SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2016/03/15

Ya Waduudu






Meskipun nilai Hadits ini tidak shohih, tetap saya terjemahkan karena Hikmah yang terkandung bermanfaat. Sebagai pelajaran bahwa Menyebut Nama Allah, membuat Allah ridho, dan mengabulkan doa.

Dari Anas bin Malik, “Sungguh dulu, ada sahabat Rasulillah SAW dari Anshar, yang panggilannya Abu Muallaq. Dia pedagang yang menjalankan modal miliknya sendiri dan milik temannya. Di beberapa daerah. 
Dia sering berhaji dan mutawarik (hati-hati).
Ketika bepergian jauh, dia dihadang oleh perampok yang memanggul pedang. Dan diancam ‘letakkan harta yang kau bawa! Kau akan saya bunuh!’
Abu Muallaq bertanya ‘apa tujuanmu membunuh saya ? Ambil saja harta saya !’
Perampok menjawab ‘ini memang harta saya ! Tujuan awal saya memang jiwamu !’
Abu Muallaq berkata ‘kalau kau bersikeras, lepaskan ! Saya akan shalat dulu 4 rakaat’.
Dia berkata ‘silahkan shalat ! Terserah berapa rakat !’

Setalah wudhu, Abu Muallaq shalat 4 rakaat. Doa yang dibaca di sujud akhir ‘ya Waduud ya Dzal-‘Arsyil-Majiid, ya Fa’aalun limaa yuriid, as aluka bi ‘Izzikalladii laa yuroomu, wa MulkiKalladzii laa yudhoomu, wa bi NuuriKalladzii mala a arkkaani ArsyiKa an Takfiyanii syarro haadzalliish. Yaa Mughiitsu aghitsnii’  x 3."

Arabiknya  يا ودود ! يا ذا العرش المجيد ! يا فعَّال لما يريد ! أسألك بعزك الذي لا يرام ، وملكك الذي لا يضام ، وبنورك الذي ملأ أركان عرشك ، أن تكفيني شرَّ هذا اللص ، يا مغيث أغثني.

Artinya, “Ya yang Maha Cinta, ya Pemilik Singgasana Agung, ya yang sangat melakukan yang dikehendaki. Dengan :
1.     KedahsyatanMu yang takkan terraih (oleh makhluq).
2.     KerajaanMu yang (kokoh) takkan tergoyahkan.
3.     NurMu yang memenuhi sudut-sudut ArasyMu.
Hamba mohon padaMu, agar Kau cukupi hamba dari kejahatan perampok ini.”

Tiba-tiba dia melihat lelaki berkuda datang menghadap. Membawa tombak yang membujur di atas kepala kudanya.
Ketika perampok tahu keadaan, lelaki berkuda mendekat, menusuk dan membunuh. Lalu mendatangi dan perintah ‘berdirilah !’ pada lelaki yang barusan berdoa.
Lelaki itu menjawab ‘dengan ayah dan ibuku, siapakah kau ? Sungguh di hari ini, Allah menolong saya melalui kau’.
Pembawa tombak menjawab ‘saya malaikat penghuni langit empat. Kau telah membaca doa pertama kali, maka saya mendengar pintu-pintu langit berderit. Lalu kau membaca yang ke dua kali, dan saya mendengar penghuni langit menggemuruh’. Begitu kau membaca doa yang ke tiga kalinya, saya diperintah ‘ini doa orang sedih !’.
Saya memohon agar Allah menyerahkan pembunuhan perampok ini pada saya.

Anas bin Malik RA berkata ‘ketahuilah bahwa sungguh orang yang berwudhu dan shalat 4 rakaat. Lalu berdoa dengan doa ini, sedih atau tidak. Maka dikabulkan’.” [1]

Bahasan lengkap tentang Hadits ini, klik !




[1] عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : ( كان رجل من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم من الأنصار يكنى ( أبا معلق ) ، وكان تاجراً يتجر بماله ولغيره يضرب به في الآفاق ، وكان ناسكا ورعا ، فخرج مرة فلقيه لص مقنع في السلاح ، فقال له : ضع ما معك فإني قاتلك ، قال : ما تريد إلى دمي ! شأنك بالمال ، فقال : أما المال فلي ، ولست أريد إلا دمك ، قال : أمَّا إذا أبيت فذرني أصلي أربع ركعات ؟ قال : صلِّ ما بدا لك ، قال : فتوضأ ثم صلَّى أربع ركعات ، فكان من دعائه في آخر سجدة أن قال : ( يا ودود ! يا ذا العرش المجيد ! يا فعَّال لما يريد ! أسألك بعزك الذي لا يرام ، وملكك الذي لا يضام ، وبنورك الذي ملأ أركان عرشك ، أن تكفيني شرَّ هذا اللص ، يا مغيث أغثني ! ثلاث مرار ) قال : دعا بها ثلاث مرات ، فإذا هو بفارس قد أقبل بيده حربة واضعها بين أذني فرسه ، فلما بصر به اللص أقبل نحوه فطعنه فقتله ، ثم أقبل إليه فقال : قم ، قال : من أنت بأبي أنت وأمي فقد أغاثني الله بك اليوم ؟ قال : أنا ملَكٌ من أهل السماء الرابعة ، دعوت بدعائك الأول فسمعت لأبواب السماء قعقعة ، ثم دعوت بدعائك الثاني فسمعت لأهل السماء ضجة ، ثم دعوت بدعائك الثالث فقيل لي : دعاء مكروب ، فسألت الله تعالى أن يوليني قتله . 
قال أنس رضي الله عنه : فاعلم أنه من توضأ وصلى أربع ركعات ودعا بهذا الدعاء استجيب له مكروباً كان أو غير مكروب ).

3 komentar:

  1. kedudukan haditsnya apa pak kyai,... emang boleh membaca bacaan lain pada sujud terakhir selain bacaan ketika bersujud alhamdulillah jaza kallohu khoiron :)

    BalasHapus
  2. Hadits itu dikeluarkan oleh Ibnu Abiddunya (أخرجه ابنُ أبي الدنيا). Berdoalah pada tempatnya, yakni setelah salam. Nilai Hadidz Dhoif atau Wahin

    BalasHapus