SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

Doa Meluluhkan Hati Seseorang

Ya Allah sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan saya HambaMu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Kau. Ya Allah, tundukkanlah

Doa Agar di Beri kerjaan Bisnis

Ya Allah, Raja segala Kerajaan, Tuhan memberikan Kerajaan pada yang Tuhan kehendaki, melepas Kerajaan dari yang Tuhan kehendaki, menjayakan orang yang Tuhan kehendaki, dan merendahkan orang yang Tuhan kehendaki

Sapaan Nabi Membuat Khowat Sungkan

Rasulullah SAW keluar dari tenda dan bersabda pada saya ‘hai Ayah Abdillah, apa yang mendorong kau duduk bersama mereka ?’

Hibah Menurut Bukhori

Hibah Menurut Bukhari Ibrahim Annakhai tergolong Tabiin yang sangar alim. Beliau murid Ibrhaim Attaimi, murid Amer bin Maimun, murid Abu Abdillah Al-Jadali, murid Khuzaimah sahabat Nabi SAW.

Masuk Surga Paling Awal

Rasulullah SAW bersabda, “Jibril AS telah datang untuk memegang tanganku untuk menunjukkan saya Pintu Gerbang Surga, yang akan dimasuki oleh umatku.”

2012/06/06

BB 7: Bedah Bukhari


Di waktu kecil, Bukhari buta.[1] Ibunya berdoa terus agar Allah menyembuhkan kebutaannya. Nabi Ibrahim AS datang di dalam mimpi dan berkata, “Lihatlah! Anakmu telah sembuh dari kebutaannya!.
Sepanjang hidup, Bukhari memperbanyak membaca Al-Qur’an dan Al-Hadits, sehingga beliau sangat ahli dalam bidang tersebut. Tulisan ini menunjukkan keahlian Bukhari yang luar biasa, dalam bidang Hadits: صحيح البخاري - (ج 5 / ص 192)

1303 - حَدَّثَنَا فَرْوَةُ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ لَمَّا سَقَطَ عَلَيْهِمْ الْحَائِطُ فِي زَمَانِ الْوَلِيدِ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ أَخَذُوا فِي بِنَائِهِ فَبَدَتْ لَهُمْ قَدَمٌ فَفَزِعُوا وَظَنُّوا أَنَّهَا قَدَمُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَا وَجَدُوا أَحَدًا يَعْلَمُ ذَلِكَ حَتَّى قَالَ لَهُمْ عُرْوَةُ لَا وَاللَّهِ مَا هِيَ قَدَمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا هِيَ إِلَّا قَدَمُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ.

Arti (selain isnad)nya:
Dari Urwah: “Ketika dinding (kubur Rasulillah SAW) roboh, pada zaman kekuasaan Al-Walid bin Abdil-Malik; mereka bergotong-royong membangun ulang bangunan tersebut.[2] Tiba-tiba tampak telapak kaki (di dalam kubur) yang membuat mereka terkejut. Mereka meyakini telapak kaki tersebut, telapak kaki nabi SAW. Mereka tak menemukan seorang pun yang tahu kepastian hal itu. Hingga Urwah (putra kakak perempuan Aisyah yakni Asmak RA) berkata pada mereka: ‘demi Allah! Ini bukan telapak kaki nabi SAW! Ini tak lain kecuali telapak kaki Umar RA’.”[3]


Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi Mulungan Sleman Jogjakarta Indonesia


