SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/11/10

Nabi Muhammad SAW Takjub


Nabi Muhammad SAW takjub pada kesabaran dan kesopanan Yusuf AS yang sempurna: تفسير القرطبي - (ج 9 / ص 206)
قال صلى الله عليه وسلم: " لقد عجبت من يوسف وصبره وكرمه والله يغفر له حين سئل عن البقرات لو كنت مكانه لما أخبرتهم حتى اشترط أن يخرجوني ولقد عجبت منه حين آتاه الرسول ولو كنت مكانه لبادرتهم الباب
Artinya:
Nabi SAW bersabda, “Niscaya saya sungguh telah takjub pada kesabaran dan kesopanan Yusuf. Semoga Allah mengampuni dia ketikan ditanya tentang mimpi raja melihat tujuh sapi. Kalau saya yang menjadi dia niscaya mereka tidak saya beri tahu arti mimpi itu sehingga saya mengajukan syarat mereka mengeluarkan saya dari penjara. Saya juga telah takjub pada saat beliau didatangi utusan aga menghadap raja. Kalau saya yang menjadi dia niscaya telah mendahului mereka menuju pintu keluar.”
Kesimpulan: 1) Perhatian nabi pada Firman Allah sangat besar, buktinya bersabda demikian itu. 2). Derita ketika Yusuf AS didatangi utusan raja sedang berada dipuncak, namun menahan diri agar tidak gegabah dalam bertindak. 3). Meskipun Yusuf AS geregetan tidak segera dikeluarkan dari penjara, namun dengan ikhlas dia menjelaskan rahasia yang terkandung di dalam mimpi yang mestinya dibayar dengan harga mahal.

0 komentar:

Posting Komentar