SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2012/12/25

BC 3: Buah Cinta


Makalah bersambung
Khotbah Akhir Umar



Ibnu Abbas berkata, “Sebelum bulan Dzul-Chijjah berakhir, kami sampai ke Madinah. Di hari Jum’at itu, kami bergegas berangkat jumatan. Matahari telah condong ke barat. Di sana saya berjumpa Said bin Zaid bin Amer bin Nufail yang duduk lurus sudut mimbar. Saya segera duduk di sekitar itu. Lututku menyentuh lututnya. [1]
Tak lama kemudin Umar bin Al-Khatthab keluar ke arah mimbar. Saya menyaksikan Umar menghadap mimbar. Dan saya berkata pada Said bin Zaid bin Amer bin Nufail, “Sungguh di sore ini, pasti dia akan menyampaikan makalah yang belum pernah disampaikan sejak dia menjadi Khalifah.” 
Sontak Said bin Zaid marah: “Apa maksud perkataanmu ‘beliau akan mengucapkan yang belum pernah diucapkan?’.”

Umar duduk di atas mimbar. Ketika para Mu’adzin telah diam, Umar berdiri untuk menyampaikan mengenai Kehebatan Allah:
“Ammaa ba’d; sungguh saya akan menyampaikan makalah yang telah dipersiapkan untuk kalian. Saya tidak tahu barangkali ini persiapan untuk ajal kematian saya. Barang siapa mampu mengingat dan menyimpan, silahkan menyampaikan, sampai di mana kendaraan dia membawa dia. Namun barang siapa khawatir tidak mampu mengingat, tidak saya halalkan bohong atas nama saya. Sungguh Allah telah mengutus Muhammad SAW dengan hak. Dan telah menurunkan Kitab kepadanya. Termasuk yang diturunkan oleh Allah di dalamnya ‘Ayat Rajam’. Dulu, kami membaca, mengingat dan memahami (Ayat tersebut). Rasulullah telah melaksanakan rajam; kami pun telah melaksanakan. Namun saya khawartir jika zaman panjang telah melanda manusia nanti, akan ada orang yang berkata ‘demi Allah! Kami tidak menemukan Ayat Rajam dalam Kitab Allah’. Akhirnya mereka tersesat karena meninggalkan hukum (rajam) yang telah Allah tentukan.  [2]
Rajam di dalam Kitab Allah adalah Hak, atas orang yang zina; kaum lelaki maupun wanita yang telah menikah; ketika bukti telah tegak atau ada kehamilan, atau ada pengakuan. Selanjutnya, sungguh kami dulu pernah membaca sebagian bacaan Al-Qur’an: أَنْ لاَ تَرْغَبُوا عَنْ آبَائِكُمْ ، فَإِنَّهُ كُفْرٌ بِكُمْ أَنْ تَرْغَبُوا عَنْ آبَائِكُمْ. 
Ketahuilah sesungguhnya Rasulullah صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ pernah bersabda ‘jangan mengkultuskan saya seperti ‘Isa bin Maryam AS dikultuskan! Katakan dia Hamba dan Rasul Allah’.
Selanjutnya, berita bahwa seorang kalian berkata ‘demi Allah kalau Umar wafat, saya pasti berbai’at pada fulan’ telah sampai padaku. Jangan sampai orang salah dalam pernyataan ‘Pembai’atan Abi Bakr yang Sangat Mendadak, Nyatanya Sempurna’. Ingat! Kenyataannya memang demikian; karena sungguh Allah telah melindungi pembai’atan tersebut. Tak seorang pun dari kalian yang leher-leher tuqtha’u, yakni diputus, semisal Abi Bakr.”

Maksud Umar 'karena keagungan, kebaikan, serta kepandaian Abu Bakr sempurna, maka kalau leher-leher kaum ditegakkan, agar dapat membandingi, tetap juga takkan berhasil, meskipun leher-leher mereka putus (karena dipaksa). Karena derajat Abu Bakr terlalu tinggi'.