[1] Ibnu Chajar menjelaskan: مقدمة الفتح - (ج 1 / ص 8)
وكتاباهما أصح الكتب بعد كتاب الله العزيز.
Artinya:
Kitab mereka berdua (Bukhari dan Muslim) adalah lebih shahihnya kitab-kitab setelah Kitab Allah yang Maha Mulia.
[2] Al-Walid bin Abdil-Malik berkuasa pada ujung zaman sahabat nabi SAW. Maksudnya zaman tabiin akan segera muncul.
[3] Ibnu Chajar menulis penjelasan Bukhari di atas: فتح الباري لابن حجر - (ج 4 / ص 475)
قَوْله : ( لَمَّا سَقَطَ عَلَيْهِمْ الْحَائِط أَيْ حَائِط حُجْرَة النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَفِي رِوَايَة الْحَمَوِيّ عَنْهُمْ : وَالسَّبَب فِي ذَلِكَ مَا رَوَاهُ أَبُو بَكْر الْآجُرِّيّ مِنْ طَرِيق شُعَيْب بْن إِسْحَاق عَنْ هِشَام بْن عُرْوَة قَالَ : أَخْبَرَنِي أَبِي قَالَ " كَانَ النَّاس يُصَلُّونَ إِلَى الْقَبْر فَأَمَرَ بِهِ عُمَر بْن عَبْد الْعَزِيز فَرُفِعَ حَتَّى لَا يُصَلِّي إِلَيْهِ أَحَد ، فَلَمَّا هُدِمَ بَدَتْ قَدَم بِسَاقٍ وَرُكْبَة فَفَزِعَ عُمَر بْن عَبْد الْعَزِيز ، فَأَتَاهُ عُرْوَة فَقَالَ : هَذَا سَاقَ عُمَر وَرُكْبَته ، فَسُرِّيَ عَنْ عُمَر بْن عَبْد الْعَزِيز " وَرَوَى الْآجُرِّيّ مِنْ طَرِيق مَالِك بْن مِغْوَل عَنْ رَجَاء بْن حَيْوَة قَالَ : كَتَبَ الْوَلِيد بْن عَبْد الْمَلِك إِلَى عُمَر بْن عَبْد الْعَزِيز - وَكَانَ قَدْ اِشْتَرَى حُجَر أَزْوَاج النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - أَنْ اِهْدِمْهَا وَوَسِّعْ بِهَا الْمَسْجِد ، فَقَعَدَ عُمَر فِي نَاحِيَة ، ثُمَّ أَمَرَ بِهَدْمِهَا ، فَمَا رَأَيْته بَاكِيًا أَكْثَر مِنْ يَوْمئِذٍ . ثُمَّ بَنَاهُ كَمَا أَرَادَ . فَلَمَّا أَنْ بَنَى الْبَيْت عَلَى الْقَبْر وَهَدَمَ الْبَيْت الْأَوَّل ظَهَرَتْ الْقُبُور الثَّلَاثَة وَكَانَ الرَّمْل الَّذِي عَلَيْهَا قَدْ اِنْهَارَ ، فَفَزِعَ عُمَر بْن عَبْد الْعَزِيز وَأَرَادَ أَنْ يَقُوم فَيُسَوِّيهَا بِنَفْسِهِ ، فَقُلْت لَهُ : أَصْلَحَك اللَّه ، إِنَّك إِنْ قُمْت قَامَ النَّاس مَعَك ، فَلَوْ أَمَرْت رَجُلًا أَنْ يُصْلِحهَا ، وَرَجَوْت أَنَّهُ يَأْمُرنِي بِذَلِكَ ، فَقَالَ : يَا مُزَاحِم - يَعْنِي مَوْلَاهُ - قُمْ فَأَصْلِحْهَا . قَالَ رَجَاء : وَكَانَ قَبْر أَبِي بَكْر عِنْد وَسَط النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَعُمَر خَلْف أَبِي بَكْر رَأْسه عِنْد وَسَطه . وَهَذَا ظَاهِره يُخَالِف حَدِيث الْقَاسِم ، فَإِنْ أَمْكَنَ الْجَمْع وَإِلَّا فَحَدِيث الْقَاسِم أَصَحّ . وَأَمَّا مَا أَخْرَجَهُ أَبُو يَعْلَى مِنْ وَجْه آخَر عَنْ عَائِشَة " أَبُو بَكْر عَنْ يَمِينه وَعُمَر عَنْ يَسَاره " فَسَنَده ضَعِيف ، وَيُمْكِن تَأْوِيله . وَاَللَّه أَعْلَم .

Artinya:
“Ketika dinding roboh atas mereka,” maksudnya: dinding kamar (yang) nabi SAW (dikubur di dalamnya).
Di dalam riwayat Al-Hamawi dari mereka, tertulis:
“Penyebab kejadian itu, menurut yang diriwayatkan oleh Abu Bakr Al-Ajuri dari jalur Syuaib bin Ishaq dari Hisyam bin Urwah ‘ayahku’ pernah memberi kabar padaku ‘dulu orang-orang sama shalat di kubur SAW tersebut. Maka Umar bin Abdil-Aziz perintah agar dinding kubur itu ditinggikan, agar tempat itu tidak bisa dinaiki dan dimasuki untuk melakukan shalat’.
Ketika dinding telah dirobohkan; ada telapak-kaki hingga betis, hingga lutut, yang tampak. Umar bin Abdil-Aziz terkejut.
Urwah datang untuk berkata, “Ini betis dan lutut Umar RA.”
Ketakutan Umar bin Abdil-Aziz mereda.

