SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2015/10/13

Ambil Hajar Aswad


k


Penjelasan Al-Qaramithah Ambil Hajar Aswad
Dibawa ke Negeri mereka. [1]

Pada zaman Sultan Al-Muqtadir, “Terjadi kejahatan besar” di Makkah. Kaum Syiah membunuh jamaah Haji dan mengambil Hajar Aswad.

Dalam Al-Bidayah, Ibnu Katsir menjelaskan:
Dalam aksi jahat ini, kafilah dari Iraq dipimpin oleh Amir bernama Manshur Addailami. Mereka sampai Makkah dengan selamat. Di Makkah telah berkumpul kafilah dari segala penjuru dunia. Semua tempat dan jalan di sana, penuh manusia.
Di hari Tarwiyah, mereka tidak sadar bahwa tiba-tiba Al-Qirmithi dan jamaahnya muncul. Merampok dan membunuh mereka secara besar-besaran. Pembunuhan jamaah haji secara besar-besaran terjadi di :
1.                   Berberapa tanah lapang.
2.                   Lereng-lereng.
3.                   Masjidil-Haram.
4.                   Di dalam Kabah.
Pimpinan mereka Abu Thahir Laknatullah, duduk di pintu Kabah. Sejumlah jamaah pria di sekelilingnya, gugur.
Di Masjidil-Haram, di bulan Haram, di hari paling mulia yakni Hari Tarwiyah, dilakukan pembantaian manusia dengan pedang.
Abu Thahir (pemimpin aksi jahat tersebut) berkata, “Aku Allah dan dengan Allah! Aku mencipta makhluq! Aku membinasakan mereka!.”
Orang-orang belari dari kejaran Abu Thahir dan pasukannya. Mereka yang menggelayut pada selambu Kabah, sedikitpun tidak membuat iba pada Abu Thahir. Dalam keadaan menggelayut, mereka dibunuh.
Mereka yang thawaf juga dibunuh.
Di hari itu, sejumlah Ulama Ahli Hadits yang thawaf juga dibunuh. Setelah menyelesaikan thawaf, mereka ditebas dengan pedang.
Setelah selesai Abu Thahir membaca syair:
Kau lihat kaum Cinta, roboh di rumah-rumah mereka. Seperti sejumlah pemuda Ashabul-Kahfi. Mereka nanti takkan tahu berapa lama tinggal di sini.

Setelah pembantaian jamah Haji dengan kejam selesai, Al-Qaramithi (Abu Thahir) yang dilaknat oleh Allah, perintah agar jenazah-jenazah korban dikubur, di sumur Zamzam. Di Tanah Haram dan Masjidil-Haram, dia mengubur mayat berjumlah sangat banyak.

Oh betapa gila, korban pembunuhan berserakan di mana-mana. Tempat-tempat penguburan dan tempat lainnya menjadi menakutkan. Mayat-mayat dikubur, tidak dimandikan, tidak dikafani, dan tidak dishalati. Karena meninggal ketika ihram, dan sebagai Shuhada. Dia merobohkan kubah (atap) sumur Zamzam. Dan perintah agar pintu Kabah dilepas.
Dia melepaskan selimut Kabah, untuk dipotong-potong. Dibagikan pada para sahabatnya.
Dia perintah lelaki agar naik Kabah, untuk mengambil Talang Kabah.
Ketika berusaha melepaskan Talang Kabah, dia terjungkir hingga kepalanya membentur tanah dan tewas menuju Neraka. Dia tidak berhasil mengambil Talang Kabah.
Abu Thahir perintah agar Hajar Aswad diambil paksa. Seorang lelaki memukulkan benda keras di tangannya, sambil berkata, “Mana burung-burung Ababil? Mana batu-batu dari Sijjil?” Dan berhasil mengambil Hajar Aswad.
Di waktu sore, Hajar Aswad mereka ambil, dibawa pulang ke negeri mereka. Selama 22 tahun, Hajar Aswad di tempat mereka.

“Lalu mereka mengembalikan lagi, sebagaimana yang akan kami jelaskan nanti, di Bab Kejadian Tahun 339 H. Sungguh kita milik Allah, dan akan kembali padaNya” Terang Ibnu Katsir. [2]

In syaa Allah bersambung.