Umar melanjutkan:
‘Barang siapa berbai’at’ pada seorang, tidak melalui musyawarah Muslimiin, maka yang berbai’at dan dibai’at tersebut keliru,‘harus dibunuh’. Dan sungguh di saat Allah mewafatkan nabi SAW kita; kaum Anshar mentukan langkah berbeda dengan kami. Mereka telah berkumpul semuanya di halaman keluarga besar Sa’idah. (Beberapa tokoh) Ali, Zubair, dan yang menyertai mereka berdua, tidak bergabung pada kami. Kaum Muhajirin telah bergabung pada Abu Bakr.
Saya berkata ‘ya Aba Bakr! Mari kita pergi menuju saudara-saudara kita kaum Anshar ini’. Kami pun segera datang menuju mereka. Di tengah perjalanan, kami bertemu dua pria shalih.  [3]
Mereka berdua menjelaskan pada kami, mengenai tujuan kaum yang berkumpul tersebut. Mereka berdua berkata ‘kalian mau kemana hai kaum Muhajirin?’.
Kami menjawab ‘akan menuju saudara kami; kaum Anshar ini’.
Mereka berdua berkata ’jangan kalian dekati mereka! Laksanakan saja urusan kalian!’.
Saya menjawab ‘demi Allah, kami harus datang sungguh pada mereka’. 
Kami meneruskan perjalan hingga sampai pada mereka, di halaman luas keluarga besar Sa’idah.
Ternyata ada lelaki berselimut rapat, di pertengahan mereka. 
Saya bertanya ‘siapa ini?’.
Mereka menjawab ‘Sa’du bnu Ubadah’.
Saya bertanya ‘ada apa dia?’.
Mereka menjawab ‘sedang terserang penyakit panas’.
Setelah kami duduk sejenak; juru bicara mereka bertasyahud, dan memuji Kehebatan Allah. Selanjutnya berkata ‘ammaa ba’d: kami Penolong Allah dan Pasukan Islam, sementara kalian kaum Muhajirin, jamaah biasa. Kalian kelompok kecil yang memisahkan diri dari kaum kalian’.
Ternyata mereka bertujuan akan melepaskan kami dari asal kami, dan menyingkirkan kami dari kepemimpinan. Begitu dia diam; saya telah hampir berbicara. Ketika itu saya telah mempersiapkan makalah menakjubkan yang akan saya sampaikan di hadapan Abu Bakr. Saya telah mempersiapkan dengan matang. Ketika saya telah hampir berbicara; Abu Bakr berkata ‘sebentar’. 
Sontak saya jadi sungkan, dan tak mau membuat dia marah.
Abu Bakr berbiara. Ternyata dia lebih arif dan lebih sopan dari pada saya. Demi Allah, kalimat menakjubkan yang telah saya persiapkan, tidak dia tinggalkan dalam pembicaraan tersebut. Dengan kejeniusannya dia mengutarakan semisal itu, atau lebih bagus daripada perkataan saya, hingga dia diam. Saat itu dia berkata ‘kebaikan yang telah kalian katakan mengenai ‘kalian’ memang tepat jika disematkan pada kalian. [4] Namun ini (kepemimpinan) takkan diakui kecuali sebagai hak kaum Quraisy ini. Mereka kaum yang nasab dan desanya ‘lebih inti’ bagi bangsa Arab. Sungguh saya telah menyetujui sepenuhnya, satunya dua pria ini: Berbai’atlah pada seorang mereka berdua yang kalian kehendaki!’. 
Sontak Abu Bakr memegang tangan saya dan tangan Abu ’Ubaidah bin Al-Jarrach. Sementara dia sendiri duduk di antara kami berdua. Sontak rasa salutku terhadap Abu Bakr surut, karena ucapan tersebut. Demi Allah, sejak dulu saya diajukan untuk dipukul leher saya, takkan mendekatkan saya pada dosa yang lebih menyenangkan, daripada memimpin kaum yang di dalamnya ada Abu Bakr. (Maksudnya sama-sama saya anggap salah, namun lebih senang dipukul leher saya; daripada memimpin kaum yang di dalamnya ada Abu Bakr). Allahumma, kecuali jika Kau memberikan godaan pada diri saya, ketika saya akan mati, yang saat ini tidak saya jumpai.
Seorang lelaki Anshar berkata ‘saya batang-kayu yang digunakan menggaruk gatal, dan untaian buah yang membesar. [5] [6] Dari kami ada pemimpin; dari kalian ada pemimpin, ya kaum Quraisy’. 
Setelah itu suara ricuh dan celoteh bersaut-sautan. 
Ada beberapa orang yang suaranya tinggi, hingga saya khawatir terjadi perselisihan. 
Saya segera berkata ‘bentangkan tanganmu ya Aba Bakr’. 
Dia membentangkan tangannya. Sontak saya berbai’at kepadanya. 
Kaum Muhajiriin menyusul berbai’at padanya. 
Selanjutnya kaum Anshar juga berbai’at padanya.
Kami bergegas menuju Sa’du bnu ‘Ubadah. 
Seorang mereka berkata ‘kalian membunuh Sa’du bnu ‘Ubadah?’.
Saya menjawab ‘Allah yang membunuh Sa’du bnu ‘Ubadah’.
‘Sungguh’ (lanjut Umar) ‘kami demi Allah, berdasarkan kenyataan yang kami saksikan; tak menjumpai keputusan yang lebih kuat dari pada Pembai’atan Abu Bakr. Saat itu kami khawatir jika kaum (Muslimiin) berpecah, sebelum dilakukan bai’at. Khawatir jika ada yang melakukan pembai’atan di belakang kami’. Karena bisa jadi, kami akan bergabung berbai’at pada mereka, dengan tanpa kami ridhoi. Bisa jadi kami akan menentang mereka, hingga terjadi kerusakan. Oleh karena itu barang siapa berbai’at pada lelaki, tanpa musyawarah dengan Muslimiin, maka tidak boleh diikuti, baik yang berba’iat maupun yang dibai’at. Keduanya melakukan kekeliruan yang mengarah untuk dibunuh'."  [7]