Al-Ajuri meriwayakan dari jalur Malik bin Mighwal dari Roja bin Chaiwah:
Walid bin Abdil-Malik yang saat itu telah membeli kamar-kamar para istri nabi SAW, kirim surat pada Umar bin Abdul-Aziz (cucu Umar bin Al-Khatthab RA, dari jalur ibu). Surat itu berisi: “Robohkan kamar-kamar itu untuk memperluas Masjid!.”
Umar duduk pada suatu sudut lalu perintah agar orang-orang sama merobohkannya. “Sejak itu, saya belum pernah melihat beliau menangis lebih lama (daripada itu).”
Lalu Umar membangun lagi pada bangunan tersebut; sebagaimana yang diinginkan oleh Walid. Ketika beliau membangun rumah di atas kubur, sambil merobohkan bagian rumah awal yang belum roboh; tiga kubur tampak. Karena sungguh tanah yang menutup longsor.
Umar terkejut dan terjun langsung dengan gerak cepat untuk membenahi tiga kubur tersebut.
Sontak saya berkata pada beliau, “Semoga Allah memperbaiki baginda. Sungguh jika baginda bertidak sendiri; orang (banyak sekali itu) pasti juga berdiri untuk membantu baginda. Hendaklah baginda perintah seorang agar membenahinya.” Namun saya berharap, saya lah yang diperintah oleh beliau agar membenahinya.
Ternyata beliau berkata pada Muzahim, pelayannya: “Ya Muzahim! Berdiri dan benahilah ini!.”

“Konon kubur Abi Bakr lurus tengah tubuh nabi SAW. Umar di belakang Abi Bakr, kepalanya lurus tengah tubuhnya.”
Secara lahiriah riwayat ini menyelisihi Haditsnya Al-Qasim. Mungkin semuanya benar, atau haditsnya Al-Qasim yang lebih shahih. Adapun riwayat yang dikeluarkan oleh Abu Yala dari arah lain dari Aisyah RA: “Abu Bakr di kanan SAW, Umar di kiri SAW.”
Sanadnya Hadits ini dhoif, namun takwilnya kokoh. Wallahu a’lam.
 

BI 7: Bedah Ibnu Katsir



Ibnu Katsir dan Jalalain temasuk kitab tafsir yang dikaji oleh KH Nur Hasan di Makkah. Ibnu Katsir temasuk Mufassiriin yang sangat teliti mengenai Tafsir Al-Qur’an. Hanya Hadits dan kisah yang shahih, yang dia tulis di dalam kitabnya. Terkadang memasukkan Hadits Gharib di dalam kitabnya, tetapi dia jelaskan pada pembaca bahwa Hadits tersebut Gharib. Sementara Hadits Israiliyat yang membahayakan umat, dia singkirkan dari kitabnya.[1] 

Dia menulis: تفسير ابن كثير - (ج 1 / ص 101)

