mengenai apa-saja, beliau sangat bisa. Karena bahasa Arab beliau sangat matang. Tetapi beliau saat itu lebih mementingkan pembinaan umat.”

Ustadz Abdul-Mannan berkata, “Dulu KH Nurhasan pernah berkata ‘Dul! Jika kajian yang saya sampaikan dideres dan dikaitkan dengan dalil lainnya, maka akan diketahi dengan jelas maksud dari yang kita kaji’.”

KH Abdul Azzhohir (عبد الظاهر) pernah berkata, “Kalau mau menjelaskan isi kitab, setelah menyampaikan ilmu yang diterima dari guru, hendaklah menyebutkan rujukan atau nama kitab tersebut.”
Contoh, penjelasan Al-Qurthubi mengenai Tugas Para Malaikat تفسير القرطبي - (ج 19 / ص 194)
قال عبد الرحمن بن ساباط: تدبير أمر الدنيا إلى أربعة، جبريل وميكائيل وملك الموت واسمه عزرائيل وإسرافيل، فأما جبريل فموكل بالرياح والجنود، وأما ميكائيل فموكل بالقطر والنبات، وأما ملك الموت فموكل بقبض الانفس في البر والبحر، وأما إسرافيل فهو ينزل بالامر عليهم، وليس من الملائكة أقرب من إسرافيل، وبينه وبين العرش مسيرة خمسمائة عام.

Artinya:
Abdur Rohman bin Sabbath (عبد الرحمن بن ساباط) berkata, “Penyelesaian urusan dunia diserahkan pada empat malaikat: 
2.     Mikail AS.
3.     Malaikat-maut bernama Izroil AS.
4.   Dan malaikat Isrofil AS.

1.   Adapun Jibril AS ditugaskan mengurusi angin dan pasukan. 
2.   Adapun Mikail AS ditugaskan mengurusi hujan dan tanaman. 
3.   Adapun Malaikat Maut AS ditugaskan mencabut ruh makhluq di darat dan di laut. 
4.   Adapun Isrofil AS yang memutuskan perkara atas mereka. Tidak ada malaikat yang lebih dekat (Arasy) daripada Isrofil AS. Di antara dia dan Arasy perjalanan 500 tahun.” 

0 komentar:

Posting Komentar