Ponpes Mulya Abadi Mulungan



[2] البداية والنهاية إحياء التراث (11/ 182)
ذِكْرُ أَخْذِ الْقَرَامِطَةِ الْحَجَرَ الْأَسْوَدَ إِلَى بِلَادِهِمْ فيها خرج ركب العراق وأمير هم مَنْصُورٌ الدَّيْلَمِيُّ فَوَصَلُوا إِلَى مَكَّةَ سَالِمِينَ، وَتَوَافَتِ الركوب هناك من كل مكان وجانب وفج، فَمَا شَعَرُوا إِلَّا بِالْقِرْمِطِيِّ قَدْ خَرَجَ عَلَيْهِمْ فِي جَمَاعَتِهِ يَوْمَ التَّرْوِيَةِ، فَانْتَهَبَ أَمْوَالَهُمْ وَاسْتَبَاحَ قتالهم، فقتل في رحاب مكة وشعابها وفي المسجد الحرام وفي جوف الكعبة من الحجاج خلقاً كثيراً، وجلس أمير هم أبو طاهر لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى بَابِ الْكَعْبَةِ، وَالرِّجَالُ تُصْرَعُ حوله، والسيوف تعمل في النَّاس في المسجد الحرام في الشهر الحرام فِي يَوْمِ التَّرْوِيَةِ، الَّذِي هُوَ مِنْ أَشْرَفِ الأيام، وهو يقول: إنا الله وبالله، أنا أنا أخلق الخلق وأفنيهم أنا فكان الناس يفرون منهم فَيَتَعَلَّقُونَ بِأَسْتَارِ الْكَعْبَةِ فَلَا يُجْدِي ذَلِكَ عَنْهُمْ شَيْئًا بَلْ يُقْتَلُونَ وَهُمْ كَذَلِكَ، وَيَطُوفُونَ فَيُقْتَلُونَ فِي الطَّوَافِ، وَقَدْ كَانَ بَعْضُ أَهْلِ الْحَدِيثِ يَوْمَئِذٍ يَطُوفُ، فَلَمَّا قَضَى طَوَافَهُ أَخَذَتْهُ السُّيُوفُ، فَلَمَّا وَجَبَ أَنْشَدَ وَهُوَ كَذَلِكَ: تَرَى الْمُحِبِّينَ صَرْعَى فِي دِيَارِهِمُ * كَفِتْيَةِ الْكَهْفِ لَا يَدْرُونَ كم لبثوا فلما قضى القرمطي لعنه الله أمره وفعل ما فعل بالحجيج من الأفاعيل القبيحة، أمر أن تدفن القتلى في بئر زمزم، ودفن كثيراً منهم في أماكنهم من الحرم، وفي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَيَا حَبَّذَا تِلْكَ الْقِتْلَةُ وَتِلْكَ الضجعة، وذلك المدفن والمكان، ومع هذا لم يُغَسَّلُوا وَلَمْ يُكَفَّنُوا وَلَمْ يصلِّ عَلَيْهِمْ لِأَنَّهُمْ محرمون شهداء في نفس الأمر وَهَدَمَ قُبَّةَ زَمْزَمَ وَأَمَرَ بِقَلْعِ بَابِ الْكَعْبَةِ وَنَزَعَ كُسْوَتَهَا عَنْهَا، وَشَقَّقَهَا بَيْنَ أَصْحَابِهِ، وَأَمَرَ رجلاً أن يصعد إلى ميزاب الكعبة فيقتلعه، فسقط على أم رأسه فمات إلى النار فعند ذلك انكف الخبيث عَنِ الْمِيزَابِ، ثُمَّ أَمَرَ بِأَنْ يُقْلَعَ الْحَجَرُ الأسود فجاءه رجل فضربه بِمُثْقَلٍ فِي يَدِهِ وَقَالَ: أَيْنَ الطَّيْرُ الْأَبَابِيلُ، أَيْنَ الْحِجَارَةُ مِنْ سِجِّيلٍ؟ ثُمَّ قَلَعَ الْحَجَرَ الأسود وأخذوه حين راحوا معهم إلى بلادهم، فمكث عِنْدَهُمْ ثِنْتَيْنِ وَعِشْرِينَ سَنَةً حَتَّى رَدُّوهُ، كَمَا سنذكره في سنة تسع وثلاثين وثلثمائة فَإِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ.

0 komentar:

Posting Komentar