بسم الله الرحمن الرحيم
فاتحة الكتاب
يقال لها: الفاتحة، أي فاتحة الكتاب خطا، وبها تفتح القراءة في الصلاة ويقال لها أيضا: أم الكتاب عند الجمهور، وكره أنس، والحسن وابن سيرين كرها تسميتها بذلك، قال الحسن وابن سيرين: إنما ذلك اللوح المحفوظ، وقال الحسن :الآيات المحكمات :هن أم الكتاب، ولذا كرها -أيضا -أن يقال لها أم القرآن وقد ثبت في[الحديث] الصحيح عند الترمذي وصححه عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " الحمد لله أم القرآن وأم الكتاب والسبع المثاني والقرآن العظيم " ويقال لها: الحمد، ويقال لها:الصلاة، لقوله عليه السلام عن ربه: " قسمت الصلاة بيني وبين عبدي نصفين، فإذا قال العبد: الحمد لله رب العالمين، قال الله: حمدني عبدي " الحديث. فسميت الفاتحة: صلاة؛ لأنها شرط فيها. ويقال لها: الشفاء؛ لما رواه الدارمي عن أبي سعيد مرفوعا: " فاتحة الكتاب شفاء من كل سم " . ويقال لها:الرقية؛ لحديث أبي سعيد في الصحيح حين رقى بها الرجل السليم، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم: " وما يدريك أنها رقية؟ " . وروى الشعبي عن ابن عباس أنه سماها: أساس القرآن، قال: فأساسها بسم الله الرحمن الرحيم، وسماها سفيان بن عيينة: الواقية. وسماها يحيى بن أبي كثير: الكافية؛ لأنها تكفي عما عداها ولا يكفي ما سواها عنها، كما جاء في بعض الأحاديث المرسلة: " أم القرآن عوض من غيرها، وليس غيرها عوضا عنها " . ويقال لها: سورة الصلاة والكنز ذكرهما الزمخشري في كشافه. وهي مكية، قاله ابن عباس وقتادة وأبو العالية، وقيل مدنية، قاله أبو هريرة ومجاهد وعطاء بن يسار والزهري. ويقال: نزلت مرتين: مرة بمكة، ومرة بالمدينة، والأول أشبه لقوله تعالى: { وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي } [الحجر: 87]، والله أعلم . وحكى أبو الليث السمرقندي أن نصفها نزل بمكة ونصفها الآخر نزل بالمدينة، وهو غريب جدًا، نقله القرطبي عنه. وهي سبع آيات بلا خلاف، [وقال عمرو بن عبيد: ثمان، وقال حسين الجعفي: ستة وهذان شاذان] . وإنما اختلفوا في البسملة: هل هي آية مستقلة من أولها كما هو عند جمهور قراء الكوفة وقول الجماعة من الصحابة والتابعين وخلق من الخلف، أو بعض آية أو لا تعد من أولها بالكلية، كما هو قول أهل المدينة من القراء والفقهاء؟ على ثلاثة أقوال، سيأتي تقريره في موضعه إن شاء الله تعالى، وبه الثقة.

Artinya:

Dengan Nama Allah Maha Pengasih Maha Penyayang
Pembukaan Kitab

Surat ini diberi nama: 
1.    Al-Fatichah (Pembukaan), maksudnya Permulaan Kitab (Al-Qur’an) di dalam penulisan. Selain itu, surat itu juga yang pertama kali dibaca di dalam shalat.
2.     Menurut ulama jumhur, “Dia juga diberi nama Ummul-Kitab (Induk kitab).” Namun Anas bin Malik, Al-Chasan Al-Bashri (tabi), dan Ibnu Sirin (tabi), benci pada penamaan tersebut. Chasan dan Ibnu Sirin berkata, “Sungguh Ummul-Kitab adalah Lauchul-Machul-Machfudl (اللَّوْح المَحْفُوظ).” Al-Chasan berkata, “Ayat muhkamat (diterapkan hukumnya) adalah Induk Al-Kitab (أُمُّ الْكِتَابِ).” Juga oleh karena alasan itu, mereka berdua benci jika Al-Fatichah diberi nama Ummul-Kitab. Padahal sungguh Hadits shahih menurut Tirmidzi, dari Abi Hurairah RA yang telah dinilai shahih; Rasulullah SAW bersabda, “Al-Chamdu lillah adalah Ummul-Qur’anTujuh (ayat) yang diulang-ulang, dan Al-Qur’an yang Agung,” telah kokoh (tsabat).
3.     Diberi nama Al-Chamdu.
4.     Diberi nama Asshalah (الصلاة), berdasarkan sabda SAW, dari Tuhannya, “Aku telah membagi shalat menjadi dua bagian, untuk Aku dan hambaKu. Ketika hamba berkata ‘الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ’; Allah berfirman ‘hambaKu telah memuji Aku’. Al-Chadits. Oleh karena itu Al-Fatichah diberi nama Asshalah, karena syarat di dalam shalat harus ada Al-Fatichah.
5.     Diberi nama Assyifa (الشفاء/Obat), berdasarkan Hadits marfuk yang diriwayatkan oleh Addarimi, dari Abi Said RA: “Fatichah kitab, obat segala racun.”
6.     Diberi nama Arruqiyah (الرُّقْيَة/Suwuk), berdasarkan Hadits Abi Said RA, ketika dia me-ruqiyat (menyuwuk) lelaki terserang bisa. Padanya, Rasulullah SAW bersabda, “Apa yang memberi tahu kau bahwa sungguh surat tersebut Ruqiyat (Suwuk)?.”
7.     Assyabi (الشَّعْبِيّ) meriwayatkan: “Ibnu Abbas RA memberi nama surat tersebut ‘Asasul-Qur’an (أساس القرآن).” Dia menjelaskan, “Asasnya adalah ‘بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ’.” [2]
8.     Sufyan bin Uyainah (سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ) memberi nama surat Al-Fatichah ‘Al-Waqiyah(الواقية/Penyelamat)’. [3]
9.     Yachya bin Abi Katsir (يَحْيَى بْن أَبِي كَثِيرٍ) memberi nama surat Al-Fatichah ‘Al-Kafiyah (الكافية / Mencukupi), karena surat itu mencukupi jauh dari lainnya. Sedangkan surat lainnya, tidak mencukupi seperti dia, sebagaimana riwayat yang datang pada sebagian Hadits mursal: “أم القرآن عوض من غيرها، وليس غيرها عوضا عنها / Induk Al-Qur’an, ganti dari lainnya; sedangkan lainya bukan pengganti untuknya.”[4]
10. Selain bernama Surat Asshalah, surat tersebut juga bernama Al-Kanzu (الكَنْزُ / Simpanan-Kekayaan). Yang menjelaskan dua nama ini, Azzamakhsyari (الزَّمَخْشَرِىّ), di dalam kitabnya bernama Al-Kassyaf.


