SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2014/09/20

Mughirah Diundang Raja Besar



Kisah Bersambung
(1)



Saya yakin para Asatidz (Ustadz-Ustadz) masihingat kisah, “Mughirah Sahabat Rasulillah SAW” Yang pada waktu ‘Perjanjian Hudaibiah’ memukulkan tangkai pedang, atas tangan Urwah yang membelai jenggot Rasulillah SAW. Mughirah termasuk orang yang sangat pemberani. Dan dalam kisah ini juga terkandung beberapa pelajaran:
1.     Pemberani takkan memendekkan umur.
2.     Yang tidak taat Allah dan RasulNya, jangan menjadi Pemimpin Islam.
3.     Berita yang sudah sohor, ‘belum tentu benar’.
Kisah nyata ini terjadi sekitar tahun 20 Hijriah.

Menurut Al-Waqidi sejarawan Islam, dalam Futuhussyam :

Di pagi indah itu, Pasukan Muslimiin melakukan shalat subuh berjamaah. Lalu duduk untuk berbincang-bincang, sambil menunggu pasukan Romawi Timur yang akan datang.
Panglima mereka bernama Iyadh bin Ghanim, berada di pertengahan mereka. Beberapa orang menghentikan pembicaraan, karena tiba-tiba mendengar derap kaki kuda yang datang membawa Abdullah bin Ashim. Abdullah akan melaporkan pada Iyadh mengenai ‘Permohonan Tamu Ustadz Nashrani’ yang di kalangan Romawi disebut Al-Qiss.
Iyadh mempersilahkan masuk pada Al-Qiss yang datang menghadap.
Ketika telah masuk, Al-Qiss agak terkejut, karena ternyata barak itu lebih sederhana daripada yang diduga. Bahkan alasnya juga hanya dari kulit berisi tapas kurma. Permadani-permadani mewah rampasan perang, justru hanya digulung. Di situ, Iyadh dikelilingi oleh sejumlah Tokoh dan sejumlah Komandan bawahannya, yang semuanya duduk memangku pedang.
Busana Iyadh sederhana, seperti yang lain. Walau begitu, mereka kelihatan menakutkan dan agung. Sejak memasuki barak, Al-Qiss sudah terheran-heran. Wajahnya menoleh kekiri dan kekanan, untuk mencari Iyadh yang belum pernah dikenal. Lalu bertanya, “Mana yang menjadi pimpinan? Saya akan berbicara padanya. Apa betul kalian semua pemimpin dan komandan? Semua kalian kelihatan sangar dan agung.”
Setalah ditunjuk oleh mereka, Iyadh didekati oleh Al-Qiss, dan ditanya, “Hai Pemuda. Kau pimpinan semua ini?.”
Iyadh menjawab, “Kata mereka demikian. Tapi ini hanya selama saya taat Allah azza wajalla.”
Semuanya mendengarkan Al-Qiss berkata, “Raja Al-Bathlius (البطليوس / Badajos) perintah, agar saya menemui kalian. Raja ingin bertanya pada seorang kalian yang pandai dan berwawasan luas. Yang akan ditanyakan menganai ‘kalian’. Dengan tujuan agar pertumpahan darah ini ‘berhenti’.”
Iyadh menoleh pada para pendampingnya, dan bertanya, “Bagaimana tanggapan kalian? Mengenai yang dibicarakan oleh Al-Qiss ini? Dan siapa yang akan menghadap untuk mewakili berbicara pada raja? Agar selanjutnya kembali lagi kemari?.”
Mughirah bin Syubah berdiri untuk berkata, “Saya yang akan mendatangi undangan ini. Sepuluh orang yang akan mendampingi saya, agar yang pandai berbicara, dan pandai berperang.”
Iyadh menjawab, “Pilihlah di antara mereka ini! Terserah kau! Semoga Allah memberi Taufiq dan menuntun kau pada kebenaran. Dan semoga bisa pulang dengan selamat, bahkan mendapatkan rampasan perang. Doa ini untuk kau dan semua rombongan.”
Mughirah mundur, untuk berteriak:
1.     “Mana Said bin Abdil Qadir?!
2.     Abu Ayub Al-Anshari?!
3.     Khalid bin Zaid Al-Anshari?!
4.     Zaid bin Tsambit Al-Anshari?!
5.         Ibnu Masud Al-Badri?! 
6.     Jarir bin Muthim?!
7.     Abu Zaid Al-Uqaili?!
8.     Muawiyah bin Al-Akam Atssaqafi?!
9.     Amar bin Hushain?!
10. Dan Zaid bin Arqam?!.”

Semua yang dipanggil menjawab, “Labbaik” bersaut-sautan. Artinya ‘ya’.
Sebagai komandan, Mughirah perintah, “Bersiaplah menemani saya! Semoga mendapat Barakah dan Pertolongan Allah!.”
Mereka segera memasuki tenda mereka, untuk mengenakan baju perang, membawa perisai, pedang, dan tombak.
Mughirah memasuki tendanya untuk memakai baju perang, dan mengenakan ikat pinggang yang diperkokoh dengan kulit. Saku ikat pinggang sebelah kanan diselipi belati; sebelah kiri juga diselipi belati. Pedang yang dibawa berbahan Jauhar, yakni jenis besi sangat kuat. Warna tombaknya seperti buah samurah (kelampis). Kudanya berwarna hitam.
Mughirah dan semua pendampingya, membawa pelayan berkendaraan kuda baghal. Mughirah telah memberi pengarahan pada mereka.

