SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2016/12/06

PS 169: Pembebasan Syam





Dakwah di Anthakiyah


Watsiq bergegas melaksanakan tugas, memacu kuda menuju Madinah. Dan sampai di Madinah pada malam hari.

Pagi itu Umar RA mengimami shalat subuh lalu berdoa. Lalu keluar dari kota Madinah, mencari berita Pasukannya yang Berjihad, di negeri Syam. 
Watsiq merasa beruntung karena tidak diketahui bahwa dia bersembunyi di atas pohon di kebun milik Ibnu Dachdach Al-Anshari (ابن الدحداح الأنصاري). Cabang pohon yang diinjak di bawahnya, berdaun lebat, dipergunakan bersembunyi. 

Ketika pagi menyingkir oleh datangnya siang yang panas, Umar pergi sendirian mendekati pohon yang dipanjat oleh Watsiq, lalu tidur di tempat teduh itu. Ketika tidurnya makin lelap, Watsiq menghunus belati dari sarungnya, sambil turun untuk membunuh.
Watsiq terkejut ketakutan oleh datangnya singa jantan sebesar sapi dewasa, siap melindungi Umar dari serangannya. Umar RA dijaga dan dijilati telapak kakinya, hingga bangun dari tidurnya. Dengan mata terbelalak, Watsiq ketakutan lalu turun, setelah singa besar itu pergi. 
Dengan penuh hormat dia datang untuk mencium tangan Umar RA. Dan berkata, “Tuan telah menjadi pimpinan yang adil, oleh karena itu pasti aman. Demi Allah, Tuan dilindungi oleh singa besar dan para malaikat. Bahkan jin-jin pun mengenal Tuan.”
Lalu bercerita tentang Yang Disaksikan, selama dia mengintai di atas pohon. Dan menyatakan masuk Islam.  [1]


Di Biara Qisan, Hiraqla menyumpah dengan berteriak, agar pasukannya takkan berlari dalam memerangi kaum Arab. Mereka juga disumpah agar sanggup tewas di dalam perang yang dianggap Suci itu. Dengan suara menggemuruh mereka mengikarkan sumpah, “Kami akan melawan mereka, meskipun harus gugur.”

Arak-arakan pasukan sangat panjang itu meninggalkan Hiraqla, untuk berperang. Salib-Salib gemerlapan dinaungkan di atas kepala tokoh-tokoh. Dengan khidmat, para rahib dan ulama Nashrani membaca Injil. Derap kaki kuda mereka bergema memenuhi ruangan yang sangat luas.

Arak-arakan pasukan Muslimiin telah berbaris rapi mengikuti pimpian mereka masing-masing. Panji mereka berkibar-kibar seakan-akan menari bahagia. Rabiah bin Mamar yang terkenal pandai menyusun syair, diperintah, “Hai Rabiah! Ucapanmu lebih tajam daripada anak panah! Mustajab untuk menggerakkan jihad kaum Muslimiin! Nasehatilah agar mereka berjihad!” oleh Abu Ubaidah.

Rabiah maju ke depan untuk meneriakkan syairnya:



Pasukan Romawi yang pertama kali keluar dari barisan, menantang perang, Nastarus bin Rubil (نسطاروس بن روبيل). Di tengah medan perang, dia menantang perang dengan gagah berani. 
Yang menghadapi tantangannya, Damis Abul-Haul yang sangat pemberani. Dan gagasan cemerlangnya telah berhasil membuat negeri Chalab (Aleppo) ditaklukkan. Sayang dalam perkelahian seru itu, kuda Damis jatuh dan Damis terpelanting, punggungnya membentur tanah. 
Nastarus melumpuhkan dan menangkap dia secepat-cepatnya,untuk diserahkan pada orangnya.
Dalam peperangan seru, Nastarus melawan Addhachak, ada pasukan Anthakiyah yang telah berkali-kali melihat Khalid. Dia menyangka Addhachak adalah Khalid
Dia berkata, “Jagoan mereka yang telah merebut beberapa wilayah kita, telah muncul melawan jagoan kita.”

Kaum Anthakiyah berdatangan banyak sekali, ingin menyaksikan Addhachak yang dikira Khalid. Nama Khalid sangat terkenal di negeri Anthakiyah, hingga orang-orang yang berjubel menonton perkelahian berdarah itu makin melaut. Bahkan pasukan berkuda Anthakiyah terhalang oleh penonton yang makin melaut. Tali-tali panggung kehormatan Nastarus, putus oleh arus penonton. Bahkan kursi kehormatannya juga rusak, karena terinjak-injak. Jika runtuh, panggung tinggi itu bisa menewaskan orang banyak. 

Perhatian kaum Antakiyah tertuju pada Addhachak dan Nastarus yang berperang. Hanya mereka lebih memperhatikan dan berharap semoga Nastarus menang.

Ada tiga orang Anthakiyah yang tidak digubris oleh penonton. Mereka bertiga minta agar ditolong membenahi kayu penyangga, agar panggung kehormatan Nastarus tidak roboh. Namun mereka lebih senang melihat Addhachak yang dikira Khalid, daripada menolong membenahi panggung tinggi besar, yang hampir roboh.
Jalan satu-satunya, mereka bertiga minta, “Tali yang mengikat kau, akan kami lepas sebentar, agar kau menolong membenahi letak kayu penyangga ini. Agar panggung ini tidak roboh, mencelakai orang banyak? Mau kan? Tapi setelah itu, kau kami ikat lagi? Kalau yang mulia Tuan Nastarus telah datang, kami akan memohon agar kau dilepaskan” pada Damis yang segera menjawab, “Saya mau.”

Damis dilepaskan, lalu dua tangannya bergerak dan menumbukkan dua wajah orang yang telah melepaskan tali pengikatnya. Yang satu terkejut saat melihat dua temannya roboh dan sakarat. Wajah mereka berdua remuk. Dia makin terkejut oleh gerakan Damis yang tahu-tahu menyakitkan, membuat gelap dan menewaskan dirinya.


Damis bergerak cepat mencari dan membuka peti, mengambil baju Nastarus. Dan bergerak cepat mencari dan menaiki kuda yang bagus. Lalu mengambil senjata dan memberi tailalat, pada wajahnya. Dia mengambil pedang dan harta Nastarus, lalu memacu kuda, mendekati komandan pasukan Nashrani bernama Chazim bin Abdi Yaghuts (حازم بن عبد يغوث).




In syaa Allah bersambung



[1] Al-Waqidi berkata, “Ini terjadi sebelum pasukan Muslimiin memasuki negeri Anthakiyah (كانت هذه الفعلة قبل نزول المسلمين على أنطاكية).”

0 komentar:

Posting Komentar