Sebetulnya ‘Khotbah Jum’ah Umar Terakhir’ tersebut, tidak hanya melukiskan Umar sangat mengalah pada ra’iyah atau jamaah, tetapi lebih dari itu. Dia suka bermusyawarah, dan sangat menghormati Abu Bakr. Dia sangat menghormati pejuang-pejuang Islam lainnya. Dia mementingkan perdamaian dan persatuan. Kalau saat itu, rakus atau tamak atau arogan, Umar bisa mendapatkan kekayaan sebanyak apapun, karena saat itu dua kerajaan raksasa Romawi Timur dan Farisi, telah dilumpuhkan olehnya. Harta kekayaan dua kerajaan tersebut masuk ke Sabilillah banyak sekali, hingga ‘Umar jusrtu menangis, saat melihat kenyataan tersebut. 
Dalam Lisanul-Arab dan Tajul-Urus dijelaskan:
Ketika kekayaan Raja Kisra disetorkan, Umar berdoa ‘ya Allah! Hamba mohon pada-Mu, jika hamba terjebak (nikmat). Sebab sungguh hamba mendengar Kau berfirman -سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لا يَعْلَمُونَ  - Mereka akan Kami jebak dari mana mereka tidak tahu’. [8]

Apakah yang mendorong Umar menjadi orang sebaik itu? Tentu karena ketaqwaan. Dalam Al-Qur’an; taqwa dan sabar, terkadang diistilahkan Ichsan : إِنَّهُ مَنْ يَتَّقِ وَيَصْبِرْ فَإِنَّ اللَّهَ لا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ  – Sesungguhnya barang siapa bertaqwa dan bersabar, maka pasti Allah takkan menyia-nyiakan pahala kaum Ichsan tersebut. [9]

Bertaqwa dan bersabar membuat seorang mampu menahan diri. Karena di saat itu, Allah merahmati sehingga dia mampu menahan nafsunya. 
Perlu diingat bahwa, Ayat di atas merupakan Khotbah Nabi Yusuf عَلَيْهِ السّلَام yang disampaikan pada kakak-kakaknya. Di saat mereka terperanjat oleh kenyataan; ‘Yusuf عَلَيْهِ السّلَام  menjadi orang besar’. 
Nabi Yusuf AS menumbangkan kejahatan dengan Cinta-Kasih. Allah mengabadikan Khotbah tersebut di dalam Al-Qur’an, sebagai Pelajaran, untuk Muhammad dan umatnya صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ.