Iyadh menoleh dan berkata pada Mughirah, “Hai Ayah Syaibah! Yang akan kau sampaikan pada manusia laknat nanti, barangkali akan membuat dia kalah hujjah (diplomasi). Ajaklah agar dia Islam dan mengamalkan shalat, zakat, puasa, hajji, berjihad! Dan agar makan makanan yang halal! Meninggalkan yang haram! Jika menolak! Suruhlah membayar pajak tiap tahun! Jika menolak! Perangilah dengan pedang tajam! Saya yakin kau akan diberi Pertolongan oleh Maha Raja Pengatur segala urusan. Karena KeridhoanNya pada Muhammad sebaik-baik makhluq.”
Mughirah menjawab, “Saya juga berharap mendapatkan Pertolongan dari Allah yang Maha memberi Anugerah, agar nanti bisa berbicara dengan tepat.”

Mereka telah berjalan mengikuti Al-Qiss yang mengendarai kuda baghal. Para Pelayan mereka berjalan di belakang, juga mengendarai kuda baghal. Semua Pelayan berbaju perang dan membawa tombak. Bibir mereka melafalkan tahli, takbir, dan membaca shalawat untuk nabi SAW. [1]


[1] فتوح الشام (2/ 256)
قال الراوي: حدثنا قيس بن شماس عن كعب بن همام عن شداد بن أوس وكان من أصحاب الرايات قال بينما نحن جلوس نتحدث مع الأمير عياض بن غانم إذ أقبل عبد الله بن عاصم وأخبر عن ذلك القس قال فأذن له الأمير عياض بالدخول فدخل القس فوجد الأمير عياضا جالسا في خيمته على فراش من أدم وحشوه من ليف وفرش المشركين التي اكتسبوها مطوية على جانب وحوله السادات والأمراء رضي الله عنه كلهم جلوس حوله وهو كأنه أحدهم وسيوفهم على أفخاذهم وعليهم هيبة ووقار فلما دخل القس اندهش وحار وأخذه الانبهار ثم التفت يمينا وشمالا وقال: يا قوم أيكم الأمير حتى أكلمه فإنكم كلكم أراكم سادات وأمراء وعليكم هيبة ووقار فأشاروا إلى الأمير عياض فالتفت إليه وقال: يا فتى أنت أمير قومك قال كذلك يزعمون ما دمت على طاعة الله عز وجل فقال له القس: أن الملك البطليوس قد أرسلني اليكم يريد ذا الرأي والخبرة ليسأله عن أمركم فلعل أن يكون ذلك سبب حقن الدماء بينكم وبينه قال فعندها التفت الأمير عياض إلى أصحابه وقال: ما تقولون فيما أتاكم به هذا القس ومن ينطلق إليه ويخاطبه ويعود الينا قال فوثب المغيرة بن شعبة وقال أنا أمضي إليه وأريد معي عشرة رجال من الأمراء ذوي المروءة والباس فقال له الأمير: اختر من شئت وفقك الله وسددك وردك الينا سالما غانما أنت ومن معك قال فالتفت وراءه وقال: أين سعيد بن عبد القادر اين أبو أيوب الانصاري أين خالد بن زيد الانصاري أين زيد اين ثابت الانصاري أين مسعود البدري أين جرير بن مطعم أين أبو يزيد العقيلي أين معاوية بن العكم الثقفي أين عمار بن حصين أين زيد بن أرقم فأجابوه بالتلبية فقال لهم: خذوا أهبتكم وانطلقوا معي على بركة الله وعونه قال فتبادر هؤلاء الأمراء السادات إلى خيامهم ولبس كل واحد درعه وتنكبوا بحجفهم وتقلدوا بسيوفهم واعتقلوا برماحهم. قال الواقدي: ثم أن المغيرة رضي الله عنه دخل إلى خيمته ولبس درعه وشد وسطه بمنطقته وهي من الادم وفيها خنجران واحد عن اليمين وواحد عن الشمال وتقلد بسيف من جوهر واعتقل برمح أسمر وركب جواده الادهم وأخذ كل واحد منهم عبده راكبا على بغلة وودعهم فالتفت الأمير عياض وقال للمغيرة اعرف يا أبا شعبة ما تكلم به هذا الملعون فما عرفتك إلا مفلح الحجة فادعه إلى الإسلام وما فرض عليه من الصلاة والزكاة والصيام والحج والجهاد وما أبيح من الحلال وما حرم من الحرام فإن أبى فالجزية في كل عام فإن أبي فالقتال بحد الحسام ونرجو النصر من الملك الديان بجاه محمد خير الانام قال فقال المغيرة أرجو من الله الملك الوهاب المعونة في رد الجواب وسارت الأمراء والقس أمامهم راكب على بغلة وعبيدهم خلفهم على بغالهم وكل عبد عليه لامة حربه وساروا وهم معلنون بالتهليل والتكبير والصلاة على البشير النذير.    


0 komentar:

Posting Komentar