Surat Al-Fatichah ini “Makiah,” terang Ibnu Abbas RA, Qatadah dan Abul-Aliyah. 
Ada yang menyatakan: “Surat tersebut Madaniyyah.” Yang mengucapkan demikian: Abu Hurairah, Mujahid, Athak bin Yasar, dan Azzuhri.
Ada yang mengatakan, “Surat tersebut diturunkan dua kali; di Makkah sekali, di Madinah sekali.” Namun penjelasan awal lebih mirip shahih, berdasarkan FirmanNya Taala ‘{ وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي } [الحجر: 87]’. Artinya: Dan niscaya sungguh Kami telah memberi kau tujuh (ayat) termasuk yang diulang-ulang. (Firman tersebut turun ketika nabi SAW masih di Makkah). Namun Allah yang lebih tahu.
Abu Allaits Assamarqandi (أَبُو اللَّيْث السَّمَرْقَنْدِيّ) berkata, “Separuh Al-Fatichah turun di Makkah; separu akhir turun di Madinah.” Namun Hadits ini gharib (asing) sekali. Al-Qurthubi menukil riwayat ini dari Abu Allaits.
Jumlah Ayat Surat Al-Fatichah tujuh Ayat, tidak ada yang memperselisihkan.
Amer bin Ubaid (عَمْرو بْن عُبَيْد) berkata, “Jumlah Ayat Surat Al-Fatichah delapan Ayat.” Chusain Al-Jufi (حُسَيْن الْجُعْفِيّ) berkata, “Enam ayat.” Namun dua pernyataan ini syadz (keluar dari kebenaran).
Sungguh yang diperselisihkan oleh mereka, mengenai Basmallah. “ Apakah seluruh Basmallah mulai dari awal adalah Ayat? Sebagaimana pengertian para Qura Jumhur dari Kufah, dan pernyataan jamaah Sahabat, Tabiin, dan sekelompok kaum Khalaf? [5] Ataukah sebagian Ayat? Ataukah semua mulai sejak awal, bukan Ayat? Sebagaimana pernyataan Qura dan Fuqaha dari Madinah?.” 
Faham mengenai ini terbagi menjadi tiga. Penjelasannya akan disampaikan pada tempatnya, in syaa Allah Taala. Karena Dia, keshachihan mengalir.



Ponpes Mulya Abadi Mulungan

[1] Contoh Hadits atau kisah yang membahayakan umat, kisah bathil bahwa Yusuf AS telah melepaskan kancing-celananya di depan Yulaikha. Atau kisah bathil bahwa ayah Bilqis, manusia yang mengawini jin perempuan.
[2] Assyabi seorang tabik, murid Abdullah bin Amer sahabat nabi SAW.
[3] Sufyan bin Uyainah murid Abu Chazim, murid Sahl bin Saed Assaidi (سَهْل بْن سَعْدٍ السَّاعِدِيّ) sahabat nabi SAW.
[4] Yachya bin Abi Katsir murid Abdillah, murid Abi Qatadah sahabat Rasulillah SAW.
[5] Qura jamak dari qari. Artinya ahli membaca Al-Qur’an, hanya pada zaman nabi SAW, qura dan qari adalah orang yang hafal Al-Qur’an.
Kaum khalaf artinya kaum belakangan; lawan-kata dari kaum salaf (dahulu).