SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2013/07/27

Hadits Abu Hurairah RA Dua Karung



Kealiman Abu Hurairah RA; sahabat nabi SAW dalam bidang Hadits, luar biasa. Padahal dia menjadi sahabat nabi SAW hanya 3 tahun. Karena pernah mendapat perlakuan dan doa khusus dari nabi SAW agar ‘hafal’ yang didengar dari nabi SAW. Inilah riwayat mashur tentang Hadits dia RA ‘dua karung’: صحيح البخاري (1/ 35)
120 - حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَخِي، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدٍ المَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: " حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وِعَاءَيْنِ: فَأَمَّا أَحَدُهُمَا فَبَثَثْتُهُ، وَأَمَّا الآخَرُ فَلَوْ بَثَثْتُهُ قُطِعَ هَذَا البُلْعُومُ "
__________

[تعليق مصطفى البغا]
120 (1/56) -[ش (وعاءين) نوعين من العلم والوعاء في الأصل الظرف الذي يحفظ فيه الشيء. والمراد بالوعاء الذي نشره ما فيه أحكام الدين وفي الوعاء الثاني أقوال منها أنه أخبار الفتن والأحاديث التي تبين أسماء أمراء السوء وأحوالهم وزمنهم وقيل غير ذلك. (بثثته) نشرته وأذعته. (قطع هذا البلعوم) هو مجرى الطعام وكنى بذلك عن القتل].

Arti (selain isnad)nya:
Dari Abu Hurairah RA, “Saya telah hafal dua wadah (Hadits) dari Rasulillah SAW. Adapun satunya telah saya bentangkan; kalau saya bentangkan yang lain, leher ini dipotong.”

Catatan Musthafa Al-Bagha:
Dua wadah Hadits Abu Hurairah RA berisi ilmu. Asli arti lafal ‘Al-Wiak (الوعاء)’ adalah ‘wadah’ untuk menyimpan sesuatu. Yang dimaksud ‘sewadah’ telah dibentangkan ‘hukum-hukum agama’. Sedangkan wadah kedua berisi ‘beberapa pernyataan’; sungguh nabi SWA pernah memberitakan beberapa fitnah dan beberapa Hadits tentang nama para amir jelek, perbuatan, dan zaman hidup mereka. Ada juga yang menjelaskan lain demikian.
Batsatstuhu (بَثَثْتُهُ) artinya ‘saya bentang dan saya ajarkan’. Leher ini dipotong (قُطِعَ هَذَا البُلْعُومُ), artinya ‘(leher) tempat lewat makanan’. Maksudnya dipotong ‘dibunuh’.

0 komentar:

Posting Komentar