Dan ketika Nabi Muhammad صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ mengamalkan Ayat tersebut; ternyata betul sekali, yakni berdampak seperti Nabi Yusuf عَلَيْهِ السّلَام. Hanya dampaknya jauh lebih besar dan lebih indah. Kalau manusia tahu, bagaimana Allah memberi Anugrah Besar, setelah Nabi Yusuf عَلَيْهِ السّلَام  dan Nabi Muhammad صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ bertaqwa dan bersabar, mungkin mereka ‘akan meninggalkan semua usaha’. Selanjutnya bergegas atau berlari menuju ketaqwaan dan kesabaran. [10] Apalagi mereka yang intelek atau ilmuan, yang kesadaran atau kepandaian mereka, di atas manusia pada umumnya. [11]

Cinta Berbuah Indah’ hanya sebuah judul. Sebetulnya yang dimaksud Rahmah Berbuah Indah. Tetapi karena ada yang berpandangan rahmah adalah cinta, maka judulnya menjadi begitu. Adapun yang dibahas:
1.     Memetik dan menghidangkan buah cinta-kasih.
2.     Menghidangkan buah cinta-kasih  pada penghuni bumi.
3.     Taburan cinta-kasih Rasul.
4.     Membatasi-diri sebagai pemimpin.
5.     Penjelasan agar tidak salah paham.
6.     Himbauan.

7.     Doa.




[1] Diperkirakan perhatian jamaah Jum’ah pada khutbah saat itu lebih serius atau tegang, karena kemarahan Umar saat di Makkah, dan karena ucapan Ibnu Abbas pada Said bin Zaid bin Amer bin Nufail.
[2] Dulu pernah ada ayat rajam: الشَّيْخ وَالشَّيْخَة إِذَا زَنَيَا فَارْجُمُوهُمَا الْبَتَّة,  namun telah dimansukh secara tilawah. [Fatchul-Bari juz 14 halaman 233].
[3] Mereka berdua; Ma’nu bin Adi dan Uwaim bin Sa’idah.
[4] Ada pernyataan Abu Bakr yang menjadi pelajaran berharga: “Demi Allah hai kaum Anshar, sungguh kami tidak mengingkari kehebatan dan pengorbanan kalian untuk Islam, demikian pula hak kalian yang tinggi di atas kami.” [Fatchul-Bari 19/257 Maktabatus-Syamilah].
[5] Lelaki tersebut bernama Chubab bin Al-Mundzir.
[6] Dalam kitab aslinya, perkataan tersebut ditulis: جُذَيْلُهَا الْمُحَكَّكُ ، وَعُذَيْقُهَا الْمُرَجَّبُ. Maksudnya dia puas dengan pertemuan ini.
[7] Bisa jadi, ini karena kepandaian Umar RA yang sempurna, dalam rangka mengajarkan berdemokrasi, wallahu a’lam. Memang Ibnu Abbas tidak menjelaskan mereka berdebar-debar, karena ‘tidak perlu’. Tetapi bagi Ibnu Abbas dan para sahabat penting lainnya, dipastikan (in sayaa Allah) berdebar-debar, karena disampaikan oleh orang sangat besar dan agung, menanggapi ucapan yang keliru.
[8] Dalam naskah aslinya ditulis: قال عمر بن الخطاب رضي الله عنه لما حُمِلَ إِليه كُنُوزُ كِسْرَى اللهم إِني أَعوذ بك أَن أَكونَ مُسْتَدْرَجاً فإِني أَسمعك تقول سنستدرجهم من حيث لا يعلمون.
[9] Qs Yusuf ayat 90.
[10] Dalil yang menjelaskan; dulu Islam pernah berjaya karena barakah dari Al-Qur’an dan Al-Hadits, banyak. Bukhari meriwayatkan Hadits panjang yang nilainya sangat tinggi, yang secara tidak langsung, menjelaskan bahwa saat itu, maksudnya sekitar tahun tujuh-puluh-tiga Hijriyyah, Islam telah berjaya. Apalagi setelah itu:


عَنْ أَبِى الْمِنْهَالِ قَالَ لَمَّا كَانَ ابْنُ زِيَادٍ وَمَرْوَانُ بِالشَّأْمِ ، وَوَثَبَ ابْنُ الزُّبَيْرِ بِمَكَّةَ ، وَوَثَبَ الْقُرَّاءُ بِالْبَصْرَةِ ، فَانْطَلَقْتُ مَعَ أَبِى إِلَى أَبِى بَرْزَةَ الأَسْلَمِىِّ حَتَّى دَخَلْنَا عَلَيْهِ فِى دَارِهِ وَهْوَ جَالِسٌ فِى ظِلِّ عُلِّيَّةٍ لَهُ مِنْ قَصَبٍ ، فَجَلَسْنَا إِلَيْهِ فَأَنْشَأَ أَبِى يَسْتَطْعِمُهُ الْحَدِيثَ فَقَالَ يَا أَبَا بَرْزَةَ أَلاَ تَرَى مَا وَقَعَ فِيهِ النَّاسُ فَأَوَّلُ شَىْءٍ سَمِعْتُهُ تَكَلَّمَ بِهِ إِنِّى احْتَسَبْتُ عِنْدَ اللَّهِ أَنِّى أَصْبَحْتُ سَاخِطًا عَلَى أَحْيَاءِ قُرَيْشٍ ، إِنَّكُمْ يَا مَعْشَرَ الْعَرَبِ كُنْتُمْ عَلَى الْحَالِ الَّذِى عَلِمْتُمْ مِنَ الذِّلَّةِ وَالْقِلَّةِ وَالضَّلاَلَةِ ، وَإِنَّ اللَّهَ أَنْقَذَكُمْ بِالإِسْلاَمِ وَبِمُحَمَّدٍ - صلى الله عليه وسلم - حَتَّى بَلَغَ بِكُمْ مَا تَرَوْنَ ، وَهَذِهِ الدُّنْيَا الَّتِى أَفْسَدَتْ بَيْنَكُمْ ، إِنَّ ذَاكَ الَّذِى بِالشَّأْمِ وَاللَّهِ إِنْ يُقَاتِلُ إِلاَّ عَلَى الدُّنْيَا.

Dari Abil-Minhal:
“Ketika Ibnu Ziyad dan Marwan di kota Syam (berkuasa); Ibnu Az-Zubair bergerak di Makkah; Qurraa’ (jamaah penghafal Al-Qur’an) di kota Basrah juga bergerak (terjadi perselisihan besar, bahkan petempuran sengit antar beberapa kubu tersebut. Sehingga banyak orang Islam justru susah sekali. Termasuk di antara mereka yang susah, ayah Abul-Minhal.”
(Abul-Minhal meneruskan, “Saya dan ayahku segera berangkat menuju Abu Barzah (sahabat nabi SAW). Akhirnya saya benar-benar sampai ke rumah Abu Barzah Al-Aslami. Bahkan akhirnya kami sempat masuk ke rumahnya, di saat dia sedang berteduh di bawah naungan rumah susunnya, yang terbuat dari bambu. Setelah kami duduk bersanding dengannya; ayahku segera minta hidangan (istimewa) berupa uraian Hadits, ‘ya Aba Barzah, bukankah kau menyaksikan kejadian yang telah menimpa orang-orang?’.
Awal ucapan dia yang saya dengar, ‘ya kaum Arab! Sebagaimana yang telah kalian ketahui, keadaan kalian dahulu ‘hina’, berjumlah sedikit, dan tersesat. Sungguh Allah telah menyelamatkan kalian melalui Islam dan Muhmmad صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلّمَ. Hingga akhirnya Allah mengangkat derajat kalian pada kenyataan yang kalian saksikan. Dan ini dunia, telah merusak hubungan antar kalian. Sungguh itu yang di Syam, demi Allah tidak berperang kecuali karena dunia’.”

[11] Allah sendiri menjelaskan bahwa orang pandai ‘mudah menyadari keadaan’ karena selalu memperhatikan keadaan alam sekitarnya:


إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآَيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Sungguh mengenai terjadinya beberapa langit dan bumi, dan silih-bergantinya malam dan siang; niscya menjadi tanda-tanda (kekuasaan Allah) khususnya bagi para pemilik akal. Yaitu orang-orang yang ingat Allah dengan berdiri dan duduk, dan di atas lambung-lambung mereka. Dan berfikir mengenai terjadinya beberapa langit dan bumi. (Mereka berkata “Tuhan kami! Kau tidak mencipta ini dengan sia-sia! Maha Suci Engkau! Oleh itu selamatkanlah kami dari siksa neraka.” 

Al-Baab (الْأَلْبَابِ) yang di sini diartikan akal adalah bentuk jamak dari lubb. Arti tepatnya akal-budi yang tinggi, sehingga tidak mudah terpengaruh.

0 komentar:

Posting Komentar